Gandeng Bengkel Spesialis, Dokter Mobil Buka Layanan Servis Transmisi Matik

Dokter Mobil sebagai bengkel perawatan dan perbaikan kendaraan roda empat, memperluas layanan mereka dengan menghadirkan Domo Transmisi yang fokus pada servis sistem transmisi otomatis atau matik

oleh Septian Pamungkas diperbarui 09 Feb 2023, 18:41 WIB
Diterbitkan 09 Feb 2023, 18:41 WIB
Bengkel
Bengkel Domo Transmisi melayani servis berbagai jenis transmisi otomatis. (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Dokter Mobil sebagai bengkel perawatan dan perbaikan kendaraan roda empat, memperluas layanan mereka dengan menghadirkan Domo Transmisi yang fokus pada servis sistem transmisi otomatis atau matik. Semua merek mobil bertransmisi matik bisa ditangani tanpa pandang tahun produksi.

"Saat ini permasalahan transmisi merupakan hal yang paling rumit, jika diibaratkan skala 1-10 transmisi itu tingkat kesulitannya 10. Sehingga perlu perhatian khusus dan juga penanganan khusus untuk perbaikannya," terang Lung Lung, Founder Dokter Mobil di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (9/2/2023).

Masih minimnya pemain di bidang servis transmisi matik menjadi salah satu alasan Domo Transmisi berdiri. Dan ini menjadi peluang bisnis yang sangat terbuka mengingat mobil matik saat ini kian digemari.

"Pengerjaan transmisi matik jauh lebih susah dan kompleks daripada yang manual. Jadi untuk sementara kami hanya menerima hanya transmisi matik. Untuk manual belum karena rata-rata bengkel lain bisa mengerjakan transmisi manual," 

Disebutkan, Domo Transmisi dapat melayani perbaikan dan penggantian parts segala jenis kerusakan umum dan spesifik yang dialami para pengguna mobil, seperti transmisi kasar, transmisi telat merespon, transmisi selip, hingga overhaul pada transmisi.

Dalam menjalankan bisnisnya, Dokter Mobil menggandeng JV Autolube yang merupakan bengkel mobil spesialis transmisi asal Malaysia. Sejauh ini, Dokter Mobil telah menerbangkan empat teknisi terbaiknya ke Negeri Jiran untuk belajar langsung dengan JV Autolube guna memecahkan masalah-masalah transmisi pada mobil.

"Kami sudah melakukan riset dan JV Autolube merupakan salah satu bengkel terbaik yang profesional dan berteknologi dalam menangani permasalahan transmisi. Terlebih lagi mobil yang dijual di Indonesia dan Malaysia memiliki kemiripan," ujar Lung Lung.

Untuk tahap awal, pelayanan perbaikan transmisi ini akan dibuka terbatas pada bengkel Dokter Mobil wilayah Jabodetabek. Namun kedepannya secara bertahap pelayanan perbaikan sistem transmisi ini juga bisa dinikmati seluruh cabang Dokter Mobil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Durasi Pengerjaan

Ricky, Founder Dokter Mobil menyampaikan, salah satu workshop Domo Transmisi berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Meski begitu, seluruh bengkel Dokter Mobil bisa menerima semua keluhan terkait transmisi di seluruh cabang di Indonesia.

"Karena transmisi sifatnya terisolir dari engine sehingga ketika terjadi masalah dan harus diselesaikannya dengan overhaul kami bisa mengirim transmisi tersebut ke workshop (Domo Transmisi) atau kita kirim teknisinya ke sana," ujarnya.

Dirinya mengklaim pernah menangani permintaan servis transmisi dari luar daerah, seperti Surabaya dan Bandung.

Soal lama pengerjaan, ia menyebut durasinya bervariasi dan tergantung dengan ketersediaan suku cadang.

"Untuk lama pengerjaan tergantung spare part. Kalau spare part-nya ready, durasi pengerjaan paling lama tiga hari. Kalau tidak available dari bongkar sampai pasang kemungkinan bisa sampai satu minggu," kata Ricky.

Terkait biaya servis, ia tidak menjelaskan secara gamblang. Namun yang pasti, biaya servis ini jauh lebih terjangkau ketimbang mengganti sistem transmisi secara utuh.

"Kalau untuk overhaul pastinya masih terjangkau dan jauh lebih murah daripada ganti baru," imbuh Ricky.

"Kami berani memberikan garansi 20 ribu kilometer atau enam bulan," timpal Lung Lung.

Infografis Penyebab Gempa Turki Magnitudo 7,8 dan Lindu Dashyat Sebelumnya. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Penyebab Gempa Turki Magnitudo 7,8 dan Lindu Dashyat Sebelumnya. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya