Toyota dan Honda Berkolaborasi Bikin Kendaraan Pemasok Listrik

Toyota dan Honda berkolaborasi dalam menciptakan kendaraan pembangkit listrik yang disebut Moving e. Kendaraan berwujud bus tersebut bisa menyuplai tenaga hidrogen, arus listrik, dan baterai portabel.

oleh Dian Tami Kosasih diperbarui 03 Sep 2020, 09:04 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2020, 09:04 WIB
Moving e
Bus bernama Moving e (Car and Bike)

Liputan6.com, Jakarta - Toyota dan Honda berkolaborasi dalam menciptakan kendaraan pembangkit listrik yang disebut Moving e. Kendaraan berwujud bus tersebut bisa menyuplai tenaga hidrogen, arus listrik, dan baterai portabel.

Seperti dilansir Car and Bike, Rabu (2/9/2020), kedua perusahaan mulai melakukan demo dan pengujian kemampuan sistem saat menyalurkan listrik. Bisa digunakan kapan dan dimana saja, kendaraan ini cocok untuk wilayah yang dilanda bencana.

Jepang, negara asal Honda dan Toyota menjadi lokasi kendaraan ini diuji. Tak hanya itu, bus ini juga bisa mampu memasok daya di beberapa acara besar, seperti konser.

Masih dalam tahap pengujian, kedua perusahaan masih belum bisa memverifikasi kegunaan sistem secara rinci.

Mampu dikendarai, bus ini juga bisa digunakan di stasiun pengisian daya kendaraan listrik. Menggunakan Honda's Power Exporter 9000, tersedia dua jenis baterai portabel yang bisa dugunakan yakni LiB-AID E500 dan Honda Mobile Power Pack (MPP).

Karena berwujud kendaraan, bus juga sangat mudah dipindahkan atau menjangkau area pedalaman. Seluruh sistem pada kendaraan akan bertindak sebagai pembangkit listrik di manapun dan kapanpun.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Menyimpan Listrik Berkapasitas Besar

Selain itu, Moving e juga memiliki baterai portabel dan perangkat keluaran daya yang dapat digunakan untuk mengalirkan listrik ke peralatan listrik.

Bus ini juga dilengkapi baterai portabel dan perangkat output daya yang dapat dibawa ke dalam ruangan.

Memiliki tangki hidrogen besar, Moving e mampu menghasilkan pembangkit listrik berkapasitas 454 kWh dengan output maksimum 18 kW.

Dalam keadaan darurat, pasokan listrik ini mampu membuat ruangan evakuasi lebih nyaman. Baterai besar yang ada di dalam kendaraan juga akan menyimpan listrik berkapasitas besar.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya