Tool Kit Cordless Bisa Jadi Solusi Kurangi Polusi

Polusi udara di Jakarta yang mengkhawatirkan menjadi sorotan publik dalam beberapa bulan terakhir. Kendaraan bermotor kerap dituding menjadi biang keladi buruknya kualitas udara di Ibu Kota akibat emisi gas buang yang dikeluarkan.

oleh Septian Pamungkas diperbarui 09 Sep 2023, 14:07 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2023, 14:07 WIB
Milwaukee
Ragam produk powertools Milwaukee dengan sistem cordless. (Septian/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Polusi udara di Jakarta yang mengkhawatirkan menjadi sorotan publik dalam beberapa bulan terakhir. Kendaraan bermotor kerap dituding menjadi biang keladi buruknya kualitas udara di Ibu Kota akibat emisi gas buang yang dikeluarkan.

Padahal, ada banyak aktivitas lain yang turut menghasilkan emisi gas buang. Salah satunya proyek pembangunan yang menggunakan alat yang masih mengandalkan bahan bakar minyak (BBM).

Milwaukee sebagai produsen tool kit berbasis baterai menyebut, penggunaan alat atau perkakas dengan sistem cordless dapat membantu mengurangi polusi.

"Banyak orang yang tidak tahu bahwa sistem cordless itu juga berkontribusi menurunkan emisi," terang Husen Kasim, Commercial Director, PT Milwaukee Tool Indonesia (MTI) di Jakarta, Jumat (8/9/2023).

Dirinya mencontohkan penggunaan powertools bertenaga listrik. Alat ini tentunya mengandalkan listrik sebagai sumber tenaga, namun tak sedikit yang memanfaatkan genset.

"Kalau tidak ada listrik tentu harus menggunakan genset sebagai penyedia daya. Dan genset itu sendiri menggunakan bahan bakar minyak (BBM). Nah kalau menggunakan itu kan menghasilkan asap atau emisi karbon," ujar Husen.

Dirinya juga menyoroti petugas PPSU (pasukan oren) yang sampai sekarang masih menggunakan chain saw konvensional dengan BBM. Namun apabila penggunaan gergaji mesin konvensional atau perkakas lainnya diganti dengan model cordless tentunya dapat mengurangi emisi.

"Kalau seluruh proyek konstruksi di Jakarta, umpamanya, mulai beralih ke cordless, jumlah asap bisa berkurang banyak. Tentunya makin banyak orang yang bisa berkontribusi mengurangi emisi tentu akan lebih baik," tutur Husen.

 


Baterai

Milwaukee
Pilihan baterai powerkit Milwaukee. (Septian/Liputan6.com)

Sekadar informasi, Milwaukee menjadi satu-satunya produsen perkakas yang seluruh produknya 100 persen dengan sistem cordless.

Selain menawarkan produk powertools untuk kebutuhan sektor otomotif, Milwaukee juga memiliki sederet produk outdoor power equipment, seperti gergaji mesin, alat potong rumput, trimmer, chemical spayer, blower, hingga lampu.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan powertools cordless adalah hemat karena rendah konsumsi energi dan tidak perlu pemeliharaan rutin. Kemudian alatnya ringkas karena tanpa selang dan kompresor, sehingga akses lebih fleksibel.

Penggunaannya juga aman, tanpa bahaya tersandung, serta mengurangi tingkat kebisingan. Keunggulan lainnya ialah zero emission, karena tidak menghasilkan asap, tanpa getaran, dan tanpa suara.

Produk Milwaukee tersedia dalam tiga kategori, yakni M12, M18, dan MX Fuel dengan pilihan kapasitas baterai 4 Ah, 5 Ah, 8 Ah, dan 12 Ah.

Infografis Journal Langkah Pemerintah Atasi Polusi Udara di DKI Jakarta dan sekitarnya
Langkah Pemerintah Atasi Polusi Udara di DKI Jakarta dan sekitarnya
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya