Tidak Suka dengan Bau Interior Mobil Baru, Ini Solusinya

Saat membeli mobil baru, banyak yang tidak suka dengan aroma khas yang timbul

oleh Arief Aszhari diperbarui 27 Agu 2019, 04:14 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2019, 04:14 WIB
Mobil mewah
Tidak ada pelayanan khusus di dalam kabin mobil pengantar. (Herdi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang tidak suka dengan aroma khas pada mobil baru. Banyak pemilik yang berusaha untuk segera menghilangkan bau khas kendaraan anyar tersebut, bahkan sampai membeli alat untuk mengusir bau tersebut dengan merogoh kocek yang cukup dalam.

Nah, bagi yang belum berhasil, mungkin tips yang disadur dari laman resmi Suzuki Indonesia bisa dicoba.

Sebelumnya, aroma yang timbul dalam mobil baru umumnya berasal dari senyawa yang dilepaskan dari material plastik, kulit, vinil, serta bahan-bahan yang digunakan untuk keperluan penyatuan beberapa komponen pada mobil.

Pemilik mobil baru tidak perlu khawatir bau ini membahayakan kesehatan, karena pasti semua pabrikan sudah melakukan riset semua hal pada mobil produksi mereka, termasuk aroma di area kabin penumpang.

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau tersebut, pemilik bisa memanaskan mobil barunya.

Parkirlah mobil di bawah sinar matahari sembari membuka jendela. Tidak perlu lama-lama, cukup 5 sampai 10 menit.

Lalu, hidupkan AC sehingga aroma mobil baru bisa cepat hilang. Selanjutnya, pasang parfum mobil dengan aroma yang memang disukai.


Pilih parfum mobil berbahan alami

Tapi ingat, jangan sembarangan memilih parfum mobil karena bisa berbahaya bagi kesehatan. Pilih wangi parfum mobil yang aman untuk kesehatan, dan pilih yang tidak terlalu menyengat karena dapat mengakibatkan pusing atau gangguan pernapasan.

Jika ingin lebih aman untuk kesehatan, bisa membuat pengharum mobil dengan bahan alami. Tidak hanya lebih aman, bahan yang digunakan mudah didapat dan murah. Beberapa macam aroma yang dapat digunakan yaitu biji kopi, kayu manis, dan lemon.

Cara mengolahnya tidak sulit. Untuk biji kopi, kita bisa langsung memasukkannya ke dalam wadah atau kantong yang diberi lubang. Untuk kayu manis atau lemon bisa direbus, lalu airnya dimasukkan ke wadah pengharum.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya