Rumor Toyota GR Starlet Kian Santer, Speknya Enggak Main-Main

Tersiar kabar Toyota akan membangkitkan kembali hatchback legendaris mereka, Starlet, dalam versi Gazoo Racing. Mengusung nama Toyota GR Starlet, model ini akan menjajaki sejumlah negara pada 2026.

oleh Tim Otomotif diperbarui 13 Sep 2024, 20:02 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2024, 20:02 WIB
Gazoo Racing
Ilustrasi Toyota Gazoo Racing.

Liputan6.com, Jakarta - Tersiar kabar Toyota akan membangkitkan kembali hatchback legendaris mereka, Starlet, dalam versi Gazoo Racing. Mengusung nama Toyota GR Starlet, model ini akan menjajaki sejumlah negara pada 2026.

Pabrikan dikabarkan akan menyertakan spesifikasi khusus untuk Rally dan penggunaan sehari-hari untuk memperkaya seri GR yang ada.

Meskipun belum ada pengumuman resmi, kehadiran Starlet diharapkan menjadi anggota seri GR yang paling kompak dan dengan harga terjangkau.

Nama Toyota Starlet tidaklah asing. Mobil ini sangat populer pada era 1990-an dan bisa dibilang sebagai cikal bakal Yaris. Kabarnya Toyota akan menggunakan Yaris sebagai basis rancang bangun GR Starlet dengan dimensi lebih ringkas.

Di dalamnya akan dibenamkan mesin 1.3-liter turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 150 hp, khusus untuk versi jalan raya.

Selain itu, pabrikan juga akan memanfaatkan sistem penggerak roda depan denagn sistem transmisi manual 6-percepatan. Akan ada sejumlah fitur pendukung lainnya yang menggantikan peran penggerak GR-Four demi kemampuan di segala kondisi.

Meski belum ada spesifikasi resmi, menurut Best Car Jepang, Starlet akan menggunakan platrform TNGA-B yang memiliki panjang sekitar 3.850 mm atau lebih panjang dari Toyota Agyo X versi Eropa.  

Sementara itu, pengembangan GR Starlet untuk kebutuhan WRC Rally 4 akan lebih serius, termasuk bodi kit sporty khas Gazoo Racing.

Peningkatan kerja sasis yang lebih kaku juga akan dilakukan agar kendaraan dapat dikendalikan dengan baik oleh pembalap Toyota, ditambah dengan mesin yang lebih kuat untuk meningkatkan performa di ajang rally bergengsi tersebut.

Jika ini benar, maka Toyota harus mematuhi homologasi Rally 4 dengan memproduksi 25.000 unit GR Starlet secara global.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perkiraan Harga

Sesuai rencana, Toyota GR Starlet akan mulai diproduksi pada 2026 dengan harga perkiraan sekitar 2,5 Juta Yen, atau sekitar Rp270 juta hingga Rp300 juta untuk model paling atas.

Selain kebangkitan Starlet, Toyota tampaknya memiliki beberapa proyek menarik yang sedang direncanakan dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa nama legendaris akan dihidupkan kembali, seperti MR2 dan GR Supra.

Menurut Carscoop, Toyota tidak hanya fokus pada pengembangan mesin pembakaran internal (ICE), tetapi juga elektrifikasi dan kendaraan listrik (EV).

Bahkan, Land Cruiser GR dikabarkan akan segera diperkenalkan untuk bersaing dengan Ford Bronco di pasar Amerika Serikat.

Sumber: Oto.com

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya