Ford Akan Rumahkan Ratusan Pekerja

Ford Motor Co. akan memberhentikan sekitar 500 orang di divisi Rumania tahun ini.

oleh Rio Apinino diperbarui 09 Mar 2015, 13:02 WIB
Diterbitkan 09 Mar 2015, 13:02 WIB
Minivan B-Max
Karena permintaan yang rendah terhadap B-Max, Ford berencana untuk berhentikan ratusan pekerjanya (Foto: autonews.com)

Liputan6.com, Craiova - Ford Motor Co. akan memberhentikan sekira 500 pekerjanya di divisi Rumania tahun ini. Jumlah tersebut lebih sedikit dari yang diperkirakan sebelumnya.

Pada tahun 2008, Ford memantapkan diri sebagai produsen mobil di Rumania dengan memproduksi minivan B-Max. Tetapi, sejak sekitar satu tahun lalu, permintaan yang kecil terhadap mobil tersebut menyebabkan Ford menghentikan produksi secara reguler tiap bulannya.

Melansir Autonews pada Senin (9/3/2015), penjualan B-Max di Eropa turun 21 persen menjadi hanya 53.838 unit saja di tahun 2014.

Karena permintaan yang lemah itulah, pada bulan November tahun lalu Ford Rumania memutuskan untuk memberhentikan sekitar 680 orang dari stafnya atau sekitar 20 persen dari jumlah seluruh staf.

"Hari ini kami dapat mengkonfirmasi bahwa kami telah mencapai kesepakatan dengan Serikat Pekerja untuk menerapkan pengurangan jadwal kerja di pabrik Craiova, hal ini akan menghindari pabrik merumahkan sekitar 170 orang," kata perusahaan tersebut.

Di lain pihak, sekitar 490 pekerja pabrik Ford Rumania telah bergabung dengan rencana pengunduran diri secara sukarela.

(rio/gst)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya