Menko Airlangga: Bakal Ada 3 Mobil Listrik Baru yang Meluncur di Indonesia

Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia diyakini bakal terus berkembang pesat. Bakal ada banyak model baru, yang siap dihadirkan di pasar Tanah Air dalam beberapa waktu ke depan.

oleh Arief Aszhari diperbarui 31 Mar 2022, 15:04 WIB
Diterbitkan 31 Mar 2022, 15:04 WIB
Toyota Kijang Innova BEV
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sempat mencoba duduk di ruang kemudi Toyota Kijang Innova BEV di booth Toyota saat IIMS 2022. (Septian / Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia diyakini bakal terus berkembang pesat. Bakal ada banyak mobil listrik baru, yang siap dihadirkan di pasar Tanah Air dalam beberapa waktu ke depan.

Menteri koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bahkan sudah memastikan akan ada tiga mobil listrik baru yang akan meluncur di pasar nasional pada 2022. Dengan begitu, usaha terkait percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLB) di Indonesia bisa sesuai rencana.

"Tahun ini, akan ada tiga pabrikan yang launching mobil listrik baru," ujarnya, di sela-sela pembukaan IIMS hybrid 2022, di JIEXpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (31/3/2022).

Meskipun sudah membocorkan kehadiran berbagai mobil listrik baru di Indonesia, Airlangga tetap belum memberikan detail informasi terkait model anyar. "Yang satu sudah kita ketahui bersama, dua lainnya akan kita ketahui kemudian," lanjut Airlangga.

Sementara itu, untuk satu model listrik yang sudah dipastikan hadir, adalah Ioniq5. Kendaraan ramah lingkungan asal Korea Selatan ini, akan dilakukan prosesi peluncuran di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) hybrid 2022, yang resmi dibuka pada Kamis, 31 Maret 2022.

Belum ada informasi tambahan mengenai harga serta varian yang ditawarkan. Namun kehadiran Ioniq 5 akan menjadi model kendaraan listrik murni ketiga Hyundai setelah Kona dan Ioniq EV.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Informasi NJKB Samsat DKI Jakarta

Beberapa informasi yang sudah diketahui salah satunya perkiraan harga mobil listrik ini. Berdasarkan informasi NJKB Samsat DKI Jakarta, Ioniq 5 ditawarkan dalam dua varian yakni 2WD AT dan AWD. Model AWD memiliki NJKB Rp 473 juta.

Model 2WD lebih murah yakni Rp450 juta. Harga NJKB ini masih lebih murah dari Kona EV yang disebutkan sebesar Rp 488 juta. Kona EV sendiri dijual on the road di harga Rp 734,9 juta. Kemungkinan Ioniq 5 akan ditawarkan di bawah harga on the road Kona EV yakni sekitar Rp 500 jutaan.

Mobil listrik Hyundai ini dibangun dari platform anyar Electric Global Modular Platform (E-GMP). Platform ini sudah beberapa kali dipamerkan di berbagai ajang pameran untuk memperkenalkan teknologi Hyundai dalam pengembangan mobil listrik.

Soal sistem gerak, diungkapkan Ioniq 5 terdiri atas model 2WD dan AWD dengan kemampuan jarak tempuh yang berbeda.

Tersedia dua varian yakni standard range 58 kWH dan long range dengan kapasitas 72,6 kWh. Performanya cukup meyakinkan. Kombinasi dua motor listrik yang dipakai menghasilkan tenaga 301 hp dan torsi 605 Nm dengan kemampuan akselerasi 0 sampai 100 kilometer per jam hanya dalam 5,2 detik.


Infografis Yuk Ketahui Proses Pembentukan Varian Baru Covid-19

Infografis  Yuk Ketahui Proses Pembentukan Varian Baru Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk Ketahui Proses Pembentukan Varian Baru Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya