PKS Usulkan Imam Budi Hartono Jadi Calon Wali Kota Depok pada Pilkada 2024

Saat ini Imam Budi Hartono yang juga kader PKS masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Depok mendampingi Wali Kota Depok Mohammad Idris.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 12 Agu 2023, 14:11 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2023, 14:10 WIB
Ketua DPD PKS Kota Depok, Imam Budi Hartono
Ketua DPD PKS Kota Depok, Imam Budi Hartono. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah DPD PKS Kota Depok, Bobby Hermanto mengungkapkan, Imam Budi Hartono telah diusulkan sebagai calon Wali Kota Depok pada Pilkada 2024.

"PKS Depok menetapkan nama Imam Budi Hartono sebagai calon wali kota ke DPP PKS. Karena hasil penjaringan internal suaranya mencapai 81 persen," kata Hermanto dilansir dari Antara, Sabtu (12/8/2023).

Saat ini, Imam Budi Hartono masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Depok mendampingi Wali Kota Depok Mohammad Idris.

Hermanto menjelaskan, penetapan Imam Budi Hartono sebagai calon wali kota dari PKS baru sebatas usulan ke pengurus pusat. Menurut Hermanto, DPP PKS belum mengeluarkan Surat Keputusan (SK) karena masih menunggu hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

"Belum sampai SK DPP (menunggu hasil Pileg). Tapi di panduan ada penetapan dini untuk kemenangan Pileg calon wali kota dan wakilnya untuk tugas memenangkan pileg 2024," jelas Hermanto.

Pria yang akrab disapa Bobby ini menambahkan, DPD PKS Depok juga menjaring wakil wali kota sebagai pendamping Imam Budi Hartono. Ia menyebutkan, ada beberapa nama yang sudah terjaring DPD PKS Depok baik di internal dan eksternal.

"Calon wakil wali kota dari PKS belum menjadi perhatian utama karena setelah penetapan SK dini wali kota barulah, ada diskusi tentang wakil," kata Hermanto.

Hermanto mengatakan, PKS Depok dalam menentukan calon wali kota pendamping Imam Budi Hartono melalui pertimbangan dan melihat hasil Pileg 2024.

"Kita fokus pileg tapi secara Pilkada berjalan. Jadi calon wakil salah satu ranahnya calon wali kota yang ditunjuk. Karena menjodohkan calon wakil perlu ada pertimbangan," katanya.

"Termasuk koalisi, kalau misalnya PKS dengan PDIP, kalau Demokrat, PPP mengusulkan calonya artinya masih terbuka lebar," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PKS Cari Sosok Calon Wali Kota Depok

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengunjungi kediaman siswa SMPIT Al Hikmah yang hanyut saat LDKS di Curug Kembar, Puncak, Bogor. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Sebelumnya DPD PKS Kota Depok Jawa Barat telah melakukan penjaringan internal untuk diusulkan sebagai bakal calon wali kota Depok pada Pilkada 2024 mendatang.

Hasilnya ada tiga orang nama yang muncul yaitu Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, Gamal Albinsaid (Ketua Pemuda DPP PKS), dan Jubir PKS, Mohammad Kholid.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya