Buat yang Mau Kredit Mobil Baru, Perhatikan Dulu Empat Hal Ini

Pameran otomotif kerap dimanfaatkan masyarakat untuk membeli mobil baru. Pasalnya, brand-brand peserta pameran selalu menawarkan promo penjualan yang menggiurkan

oleh Septian Pamungkas diperbarui 25 Jul 2024, 10:25 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 10:25 WIB
GIIAS
Kredit mobil baru di GIIAS 2024 banyak penawaran menarik.

Liputan6.com, Jakarta - Pameran otomotif kerap dimanfaatkan masyarakat untuk membeli mobil baru. Pasalnya, brand-brand peserta pameran selalu menawarkan promo penjualan yang menggiurkan, salah satunya seperti saat gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang saat ini sedang berlangsung di ICE, BSD City, Tangerang, Banten.

Nah, saat memutuskan untuk membeli kendaraan baru secara kredit, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan. Terkait kredit yang aman dan nyaman, Astra Credit Companies (ACC) punya tipsnya.

Menurut Executive Vice President Corporate Communication ACC Riadi Prasodjo, ada empat (4) tips cara kredit mobil yang aman dan nyaman.

"Pertama, pilihlah produk pembiayaan sesuai dengan kemampuan. Memiliki mobil impian secara kredit akan membutuhkan komitmen dalam pembayaran uang muka serta pembayaran cicilan selama masa tenor hingga lunas. Pastikan pembayaran cicilan kredit ini aman secara cash flow keuangan bulanan," terang Riadi dalam keterangan resminya.

Kedua, lanjut Riadi, lengkapi persyaratan kredit dengan sah dan benar. Seluruh dokumen dan data pribadi yang diberikan kepada perusahaan pembiayaan adalah sah dan benar. "Saat ini marak penipuan kredit dengan menggunakan dokumen dan data pribadi milik orang lain. ACC juga mengingatkan jangan pernah memberikan data dan dokumen pribadi kepada orang lain untuk pengajuan kredit karena akan merugikan diri sendiri," tambahnya.

Ketiga, pahami hak dan kewajiban dalam perjanjian pembiayaan. Pastikan sudah memahami hak dan kewajiban berdasarkan perjanjian pembiayaan sebelum menandatanganinya. "Perjanjian pembiayaan mengatur seluruh proses pembiayaan mulai dari awal hingga pembiayaan lunas. ACC menyediakan Ringkasan Informasi Pembiayaan dan Layanan (RIPLAY) untuk mempermudah customer memahami perjanjian pembiayaan sebelum menandatanganinya," kata Riadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Melaksanakan Kewajiban

Tips terakhir, menurut Riadi, laksanakan kewajiban pembayaran angsuran dengan baik. Jika ada kendala dalam pembayaran angsuran kredit sebaiknya customer menghubungi kantor cabang ACC terdekat untuk dicarikan solusi yang terbaik untuk kedua belah pihak.

“Saat ini juga marak kasus customer yang nekat menyembunyikan atau bahkan menjual mobilnya yang dalam masa kredit kepada orang lain ketika dia tidak dapat membayar angsuran. Padahal tindakan ini termasuk dalam aksi penggelapan dan memiliki konsekuensi hukum pidana," ujarnya.

Sekadar informasi, selama penyelenggaraan GIIAS 2024 yang berlangsung hingga 28 Juli mendatang, perusahaan pembiayaan di bawah naungan Astra Grup itu menawarkan bunga spesial berupa bunga 0,67 persen untuk tenor 1 tahun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Infografis Journal
Fakta Olahraga Dapat Membantu Gangguan Kesehatan Mental (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya