Penyebab Mobil Listrik Murah Ini Lama Sampai ke Tangan Konsumen

Mobil listrik murah yang diniagakan PT Kurnia Motors memiliki masa tunggu alias inden yang cukup lama. Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi hal tersebut.

oleh Septian Pamungkas diperbarui 06 Des 2023, 09:02 WIB
Diterbitkan 06 Des 2023, 09:02 WIB
mobil listrik
Kurnia Motors hadirkan mobil listrik dengan banderol Rp 100 jutaan. (Septian/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Mobil listrik murah yang diniagakan PT Kurnia Motors memiliki masa tunggu alias inden yang cukup lama. Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi hal tersebut.

General Manager PT Kurnia Motors Rivaldi Andrinasyah menyampaikan, salah satu penyebabnya karena mobil listrik tersebut didatangkan langsung dari Tiongkok.

Terlebih lagi pengirimannya melalui jalur laut sehingga dibutuhkan kapal khusus untuk alasan keamanan. Dan kapal seperti ini memiliki kapasitas yang terbatas sehingga pengirimannya tidak bisa sekaligus banyak.

"Pengirimannya harus pakai kapal laut khusus DG9 Class (ruang khusus) karena space impor mobil listrik dengan baterai lithium lebih sedikit," terang General Manager PT Kurnia Motors Rivaldi Andrinasyah di kawasan Gading Serpong, Tangerang, Banten, Selasa (5/12/2023).

Untuk diketahui, mobil listrik murah yang ditawarkan Kurnia Motors terdiri dari dua model, yakni K-Kooper, dan KX-Upgrade. Sejak diperkenalkan pada Mei 2023, pemesanan kedua model tersebut sudah mencapai 200 unit.

Kurnia Motors mengklaim, pihaknya baru melakukan pengiriman sebanyak 50 unit ke konsumen. Namun secara bertahap mereka terus melakukan pengiriman dan berupaya untuk mendatangkan unit lebih cepat guna memangkas waktu inden.

"Untuk mobil listrik kita saat ini K-Kooper dan KX-Upgrade inden 90 hari kerja, dan kami tetap usahakan secapatnya agar konsumen mendapatkan unit," ujar Rivaldi.

Lebih lanjut ia juga menyampaikan, pengiriman mobil listrik sebagai hadiah les bahasa asing di LKP EV Language Scholarship akan dilakukan dalam waktu dekat.

Seperti pada perjanjian awal, mobil listrik tersebut akan diserahkan setelah masa pembelajaran satu (1) tahun.

 

Bertanggung Jawab

Meski begitu, konsumen yang berhak mendapatkan hadiah ini harus bersabar lantaran spesifikasi kendaraan listrik tersebut sedikit berbeda dengan unit yang diniagakan saat ini.

"Konsumen khususnya peserta les bahasa asing hanya perlu bersabar untuk mendapatkan unit, karena spesifikasi khusus yang kami minta oleh pihak China sebagai pembuat mobil listrik itu disesuaikan dari harga," jelas Rivaldi.

Pria berkacamata itu juga menerangkan, pihaknya bertanggung jawab dan berupaya menyelesaikan pengiriman seluruh unit paling lama April 2024.

"Kami berikan akta notaris dan surat pernyataan, dari awal dijelaskan juga bahwa semua ini bentuknya hadiah. Kami bertanggung jawab untuk tetap memberikan mobil listrik itu sebagai hadiah," tutur Rivaldi.

"Mudah-mudahan setelah Lebaran 2024 sudah selesai (dikirim ke peserta les)," pungkasnya.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya