Tips Aman Berkendara di Belakang Mobil Bak

Mobil bak terbuka atau pick up bermuatan, akan berisiko membahayakan pengendara di belakangnya.

oleh Yurike Budiman diperbarui 09 Jul 2018, 19:33 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2018, 19:33 WIB
20160908-SP II Keluar, Warga Bukit Duri Langsung Berkemas-Jakarta
Mobil bak terbuka mengangkut perabotan milik warga di kawasan Bukit Duri, Jakarta, Kamis (8/9). Jelang penertiban, warga di kawasan itu berinisiatif mengemas barang untuk pindah ke Rusun Rawa Bebek pascaterbitnya SP II. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - Mobil pikap adalah angkutan dengan bak terbuka yang diperuntukkan membawa barang, dan dilarang dipergunakan untuk mengangkut orang.

Meski fungsinya untuk membawa muatan di bak terbuka tersebut, namun tak menutup kemungkinan barang yang diangkut berisiko jatuh ke jalan.

Apalagi jika pengemudinya ngebut atau ugal-ugalan saat mengendarai mobil bak terbuka bermuatan. Bisa muatan tersebut ada yang terlempar ke jalan dan jatuh tepat di depan mobil yang Anda kendarai, bila Anda berada di belakangnya.

Belum lagi jika pikap yang berada di depan Anda membawa barang berukuran kecil, seperti kerikil, potongan besi atau kayu. Ini tentu berpotensi keluar dari bak mobil dan membahayakan pengemudi lain.

Jika pikap dikendarai dalam kecepatan tinggi, muatannya bisa saja terpental dan memecahkan kaca mobil-mobil di belakangnya. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Selanjutnya

Dikutip Astra World, ada beberapa tips agar Anda bisa mengantisipasi bahaya berkendara di belakang mobil bak terbuka.

Langkah pertama, jaga jarak aman dengan mobil bak terbuka yang berada di depan kendaraan Anda.

Beri ruang gerak yang cukup memudahkan pengemudi untuk menghindar bilamana ada barang yang keluar dari mobil bak atau jika mobil tersebut mundur di jalanan menanjak.

Selanjutnya, usahakan jangan terlalu lama berkendara di belakang mobil bak terbuka yang bermuatan. Saat ada kesempatan untuk menyalip atau pindah jalur, segera lakukan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya