Merek Inggris MG Bakal Produksi di Indonesia Pakai Fasilitas Wuling

Merek yang kini berada di bawah PT SAIC Motor Indonesia ini masih mengimpor kendaraan yang bakal dijual, dan hal tersebut sebagai perkenalannya di pasar Tanah Air.

oleh Arief Aszhari diperbarui 12 Mar 2020, 07:00 WIB
Diterbitkan 12 Mar 2020, 07:00 WIB
Pabrik Wuling Motors
Kenaikan dolar tak mempengaruhi harga mobil Wuling (dok. Wuling Motors)

Liputan6.com, Jakarta - Produsen asal Inggris yang kini beridentitas Cina, Moris Garage (MG) siap berniaga di pasar Indonesia. Namun, tidak hanya berjualan, jenama yang kini sudah menjadi bagian dari SAIC Motor Corporation ini juga berencana untuk berinvestasi, dan memproduksi modelnya secara lokal.

Namun, untuk langkah awal, menurut Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika, terkait impor MG ini hanya akan dilakukan sebagai bagian dari perkenalan, dan berlangsung paling lama satu tahun.

"Perkenalan saja, satu tahun dan akan masuk ke investasi. Terkait skala ekonomi, dia (MG) yakin bisa bersaing di pasar Indonesia, karena saudaranya saja bisa bersaing (Wuling)," jelas Putu saat ditemui di Senayan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, saat ditanya apakah MG bakal menggunakan pabrik Wuling untuk digunakan sebagai tempat memproduksi modelnya, Putu tidak menampik hal tersebut.

"Awal ketemu saya, wacananya seperti itu. Banyak yang bisa dipakai (pabrik Wuling), kapasitas idle yang belum terpakai," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Strategi MG

Sementara itu, terkait strategi langkah awal memasuki pasar roda empat Tanah Air, MG telah memperkenalkan model pertamannya, yaitu MG ZS.

Hal ini merupakan langkah awal MG Motor Indonesia untuk menggaet konsumen di Indonesia. Figo Lee selaku Managing Director MG Motor Indonesia mengaku memiliki sejumlah strategi jangka panjang untuk berbisnis di Indonesia.

" Kita punya strategi jangka panjang. Langkah awalnya kita perkenalkan MG ZS, lalu perkuat brand image dan memperkuat jaringan penjualan," ungkap Figo Lee, kemarin (05/03).

Arief Syarifudin selaku Marketing and PR Director MG Motor Indonesia pun membenarkan hal tersebut. " 25 outlet dealer akan bergabung dengan MG," ucapnya singkat saat perkenalan brand MG di Jakarta.

Menyoal strategi selanjutnya, Figo Lee mengatakan perakitan lokal MG sudah termasuk dalam rencana jangka panjang. " Pada tahap kedua kita persiapkan perakitan MG di Indonesia. Tak hanya pabrik saja, kita juga siapkan sumber daya manusianya," pungkas Figo.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya