PAN Gelar Rapat Internal Bahas Dukungan Capres 2024 Besok

Partai Amanat Nasional (PAN) belum memberi keputusan soal arah politiknya di Pilpres 2024. PAN akan membahas sikap politiknya di Pilpres dalam rapat internal partai besok di Kantor DPP PAN, Selasa (23/5/2023).

oleh Elza Hayarana Sahira diperbarui 22 Mei 2023, 23:45 WIB
Diterbitkan 22 Mei 2023, 23:45 WIB
Jokowi, Megawati dan Prabowo Hadiri Rakernas PAN
Presiden Jokowi (ketiga kiri) dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri (kelima kiri) menghadiri Rakernas Partai Amanat Nasional di Jakarta, Rabu (6/5/2015) malam. Keduanya duduk mengapit Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) belum memberi keputusan soal arah politiknya di Pilpres 2024. PAN akan membahas sikap politiknya di Pilpres dalam rapat internal partai besok di Kantor DPP PAN, Selasa (23/5/2023).

Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto menjelaskan partainya masih berembuk untuk mengambil keputusan siapa kandidat calon presiden (capres) yang akan didukung. Meski keputusan akhir dukungan capres 2024 tetap berada di tangan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hassan (Zulhas).

“Jadi PAN besok (Selasa) malam juga ada rapat di DPP ya, salah satunya membahas isu kekinian termasuk masalah kontestasi Pilpres walaupun memang PAN itu sudah memberikan mandat penuh kepada Ketum,” ujar Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (22/5/2023).

Selanjutnya, ia mengatakan dalam rapat internal PAN besok juga akan membahas isu-isu terkini soal Pilpres 2024 dan membahas kandidat capres potensial yang berpeluang mendapatkan dukungan dari PAN.

"Dia menjelaskan, dalam rapat internal besok PAN akan membahas isu-isu terkini soal Pilpres 2024. Bahkan rapat internal itu juga akan membahas soal kandidat-kandidat capres potensial yang berpeluang mendapatkan dukungan dari PAN.

Kemudian, Yandri menjelaskan sampai saat ini PAN masih berpegang teguh dalam keputusan Rakernas. Di Rakernas tersebut, PAN memanglah tidak beri keputusan secara spesifik soal nama capres. Namun PAN memunculkan sejumlah nama seperti Zulhas, Erick Thohir (Etho), Ganjar Prabowo hingga Prabowo Subianto sebagai kandidat capres di 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Intensif Bangun Komunikasi

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir.
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. (Foto: Istimewa).

Selain itu, PAN sangat intensif membangun komunikasi dengan calon presiden dari Ganjar hingga Prabowo. Bahkan, PAN terus membuka diskusi dengan parpol tentang kemungkinan koalisi pada 2024.

"Artinya ya bisa jadi antara Pak Ganjar atau Pak Prabowo yang diputuskan nanti. Tapi saya belum tahu apa yang mesti diputuskan Bang Zul. Tapi, kemungkinan menguat antara ke Pak Ganjar dan Pak Prabowo itu kemungkinan besar terjadi,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, Yandri meminta masyarakat bersabar menunggu posisi politik PAN pada 2024. Pasalnya, partai berlambang matahari itu akan memutuskan sesaat sebelum mendaftarkan capres dan cawapres ke KPU.

“Siapa nama yang akan diusung apakah Pak Ganjar, apa Pak Prabowo atau nama lain saya kira mungkin dalam waktu tidak lebih dari 1 bulan atau ini akan ada keputusan. Tapi, siapa dia akan tergantung ke Ketum PAN Bang Zulhas,” imbuhnya.

Infografis Peluang Usung Ganjar Pranowo-Erick Thohir, Respons Internal PAN. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Peluang Usung Ganjar Pranowo-Erick Thohir, Respons Internal PAN. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya