Bukan Toyota Alphard, Paus Fransiskus Pilih Kijang Innova Zenix Selama Kunjungannya di Jakarta

Pemimpin gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus telah tiba di Indonesia, Selasa (3/9/2024). Bapa Suci kelahiran 17 Desember 1936 ini, akan mengikuti beberapa kegiatan di Tanah Air

oleh Arief Aszhari diperbarui 03 Sep 2024, 15:11 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 15:11 WIB
Pemimpin gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus tiba di Indonesia.
Pemimpin gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus tiba di Indonesia. (Tim Merdeka).

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus telah tiba di Indonesia, Selasa (3/9/2024). Bapa Suci kelahiran 17 Desember 1936 ini, akan mengikuti beberapa kegiatan di Tanah Air.

Alih-alih menggunakan mobil mewah seperti Toyota Alphard atau Lexus LM, Paus justru hanya memilih Toyota Kijang Innova Zenix untuk mengantarkannya ke beberapa agenda yang telah disusun selama kunjungan ke Indonesia.

Setibanya di Terminal 3 VVIP Bandara Soekarno Hatta, sekitar pukul 11.28 WIB, Paus Fransiskus langsung diarahkan menuju mobil keluarga berkelir putih asal Jepang tersebut. Di depan mobil, nampak terpasang bendera merah putih dan bendera katedral dengan pelat SCV 1.

Bahkan, terlihat Paus Fransiskus menempati tempat duduk sebagai penumpang depan, dan bukan di belakang layaknya seorang tamu penting.

Raut wajah Paus terlihat bahagia menyapa para orang yang menyambutnya. Kini, mobil yang membawa Paus bergerak menuju Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta dengan pengamanan yang sangat ketat.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat datang kepada Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus atas kunjungannya ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Jokowi mengatakan masyarakat Indonesia menyambut hangat kedatangan Kepala Negara Vatikan itu.

"Saya atas nama rakyat Indonesia menyambut hangat dan terima kasih atas kunjungan Yang Teramat Mulia Paus Fransiskus ke Indonesia. Selamat datang Yang Teramat Mulia Sri Paus Fransiskus ke Indonesia," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, disitat Liputan6.com, Selasa (3/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Spesifikasi Toyota Kijang Innova Zenix

Sebagai informasi, Toyota Kijang Innova Zenix sendiri meluncur di Indonesia beberapa tahun lalu. Model generasi ke-7 ini, mendapatkan ubahan yang cukup banyak, salah satunya penggunaan platform TNGA: GA-C dengan struktur monocoque yang menggantikan struktur ladder-on-frame.

Soal performa, Innova Zenix Gasoline mengandalkan mesin TNGA 1.987cc 4 silinder Dual VVT-i berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Jantung mekanis ini menghasilkan daya 171 Tk pada 6.600 rpm dan torsi 204,9 Nm pada 4.500-4.900 rpm.

Disebutkan, tenaga yang dihasilkan unit TNGA 2.0 lebih bertenaga ketimbang milik Kijang Innova Diesel generasi sebelumnya yang hanya mencapai 146 Tk. Peningkatan tenaga didapatkan dari aplikasi teknologi advance D-4S yang menggabungkan port injection dan direct injection.

Innova Zenix menawarkan kabin yang lebih lapang dan nyaman dari model sebelumnya. Terdapat pula Sofa Mode agar dapat mengatur konfigurasi ketiga baris bangku yang fleksibel menjadi sebuah family room yang homy.

 

 

POTRET KESEDERHANAAN PAUS FRANSISKUS, PILIH NAIK MOBIL TOYOTA INNOVA ZENIX DAN MENGINAP DI KEDUBES VATIKAN JAKARTA
POTRET KESEDERHANAAN PAUS FRANSISKUS, PILIH NAIK MOBIL TOYOTA INNOVA ZENIX DAN MENGINAP DI KEDUBES VATIKAN JAKARTA
Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya