Persiapan Terakhir Mendagri Sambut Pilkada Serentak 2017

Tjahjo Kumolo akan mengumpulkan para pihak terkait untuk persiapan terakhir Pilkada Serentak 2017.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 30 Jan 2017, 18:08 WIB
Diterbitkan 30 Jan 2017, 18:08 WIB
20170112-RyamizardRyacudu-HF1
Mendagri, Tjahjo Kumolo usai mengikuti Rapim Kemenhan RI tahun 2017 di Jakarta, Kamis (12/1). Rapat dihadiri sejumlah menteri serta Kepala Staff Angkatan dan berlangsung tertutup. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan mengumpulkan para pihak terkait untuk persiapan terakhir Pilkada Serentak 2017. Termasuk Presiden Jokowi untuk memberikan pengarahan.

"Besok kami kumpulkan 101 wilayah mulai dari kepala daerah, sekda, DPRD, KPUD daerah, panwas daerah, kepolisian, TNI. Besok akan kita undang semua supaya selesai," ujar Tjahjo di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jalan Medan Merdeka Utata, Jakarta Pusat, Senin (30/1/2017)..

Tjahjo menyatakan, masalah stabilitas keamanan sudah dijamin kepolisian, TNI, dan Badan Intelijen Negara (BIN). Juga, kata Tjahjo, KPU akan menyampaikan materi-materi inti pilkada serentak termasuk penguatan pengawasan. Dia pun menyebut, sejauh ini pilkada serentak sudah siap dilaksanakan.

"Semua sudah siap, anggaran siap, nggak ada masalah. Kepolisian siap, KPU sudah selesai. Ya memang fokus di internal kami soal anggaran semua sudah cukup tercukupi," ucap dia.

Untuk warga yang belum punya KTP elektronik atau e-KTP, Tjahjo menyatakan, sementara akan menggunakan surat keterangan. Ia pun berharap agar pilkada serentak 15 Februari sukses dengan meningkatnya partisipasi dari masyarakat.

"Kalau 2015, 70-an persen (partisipasi masyarakat), mudah-mudahan ini bisa mendekati 80 persen maksimal. Jangan ada daerah yang di bawah 25 persen," kata Tjahjo.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya