Dipuji, Kisah Teladan Presiden Uruguay di Atas VW Kodok

Jose Mujica juga mau bermurah hati memberikan tumpangan mobil kepada orang lain saat di jalan.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 21 Jan 2015, 06:00 WIB
Diterbitkan 21 Jan 2015, 06:00 WIB
Aksi Dermawan Presiden Uruguay Di Atas VW Kodok
Jose Mujica juga mau bermurah hati memberikan tumpangan mobil kepada orang lain saat di jalan.

Liputan6.com, Montevideo - Tak banyak yang mengenal Jose Mujica. Ia adalah seorang Presiden Uruguay yang dijuluki sebagai 'presiden termiskin di dunia.

Meskipun menjabat sebagai kepala negara, Mujica tak lantas menggunakan fasilitas kendaraan dinas yang telah disediakan. Pria ini bahkan tetap memilih untuk mengemudikan sendiri VW Beetle atau yang juga dijuluki VW kodok lansiran tahun 1987 miliknya untuk pergi bekerja ke kantor kepresidenan.

Tak hanya dikenal sebagai presiden yang rendah hati, Mujica pun tak segan menolong orang lain yang ditemuinya sepanjang jalan. Diceritakan, ia pernah memberi tumpangan menggunakan VW kodok kepada seorang pria yang baru saja diberhentikan bekerja.

Aksi baik hati Mujica ini dilakukan kepada Gerhald Acosta. Acosta tidak menyangka Mujica juga mau bermurah hati memberikan tumpangan kepadanya.

Seperti dilansir dari Dailymail, Selasa (20/1/2015), Gerhald Acosta yang baru diberhentikan dari tempatnya bekerja di sebuah pabrik di Montes del Plata memilih pulang ke rumahnya dengan berjalan kaki. Ia memutuskan untuk mencari tumpangan kepada tiap pengendara yang melintas.

Acosta menceritakan jika ia setidaknya mencoba untuk meminta tumpangan kepada sekitar 25 sampai 30 mobil yang melintas namun tidak ada yang mau berhenti. Tiba-tiba saja, ia tertegun saat sebuah VW kodok berkelir biru muda berhenti dan memberinya tumpangan.

Setelah masuk ke dalam mobil, Acosta pun semakin terkejut karena mendapati pria yang memberi tumpangan tersebut adalah Jose Mujica yang tak lain merupakan Presiden Uruguay bersama dengan istrinya yang menjabat sebagai anggota senator Uruguay, Lucia Topolansky. 

Dengan duduk di belakang, Acosta pun akhirnya dapat pulang ke rumah dengan menumpang mobil milik kepala negaranya tersebut.

"Saat saya turun dari mobil, saya mengucap banyak terima kasih kepadanya karena tidak setiap orang mau memberi tumpangan di jalan, terlebih ia juga seorang presiden," ujar Acosta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya