Tips Menghidupkan Motor yang Terlalu Lama Disimpan

Menghidupkan mesin motor yang lama tidak dipakai membutuhkan perlakukan khusus. Apa saja?

oleh Arief Aszhari diperbarui 29 Mei 2019, 16:38 WIB
Diterbitkan 29 Mei 2019, 16:38 WIB
motor-gede-galery-2-1311208b.jpg
Sebuah gudang tua milik PT KAI pun sontak berubah menjadi garasi ratusan motor besar dari berbagai daerah untuk merayakan HUT ke 25 Brotherhood MC di Bandung (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pemilik motor yang lebih memilih untuk menyimpan kuda besi kesayangan di garasi rumah. Biasanya, kendaraan kesayangan hanya digunakan saat akhir pekan, karena sehari-hari lebih memilih menggunakan mobil atau kendaraan umum.

Namun, dengan menyimpan motor dalam waktu yang lama, justru rentan mengalami kerusakan. Salah satu yang biasa muncul, ada karat pada komponen mesin, dan sangat disarankan mesin motor dihidupkan sekali-sekali.

Melansir laman resmi Suzuki Indonesia, untuk yang ingin menghidupkan mesin motor yang lama tidak dipakai itu butuh perlakukan khusus.

Hal tersebut penting untuk diperhatikan, agar kerusakan pada komponen mesin akibat kurang pelumasan bisa dihindari atau paling tidak diminimalisir.

Contohnya, jika motor disimpan lebih dari satu bulan, oli mesin biasanya akan mengendap di bak penampungan.

Sementara ketika mesin dihidupkan, komponen mesin di bagian atas butuh pelumasan yang tidak sedikit. Jangan sampai ketika mesin dihidupkan, komponen di kepala silinder dalam kondisi minim pelumasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Langkah-langkah yang Harus Dilakukan

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan supaya motor tetap aman ketika sudah lama tak dinyalakan atau digunakan.

Hal pertama harus dilakukan sebelum menghidupkan mesin motor yang lama tak dinyalakan adalah mengengkol sebanyak 15 kali, supaya olinya bersirkulasi.

Setelahnya, coba nyalakan mesin sepeda motor dengan bantuan choke. Ini untuk motor yang masih memakai choke. Kalau tidak ada choke, nyalakan mesin dengan memakai engkol.

Komponen lain yang harus diperiksa sebelum motor dinyalakan adalah aki. Kalau aki soak karena dibiarkan terlalu lama tidak dipakai, maka pengisian listrik menjadi sia-sia. Hasilnya, mesin mungkin saja tidak bekerja dengan normal.

Jika Anda masih kesulitan menyalakan motor yang sudah lama tersimpan di garasi, segera hubungilah bengkel motor resmi

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya