Detik-Detik Mobil Listrik Meledak Saat Mengisi Daya Terekam Kamera

Sebuah video memperlihatkan sebuah mobil listrik meledak saat melakukan pengisian daya di Cina. Insiden inipun viral di media sosial.

oleh Dian Tami Kosasih diperbarui 04 Sep 2020, 16:02 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2020, 16:02 WIB
Mobil listrik
Ilustrasi mobil listrik sedang mengalami pengisian daya baterai di Amsterdam, Belanda. (Sumber Flickr/lhirlimann)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video memperlihatkan sebuah mobil listrik meledak saat melakukan pengisian daya di Cina. Insiden yang terjadi pada Agustus lalu inipun viral di media sosial.

Berada di stasiun pengisian umum, tak diketahui secara pasti merek kendaraan yang meledak, meski demikian, banyak yang menilai mobil tersebut mirip dengan BAIC EX360.

Seperti dilansir Carscoops, Jumat (4/9/2020), laporan lokal menunjukkan, pemilik mobil listrik memarkir mobilnya di Sanming, Cina dan menghubungkannya ke stasiun pengisian daya.

Dari laporan yang diterima, mobil diketahui secara tiba-tiba mengeluarkan asap tak lama setelah terhubung dengan stasiun pengisian. Melihat hal tersebut, pemilik kendaraan langsung menelepon pemadam kebakaran.

Sesaat setelah tiba di lokasi kejadian, petugas pemadam kebakaran langsung menyemprot air dingin ke mobil yang mengeluarkan asap.

Melalui video yang direkam seseorang di menara apartemen, terlihat petugas pemadam kebakaran mengarahkan semburan air tepat di bagian belakang kendaraan.

Mobil tersebut kemudian meledak dan menghancurkan beberapa komponen kendaraan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Solusi Memadamkan Api

Penelitian yang ada menunjukkan, penggunaan air pada api kendaraan listrik merupakan solusi terbaik dibandingkan menggunakan busa atau bahan kimia kering.

Faktanya, air bisa mengontrol api pada kendaraan yang tengah mengalirkan daya secara langsung dan terfokus pada baterai.

Hingga saat ini tak ada keterangan resmi terkait penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Meski demikian, petugas di Cina saat ini tengah menyelidiki hal tersebut agar tak kembali terulang.


Saksikan Videonya di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya