5 Rekomendasi Skutik Irit Bahan Bakar yang Cocok Dipakai Harian

Pilihan skutik di Indonesia juga beragam, dan banyak ditawarkan oleh pabrikan besar, seperti Honda, Suzuki, dan Yamaha.

oleh Arief Aszhari diperbarui 04 Jun 2021, 17:00 WIB
Diterbitkan 04 Jun 2021, 17:00 WIB
Honda
PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan skuter matik (skutik) klasik terbarunya, Honda Genio. (Arief / Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor masih menjadi alat transportasi yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Di samping karena harganya yang lebih terjangkau dari pada mobil, juga penggunaan yang lebih mudah terlebih untuk skuter matik (skutik).

Skutik menjadi kendaraan yang mudah digunakan, karena hanya tinggal gas dan rem saja tanpa harus menggunakan transmisi ataupun kopling manual, seperti motor bebek atau sport. Selain itu, pilihan skutik di Indonesia juga beragam, dan banyak ditawarkan oleh pabrikan besar, seperti Honda, Suzuki, dan Yamaha.

Dengan beragam skutik yang ditawarkan di Indonesia, konsumen tentunya juga memilih motor yang irit bahan bakar. Hal tersebut, kemudian didukung dengan berbagai pilihan kapasitas mesin, mulai dari 110cc hingga 250cc, bahkan ada yang 500cc.

Nah, bagi yang masih bingung untuk memilih skutik yang mudah digunakan sehari-hari dan irit bahan bakar, berikut beberapa rekomendasinya yang diambil dari laman resmi Federal Oil:

1.Honda Genio

Honda Genio salah satu motor matic terbaru dari Honda, tampilan motor matic ini berbeda dengan motor Honda lainnya.

Genio mengaplikasikan dua gaya yakni retro modern, casis yang digunakan pun berbeda dengan motor Honda lainnya.

smart architecture frame (eSAF). Berbeda dari motor-motor Honda sebelumnya, rangka ini diklaim mampu meningkatkan stabilitas handling sehingga skutik paling irit ini mudah ditunggangi, ringan, dan asik untuk bermanuver.

Menggunakan mesin berkapasitas 109,5 cc, SOHC, 4-langkah, dan sudah berteknologi eSP, motor ini hemat bahan bakar. Tak tanggung-tanggung, untuk 1 liter bahan bakar, motor ini mampu melaju sejauh 51,3 km.

2. Honda BeAT

Motor matic Honda BeAT punya bodi yang ramping tentu akan sangat lincah digunakan di jalan0jalan sempit.

Dibekali dengan mesin 110 cc esP yang menawarkan daya maksimal sebesar 6,6 km/7.500 rpm dan torsi maksimal sebesar 9,3 Nm/5.500 rpm.

Menariknya lagi, motor ini juga dibekali dengan beberapa fitur menarik, sebut saja teknologi LED pada lampu depan hingga fitur power charger sehingga pemilik bisa mengisi daya ponselnya sambil berkendara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3.Suzuki Nex II

Suzuki Nex II dibekali jantung mekanis berkapasitas 113 cc dengan teknologi SEP (Suzuki Eco Performance) yang mampu membuatnya memiliki catatan konsumsi bahan bakar di angka 48,8 km/liter.

4.Yamaha Mio S

Meski sebagai motor matic, Yamaha Mio S dibekali dengan beragam fitur canggih oleh Yamaha. Adapun fitur tersebut diklaim bisa membuah motor matic pesain Honda BeAT ini yakni ECO Indicator.

Yamaha mengklaim kalau konsumsi BBM bisa lebih irit 5% sampai 10%. ECO indicator ini sendiri akan menyala hijau saat motor sedang berada dalam kecepatan 20 km/jam sampai 60 km/jam.

Motor ini juga menjadi salah satu skutik paling irit ini menggunakan mesin berkapasitas 125 cc yang mampu menyemburkan daya maksimum sebesar 9,38 dk/8.000 rpm dan torsi maksimum 9,6 Nm/5.500 rpm.

Sementara untuk konsumsi bahan bakarnya, Yamaha Mio S mampu berjalan sejauh 46,1 km dengan 1 liter bahan bakar.

5.Honda Vario

Honda Vario 125 sudah dibekali dengan alarm serta sistem pencahayaan yang full digital. Di atas kertas, Honda memberi mesin 125 cc yang mantap ke Vario 125. Jantung mekanis ini bisa memuntahkan torsi 10,8 Nm pada 5.000 rpm dan tenaga maksimal 11 hp pada 8.500 rpm.

Bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya? Honda Vario 125 mampu mencatatkan 45,1 km/liter.


Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya
Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya