Kei Car Komersil Honda N-VAN e: Tampil di GIIAS 2024 Sebagai Mobile Cafe

Baru meluncur di Jepang bulan Juni, kei car komersil Honda N-VAN e: muncul di GIIAS 2024, sayangnya belum dijual

oleh Khizbulloh Huda diperbarui 24 Jul 2024, 18:12 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 18:12 WIB
Honda N-VAN e: di GIIAS 2024
Honda N-VAN e:G dipamerkan di GIIAS 2024 sebagai Honda Dreams Café Mobile. (Liputan6.com/Khizbulloh Huda)

Liputan6.com, Tangerang - Koleksi mobil listrik Honda di Jepang turut diramaikan dengan segmen mobil mungil atau yang kerap disebut kei car yang tengah ramai di sana. Salah satunya adalah Honda N-VAN e:, kei car segmen komersil yang baru diluncurkan pada Juni 2024 kemarin di Jepang.

Honda N-VAN listrik adalah N-Box yang telah dialiri listrik, yang memulai perkenalannya di Indonesia sebagai prototype pada Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2023.

Sebulan setelah kemunculan versi produksinya di Jepang, pada ajang otomotif GIIAS 2024, PT Honda Prospect Motor (HPM) membawa kendaraan niaga listrik tersebut untuk dipamerkan di booth mereka sebagai food truck Honda Dreams Café Mobile.

"Honda Dreams Café Mobile yang menggunakan Honda N-VAN EV Prototype memungkinkan kami untuk membawa berbagai inovasi Honda ke lebih banyak tempat, menyebarkan kegembiraan sambil melakukan edukasi tanpa memberikan efek buruk bagi lingkungan," kata Yessy Anastasia, PR & Event Department Head PT HPM pada konferensi pers di GIIAS 2024, Selasa (23/7/2024).

Sayangnya, minivan lima pintu yang ditujukan untuk komersil ini belum dijual di Indonesia. Namun seterusnya, HPM akan menampilkannya dengan menggandeng beberapa mitra untuk keperluan sosialisasi penggunaan mobil listrik di Indonesia.

Di Jepang, Honda N-VAN e: hadir dalam berbagai varian untuk segala keperluan baik tujuan komersil maupun pribadi.

Varian yang digunakan untuk Honda Dreams Café Mobile adalah N-VAN e:G, yang dirancang satu kursi tanpa kursi penumpang untuk optimalisasi angkutan barang. Ruang kabinnya turut diperpanjang 95 mm dan tinggi lantainya diturunkan 120 mm.

Sementara varian lain terdapat e:L2 berformasi dua kursi depan-belakang di sisi pengemudi, e:L4 dengan empat tempat duduk, dan e:FUN yang menawarkan empat kursi dengan peningkatan untuk penggunaan pribadi.

Seluruh tipe Honda N-VAN e: tak memiliki pilar pembatas di sisi penumpang untuk memudahkan bongkar muat barang, serta jok yang dapat dilipat rata untuk fleksibilitas maksimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gandeng V-Clas Karoseri Untuk Mengubah N-VAN e: Jadi Cafe Berjalan

Honda N-VAN e: di GIIAS 2024
Honda N-VAN e:G yang disulap jadi Honda Dreams Café Mobile. (Liputan6.com/Khizbulloh Huda)

Untuk mewujudkan Dreams Café Mobile, Honda bermitra dengan karoseri V-Clas untuk menyesuaikan bodinya. Eksteriornya dilengkapi dengan kanopi, lampu penerangan sekitar, dan stiker livery khusus Dreams Café.

Sementara di area interiornya, mobil ini mengalami banyak perubahan untuk dijadikan area dapur lengkap dengan setting meja letter L, mesin espresso, pendingin minuman, ruang penyimpanan bahan makanan, serta area untuk peralatan.

"Kami, V-Clas Karoseri, dengan bangga berkolaborasi dengan Honda dalam mewujudkan Honda Dreams Café Mobile, di mana mobil listrik Honda ini kami modifikasi menjadi mobile cafe," sambut Zain Johansyah, Direktur Karoseri V-Clas berbangga.

Sementara itu, Honda juga menggandeng Dua Coffee, partnernya sejak 2021-2023 di Honda Dreams Café, untuk menyediakan seluruh menu yang tersedia di Honda Dreams Café Mobile selama ajang GIIAS 2024.

Menyokong daya operasional cafe berjalan tersebut, akan ada Honda Power Exporter e: 6000, perangkat keluaran daya eksternal portabel yang dapat mengubah daya baterai mobil menjadi listrik Alternating Current (AC).


Dijual Mulai Rp 255 Juta di Jepang

Honda N-VAN e:
Honda N-VAN e:G khusus komersil dengan formasi satu kursi. (Honda Global)

Belum banyak detail informasi yang diberikan Honda terkait Honda N-VAN e:. Namun di Jepang, kei car ini diklaim dapat menempuh jarak 245 km dengan sekali pengisian daya.

Kapasitas baterainya belum diumumkan, namun ia mendukung pengisian daya AC dengan kecepatan hingga 6 kW dan pengisian DC pada 50 kW, sehingga dapat diisi ulang dalam waktu sekitar 30 menit.

Di dalam kabinnya terdapat layar infotainmen 7 inci, dan meski berukuran kompak, Honda melengkapinya dengan segudang teknologi keselamatan yang mencakup kontrol jelajah adaptif, bantuan penjaga jalur, mitigasi keberangkatan jalan, pengenalan rambu lalu lintas, hingga sistem pengereman mitigasi tabrakan.

Harganya di Jepang dimulai dari 2.439.800 yen (Rp 255 juta) untuk e:G khusus komersil yang dapat dipesan secara khusus. Kemudian e:L2 2.549.800 yen (Rp 266,5 juta), e:L4 2.699.400 yen (Rp 282 juta), dan e:FUN 2.919.400 yen (Rp 305 juta). Versi pengisian daya cepat akan menambahkan harga.


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya