Belajar dari Pencopotan Baliho oleh TNI, Ganjar Minta Relawan Hati-hati

Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo mengingatkan relawannya agar hati-hati memasang baliho dan alat peraga lainnya. Hal itu belajar dari pencopotan baliho di kawasan Makodim 1013/Muara Teweh, Kalimantan Tengah.

oleh Liputan6.com diperbarui 21 Jul 2023, 15:20 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2023, 02:04 WIB
Ganjar
Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo menghadiri acara silahtuhami 1 Muharam 1445 H Relawan Pendukung Ganjar, yang digelar di GSG Senayan, Rabu (19/5/2023). (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo mengingatkan relawannya agar hati-hati memasang baliho dan alat peraga lainnya. Hal itu belajar dari pencopotan baliho di kawasan Makodim 1013/Muara Teweh, Kalimantan Tengah.

Ganjar meminta relawan menyiapkan panduan untuk memasang baliho calon presiden yang benar.

"Ini kita sampaikan, mohon izin senior-senior, untuk kita buatkan guidance kepada kawan-kawan agar kemudian kalau memasang dipastikan benar," kata Ganjar Pranowo dalam silaturahmi 1 Muharam Relawan Ganjar di Wisma Serba Guna Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (19/7/2023).

Ganjar mengingatkan relawannya tidak marah atas pencopotan baliho oleh anggota TNI. Ganjar pun meminta kepada semua pihak, jika baliho dipasang tidak pada tempatnya, silakan dicopot.

"Saya kemarin ditanya, Pak Ganjar bagaimana dengan baliho dicopot tentara, tidak boleh marah, tidak boleh tersinggung. Kalau itu tidak benar, awur awuran, silakan dicopot," ujar Ganjar.

Dia mencontohkan ada baliho anggota DPR Fraksi Partai Gerindra di Cilacap yang tertutup baliho bergambar wajahnya. Ganjar pun langsung meminta baliho yang bergambar wajahnya untuk dicopot.

Politikus PDIP itu mengingatkan supaya relawannya hati-hati memasang baliho karena dapat dimanfaatkan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

"Saya tidak pernah abu-abu, ada tapinya, tapi kita juga harus jeli, punya mata, punya telinga, bisa melihat. Jangan sampai orang tidak suka sama kita kemudian memanfaatkan dengan cara yang seolah-olah teman-teman," ujar Ganjar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Panglima TNI Tegaskan Pencopotan Baliho Ganjar Sudah Benar dan Sesuai Prosedur

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan rapat kerja dengan jajaran TNI melalui video conference. Rapat tersebut dilaksanakan dengan para Kepala Staf Angkatan, Pangkotama dan seluruh Pejabat Utama TNI.
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

Sebelumnya, Panglima TNI menegaskan keputusan yang diambil anak buahnya di lapangan dengan menurunkan baliho Ganjar Pranowo sudah benar dan sesuai sesuai prosedur.

Dia menegaskan, TNI bersikap netral di pemilu 2024 mendatang. Itu sebabnya, dia tidak mau ada gambar atau apa pun yang berkaitan dengan kepentingan pemilu dipasang di area atau lahan TNI.

Dia pastikan pula, saat baliho dicopot juga disaksikan dari pihak pemasang dan pemerintah setempat.

"Nah, kemarin dari Dandim Muara Teweh, itu sudah dikoordinasikan dengan pemasangnya. Jadi dari perwakilan partai juga dengan Satpol PP, juga Pak Bupati sudah menyampaikan semuanya, jadi dilepas dan disaksikan oleh mereka," kata Panglima TNI di Sesko TNI, Kota Bandung, Senin (17/7/2023).

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Infografis Sederet Alasan PPP Usung Ganjar Pranowo Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sederet Alasan PPP Usung Ganjar Pranowo Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya