Ini Dia SUV yang Bakal Dirilis Toyota Indonesia Jumat Nanti

Teka-teki model baru yang bakal diluncurkan Toyota Indonesia telah terkuak lewat undangan resmi yang dikirim ke meja redaksi Liputan6.com. Dia adalah New Toyota Fortuner.

oleh Septian Pamungkas diperbarui 03 Sep 2024, 14:26 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 13:29 WIB
Toyota Fortuner
Teaser new Toyota Fortuner yang bakal dirilis sebentar lagi. (TAM)

Liputan6.com, Jakarta - Di sela acara Toyota Eco Journey – JTD Electrification Line Up yang berlangsung pekan lalu di Semarang, Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyebut pihaknya memiliki model baru yang disiap dirilis dalam waktu dekat.

Saat itu dirinya sedikit memberikan bocoran bahwa model yang akan diperkenalkan itu berjenis sport utility vehicle (SUV)

"Soon, mungkin SUV yang akan kita introduce (perkenalkan)," katanya kala itu.

Kini, teka-teki model baru yang bakal diluncurkan itu telah terkuak lewat undangan resmi yang dikirim ke meja redaksi Liputan6.com. Dia adalah New Toyota Fortuner.

"Dengan hormat kami mengundang Anda ke acara peluncuran New Fortuner," tulis Toyota Indonesia dalam undangan resminya, Selasa (3/9/2024).

Peluncuran akan berlangsung pada 6 September 2024 di salah satu restoran ternama di Kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Belum diketahui secara rinci ubahan apa saja yang dialami Fortuner terbaru ini. Namun diyakini New Fortuner akan datang dengan penyegaran pada ekstrior, interior, serta penambahan fitur terkini.

Berdasarkan informasi yang Liputan6.com terima dari salah satu tenaga penjual Toyota, model yang dirilis bukan lah Fortuner versi hybrid. Itu artinya, jantung mekanis yang digunakan masih sama dengan model yang eksis saat ini.

"(Model yang diluncurkan nanti) Non hybrid, cuma ada improvement saja di eksterior dan audio, sama fitur safety," katanya melalui pesan singkat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Toyota Fortuner Hybrid Resmi Meluncur, Mesin Lebih Bertenaga

Toyota Fortuner Hybrid Resmi Meluncur, Mesin Lebih Bertenaga (Toyota)
Toyota Fortuner Hybrid Resmi Meluncur, Mesin Lebih Bertenaga (Toyota)

Toyota telah resmi memperkenalkan versi mild-hybrid untuk Fortuner di Afrika Selatan. Toyota Fortuner MHEV ini, berbagi teknologi mild hybrid dengan Hilux MHEV, yang telah diperkenalkan terlebih dahulu pada akhir tahun lalu.

Disitat dari Autocar India, Jumat (19/4/2024), setelah diperkenalkan di Afrika Selatan, Toyota Fortuner MHEV ini akan mulai dijual di pasar lain dalam beberapa bulan mendatang.

Secara visual, Toyota Fortune MHEV untuk Afrika Selatan ini, terlihat sangat mirip dengan Fortuner Legender yang dijual di India.

Seperti Hilux MHEV, Fortuner MHEV ini ditenagai dengan mesin diesel berkapasitas 2,8 liter dengan tambahan sistem hybrid ringan 48V.

Sistem hybrid ini, memberikan tenaga tambahan sebesar 16 tk dan torsi 42 nm. Total tenaga untuk model ini, adalah 201 tk dengan torsi maksimum 500 nm.

Toyota mengatakan, Fortuner MHEV ini lima persen lebih hemat dibanding Fortuner 2.8 diesel standar. Selain itu, model ini juga hadir dengan girbox enam percepatan sebagai standar, dan menawarkan varian 2WD dan 4WD.

Selain itu, Toyota juga mengklaim, Fortuner MHEV mendapatkan respon throttle yang lebih baik, dan restart mesin lebih halus dengan fitur idle start-stop baru.

Selain teknologi mild hybrid, Toyota Fortuner MHEV ini juga mendapatkan rangkai Toyota Safety Sense ADAS dan kamera 360 derajat, serta beberapa ubahan kecil kosmetik di interior.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya