UMKM Turut Meriahkan Honda Bikers Day 2023, Ada dari Kalangan Komunitas

Berbagai program menarik dihadirkan untuk memeriahkan acara serta menghibur para bikers Honda. Penyelenggara Honda Bikers Day 2023 juga memberi ruang bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

oleh Septian Pamungkas diperbarui 30 Okt 2023, 11:20 WIB
Diterbitkan 30 Okt 2023, 11:20 WIB
Honda Bikers Day
Honda Bikers Day 2023 libatkan UMKM dari komunitas Honda. (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Honda Bikers Day (HBD) 2023 menjadi pestanya para pecinta sepeda motor Honda di Indonesia. Dihadiri ribuan pengguna sepeda motor berlambang sayap mengepak, acara berlangsung Lapangan Rampal, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (28/10/2023).

Berbagai program menarik dihadirkan untuk memeriahkan acara serta menghibur para bikers Honda. Tak cuma itu, penyelenggara juga memberi ruang bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Setiap kota pelaksana HBD punya ciri khas yang berbeda. Infrastruktur pendukung seperti tempat wisata dan kuliner menjadi pembeda dari setiap pelaksanaan kegiatan ini. Selain itu, hal berbeda yang kami tawarkan tahun ini adalah memberi ruang bagi UMKM," terang Bayu Satya Wijaya, Community Department Manager PT Astra Honda Motor (AHM) di arena HBD 2023.

Disebutkan, UMKM pada perhelatan HBD 2023 awalnya hanya melibatkan masyarakat setempat. Namun konsep berkembang dengan menggandeng komunitas Honda yang memiliki wirausaha sendiri.

"Maka, kami memberi wadah bagi mereka lewat lapak bikers. Jadi, kegiatan ini selain untuk menumbuhkan UMKM masyarakat juga membina dan mengembangkan usaha teman-teman komunitas," ujar Bayu.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, jumlah UMKM yang berasal dari komunitas Honda semakin banyak.

"Sebelumnya sudah ada beberapa yang punya usaha tapi tidak sebanyak tahun ini. Dulu mungkin cuma jual aksesori, sekarang ada yang jual apparel dan banyak lainnya," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ragam Acara Honda Bikers Day

Sekadar informasi, selain berkumpul dan bersilaturahmi, bikers yang hadir di HBD nasional juga disuguhkan berbagai aktivitas seperti permainan seru yang semakin menguatkan kebersamaan lewat berbagai games perorangan dan kelompok, pameran penjualan pernak pernik resmi, pameran produk sepeda motor Honda, test ride sepeda motor Honda, pertunjukan musik, hingga kontes modifikasi.

Untuk diketahui, Honda Bikers Day pertama kali digelar di Pangandaran, Jawa Barat pada 2009, kemudian dilanjutkan di Kiara Payung-Jatinangor Sumedang, Jawa Barat pada 2010, lalu Bromo-Pasuruan, Jawa Timur pada 2011, Komplek Candi Prambanan, Yogyakarta pada 2012, Tanjung Tum-Banten di 2013, dan Pantai Pandawa-Bali di 2014.

Ajang ini berlanjut ke Pantai Teleng, Pacitan-Jawa Timur pada 2015, Pantai Boom, Banyuwangi, Jawa Timur di 2016, Landasan Udara Gading, Gunung Kidul, Yogyakarta pada 2017, Pangandaran-Jawa Barat di 2018, dan Ambarawa, Jawa Tengah pada 2019.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya