Unik, Motor Sport Ini Bermesin Matik

Ada motor unik di China, namanya Jonway Venom X22 GT. Memiliki tongkrongan seperti motor sport, tapi mesinnya bertransmisi matik CVT.

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Agu 2023, 20:11 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2023, 20:11 WIB
Venom X22 GT
Venom X22 GT, motor sport bermesin matik.

Liputan6.com, Jakarta - Ada motor unik di China, namanya Jonway Venom X22 GT. Memiliki tongkrongan seperti motor sport, tapi mesinnya bertransmisi matik CVT.

Jonway Venom X22 GT punya tampilan di bagian depan seperti motor sport full fairing. Boleh dibilang mirip Kawasaki Ninja 250 yang kita kenal. Namun berukuran kecil berkat bodywork ramping dan suspensi teleskopik standar.

Ketika menengok belakang, seluruh rakitannya seperti terintegrasi ke dalam lengan ayun. Menggunakan dua peredam kejut vertikal dan ada box cvt yang menempel di roda. Elemen gaya ini tentu sangat mengurangi desain sporty. 

Sementara pabrikan lain menciptakan mesin hybrid, produsen asal China justru membuat motor sport bertenaga skutik. Sebenarnya motor sport dengan transmisi otomatis sudah ada sejak lama.

Sebut saja Honda yang punya varian DCT untuk produk premium seperti Gold Wing maupun Africa Twin. Tapi Jonway benar-benar gunakan mesin otomatis yang sangat umum digunakan pada skuter.

Di sisi performa, Jonway Venom X22 GT ditenagai oleh mesin satu silinder 223 cc, berpendingin cairan, injeksi bahan bakar. Dengan keluaran tenaga maksimal 15 Hp pada 7.000 rpm dan torsi 17,6 Nm pada 5.500 rpm.

Menariknya lagi, skutik ini dibekali transmisi continuous variable transmission (CVT) seperti skutik, bukan girboks manual. Pengoperasiannya pun sama, dengan tuas di kiri dan kanan setang untuk pengereman. Tak ada pedal apa pun di bagian kaki.

 


Bobot Ringan, Harga Terjangkau

Bobotnya cukup ringan, hanya 136 kg saja. Hampir setara dengan Honda ADV160 yang punya berat 133 kg (ABS). Roda depan menggunakan velg berukuran 17 inci dengan double front disc brake yang terlihat sporty. Sedangkan belakangnya pakai 14 inci.

Boleh jadi motor ini dirancang untuk rider pemula yang ingin mengendarai sepeda motor. Atau, bisa juga buat mereka yang ingin tampil sporty namun tidak mau repot pindah gigi. Entahlah!

Meski tampilan desainnya aneh, Jonway Venom X22 GT dipasarkan di pasar Amerika Serikat melalui Venom Motorsports. Di negeri Paman Sam, unit nyeleneh dibanderol seharga $3.299 USD atau sekitar Rp50,5 jutaan.

Belum ada informasi, di negara mana saja motor ini dipasarkan selain di Cina dan Amerika Serikat. Tentunya bakal jadi menarik jika sepeda motor ini turut dipasarkan di Indonesia. Bisa jadi bahan bully-an.

Sumber: Oto.com

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya