Pasar Senen Terbakar, Ini Kesedihan dan Janji Anies Baswedan

Jika terpilih jadi gubernur, Anies berencana merevitalisasi pasar dan mengevaluasi kembali instalasi listrik yang terpasang di pasar-pasar.

oleh Rezki Apriliya Iskandar diperbarui 19 Jan 2017, 18:27 WIB
Diterbitkan 19 Jan 2017, 18:27 WIB
20161209- Anies Sandiaga dan BW Peringati Hari Anti Korupsi-Jakarta- Yoppy Renato
Cagub DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan pidato saat memperingati Hari Antikorupsi Internasional di Jalan Cicurug, Jakarta, Jumat (9/12). Anies berbagi kisah tentang stafnya yang jujur. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (cagub) DKI Jakarta nomor urut 3 Anies Rasyid Baswedan mengungkapkan keprihatiannya terkait musibah kebakaran Pasar Senen. Pasar yang berdiri sejak 1935 itu, terbakar pada pukul 04.15 dinihari.

"Kita merasa sedih ya. Kita membayangkan betapa beratnya bagi para pengusaha, para pedagang di Pasar Senen yang pagi tadi pasarnya terbakar. Ukurannya cukup massal, cukup besar. Saya tadi perjalanan ke sini tidak ke arah Senen, tapi di sekitar Merdeka Timur itu asapnya masih terlihat. Jam (pukul) setengah 11 saja masih terlihat besar. Jadi lima jam itu untuk ukuran api cukup besar," ujar Anies usai kampanye blusukan di Jalan Kebon Kosong Gang 7 Kelurahan Kebon Kosong perbatasan RW. 001-003, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2017).

Anies berharap kebakaran tersebut bisa segera teratasi. Tak hanya itu ia juga ungkapkan apresiasinya terhadap para petugas pemadam kebakaran yang bertugas mengatasi api di Pasar Senen.

"Saya berharap pada pemda, pada aparat keamanan untuk menelusuri sebabnya. Saya juga ingin sampaikan apresiasi kepada para petugas pemadam yang bekerja cepat dan yang mereka kerahkan untuk memadamkannya," kata dia.

Anies Baswedan menyampaikan solusi terkait menangani peristiwa kebakaran yang sering terjadi di Jakarta, termasuk di kawasan pasar tradisional.

"Kebakaran paling sering dari listrik. Perlu diperhatikan apakah pemanfaatan listrik di jam-jam tertentu yang tidak ada orang itu disiapkan jalurnya khusus. Lalu bagaimana para pedagang di pasar menyadari bahayanya menggunakan alat-alat listrik dengan tidak tepat. Saya saja di rumah itu mengalami, bisa melepuh kalau memasangnya tidak tepat instalasinya," papar Anies.

Jika nanti terpilih menjadi gubernur, Anies berencana merevitalisasi pasar dan mengevaluasi kembali instalasi listrik yang terpasang di pasar-pasar.

"Nanti kita lihat. Revitalisasi kita lakukan, ada tidak ada kebakaran. Listrik itu memang mungkin harus kita review lagi, diaudit lagi apakah saat ini cara instalasinya memiliki risiko atau tidak. Bagi tempat yang berisiko harus kita ubah," jelas Anies lagi.

Khusus para pedagang di Pasar Senen yang mengalami musibah kebakaran, Anies berharap mereka bisa berjualan lagi dan pemerintah bisa membangun kawasan Pasar Senen yang lebih baik. Anies menjanjikan akan meng-upgrade kawasan tersebut bila ia terpilih nanti.

"Ini satu blok kan yang terkena. Kalau memang diperlukan untuk upgrade itu lebih efisien, kita akan upgrade. Tetapi jangan sampai usaha atau pedagang yang terkena musibah kebakaran, kena musibah dua kali. Satu musibah kebakaran, yang kedua mereka mengalami relokasi permanen. Mereka harus harus bisa berdagang lagi di situ. Idealnya adalah pemerintah membangunkan yang lebih baik untuk mereka," tutur Anies Baswedan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya