Ini yang Mesti Diperhatikan Saat Pasang Talang Air Mobil

Door visor atau talang air pada mobil bukanlah aksesori semata. Komponen ini memiliki fungsi cukup penting yakni mencegah air tidak masuk kabin

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Des 2020, 13:06 WIB
Diterbitkan 29 Des 2020, 13:06 WIB
Talang Air
Talang air dapat menepis hujan dan mengindari air masuk melalui celah jendela.

Liputan6.com, Jakarta - Door visor atau talang air pada mobil bukanlah aksesori semata. Komponen ini memiliki fungsi cukup penting yakni mencegah air tidak masuk kabin terutama saat berkendara kala hujan atau waktu mencuci mobil.

Dikutip dari Suzuki, talang air terletak di bagian atas jendela. Lalu, door visor direkatkan di bracket yang ada di atas pintu mobil. Pemasangan talang air ini termasuk dalam standar pembuatan mobil karena fungsinya.

Jika ingin memasang komponen ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, kamu harus memperhatikan kualitas bahannya. Mengingat posisi talang air yang dipasang di bagian luar mobil, tentu akan terpapar panas, hujan, dan angin.

Oleh karena itu, kualitas bahan sangat menentukan keawetannya. Kamu dapat memilih bahan yang agak tebal dan elastis.

Bahan yang tebal dipilih agar talang air tidak mudah pecah atau menjadi pipih bila terkena angin yang kencang.

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan elastisitas bahan. Bahan yang terlalu kaku dikhawatirkan akan cepat retak dan pecah bila sering terkena panas matahari.

Perhatikan Warna 

Ke dua, warna. Ada beberapa pilihan warna talang air pada mobil, yaitu warna silver, bening atau transparan, dan hitam pekat (solid black).

Pemilihan warna ini sebenarnya merupakan selera individu. Namun demikian, kamu harus mempertimbangkan kemungkinan warna akan pudar.

Faktor cuaca utamanya akan mempengaruhi perubahan warna asli talang air pada mobil. Tidak akan bermasalah jika warnanya pudar secara merata.

Namun, jika warnanya menjadi belang-belang, hal ini justru mengurangi nilai estetika. Cari tahu terlebih dahulu talang air yang tahan di segala cuaca.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Lihat Komponen Pelengkap 

Ke tiga, perhatikan komponen pelengkap. Kamu tentunya memerlukan perekat dua sisi atau double tap untuk menempelkan talang air ke mobil.

Kamu harus cermat dalam memilih perekat mengingat talang air rentan terpapar cuaca dan tekanan angin. Biasanya, bagian depan lebih banyak menahan beban angin sehingga talang air mudah terlepas.

Lain halnya apabila kamu menggunakan talang air injeksi, yaitu talang air yang agak tebal dan berat. Kamu harus menambahkan klip atau baut untuk mendukung double tape.

Kamu harus memastikan bahwa talang air mobil Anda terpasang kokoh sehingga tahan terhadap cuaca dan tekanan angin.

 


Lihat Ukuran Talang Air 

Ke empat, ukuran talang air. Ukuran talang air untuk mobil terdapat beberapa pilihan, yaitu jumbo, semi jumbo, dan ultra slim.

Memilih ukuran talang air ini hendaknya disesuaikan dengan fisik serta kebutuhan mobil. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga estetika dan fungsi talang air itu sendiri.

Kamu dapat memasang ukuran ultra slim untuk mobil kecil. Sedangkan untuk mobil kelas besar Anda dapat menggunakan ukuran jumbo atau semi jumbo.

Jika mobil kecil menggunakan talang air besar, akan terlihat kurang estetis. Sedangkan talang air kecil pada mobil besar akan sedikit kehilangan fungsinya. 

Sumber: Dream.co.id


Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja.

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya