Dapat Penyegaran, Toyota Targetkan Fortuner Anyar Kuasai 40 Persen Pasar SUV

Pasar sport utility vehicle (SUV) di Indonesia memang cukup besar, dengan berbagai banyak pemain di Tanah Air

oleh Arief Aszhari diperbarui 07 Sep 2024, 12:13 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2024, 12:13 WIB
Melihat Detail Ubahan Toyota Fortuner Baru yang Meluncur di Indonesia (Arief A/Liputan6.com)
Melihat Detail Ubahan Toyota Fortuner Baru yang Meluncur di Indonesia (Arief A/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Pasar sport utility vehicle (SUV) di Indonesia memang cukup besar, dengan berbagai banyak pemain di Tanah Air.

Demi bisa menjaga momen penjualan yang cukup tinggi, Toyota Astra Motor (TAM) kembali merilis penyegaran dari salah satu model andalannya, new Fortuner dengan berbagai ubahan dari eksterior, interior, dan juga fitur canggih.

Dijelaskan Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, target penjualan Toyota Fortuner anyar ini, memang tergantung pasar SUV di Indonesia.

Meskipun begitu, jenama asal Jepang ini, tetap berharap model pesaing dari Mitsubishi Pajero Sport ini bisa kuasai pasar SUV nasional.

"Tapi, yang paling gampang mungkin market share ya. Jadi, market share kita itu sekarang di atas 40 persen. Jadi, kita akan coba pertahankan itu," jelas Anton, di sela-sela peluncuran new Toyota Fortuner, di bilangan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (7/9/2024).

Sementara itu, berbicara volume penjualan Toyota Fortuner baru yang hendak diincar, pabrikan asal Negeri Matahari Terbit ini memang tidak memberikan informasi secara mendatail.

"Jadi, kalau marketnya naik, kita akan ikut naik market sharenya. Fortuner itu kan 1.000 persen, jadi market share itu 40 persen, jadi penjualan kita (total SUV) 2.000 unit per bulan," tukasnya.

New Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 4x4 kini tampil lebih sporty dan elegan, dilengkapi GR Performance untuk meningkatkan kualitas berkendara khas Gazoo Racing (GR) dan Toyota Safety Sense (TSS) untuk menjaga keamanan berkendara.

Ditambah update T Intouch yang menghubungkan pelanggan, mobil, dan car multimedia via jaringan internet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


New Toyota Fortuner

Sementara itu, Toyota Customization Option (TCO) New Fortuner juga tersedia untuk meningkatkan estetika maupun fitur, baik untuk eksterior dan interior seperti New Door handle & housing protector, mirror cover, Air Purifier, DVR, Spare Tire Cover, Premium Horn dan Cargo Net.

Berbicara performa, untuk varian 2.8, masih mengadopsi jantung penggerak yang sama seperti pendahulunya, yaitu mesin diesel 1GD-FTV berkubikasi 2.755 cc VNT Intercooler menghasilkan tenaga 203,9 PS pada 3.000 – 4.000 rpm dan torsi 50,9 Kgm pada 1.600 – 2.800 rpm.

Toyota masih mempertahankan varian mesin 2.7 berkode 2TR-FE 2.694 cc Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 163 PS pada 3.400 rpm dan torsi 24,7 Kgm pada 4.000 rpm.

Transmisinya sama dengan milik 1GD dan 2GD yang ditandai dengan rasio transmisi otomatis 6-speed Sport Sequential Switchmatic.

 

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya