Relawan Projo Akui Dukungan untuk Prabowo atas Permintaan Jokowi

Relawan Joko Widodo alias Projo secara resmi memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) di pemilihan presiden (pilpres) 2024.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 14 Okt 2023, 19:09 WIB
Diterbitkan 14 Okt 2023, 19:09 WIB
Relawan Joko Widodo alias Projo secara resmi memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto di Pemilu 2024.
Relawan Joko Widodo alias Projo secara resmi memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto di Pemilu 2024. (Foto: Delvira Hutabarat/Liputan6.com).

Liputan6.com, Jakarta Relawan Joko Widodo alias Projo secara resmi memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) di pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Saat ditanya apakah dukungan ke Prabowo atas permintaan langsung Jokowi, Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi menyatakan hal itu sudah jelas, sehingga tidak perlu ada penjelasan lain lagi.

"Yang jelas, jelas, sudah tidak perlu diperjelas lagi," kata Budi Arie usai deklarasi di Kertanegara Nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (14/10/2023).

Terkait pernyataan Jokowi agar relawan Projo bersabar dan tidak mendesak untuk menyebutkan capres dukungannya, menurut Budi, hal itu tidak perlu dijelaskan lagi. Arah dukungan Jokowi, kata Budi, sudah sangat jelas.

"Sabar gimana, itu sudah gong 8 kali. Gong 8 kali itu masa bukan sinyal sih," kata Budi.

Selain itu, Budi menyebut, Prabowo lah yang masuk kriteria capres Jokowi.

"Beliau sudah menyampaikan beberapa hal, termasuk kriteria calon lanjut beliau. Kami dari Projo menyimpulkan calon yang dimaksud adalah Bapak Prabowo," kata Budi Arie.

Budi memuji Prabowo sebagai prajurit sejati, hal itu yang membuat Projo mantap mendukung Prabowo pada pilpres 2024.

"Pak prabowo adalah patriot sejati, karena itulah kami Projo sepakat mendukung Bapak Prabowo Subianto sebagai calon presiden RI pada pilpres 2024 mendatang,” kata Budi.

Selanjutnya, Projo memberikan Prabowo buku Maklumat Projo dan juga memakaikan jaket Projo ke Prabowo.

Baca juga Yusril Ihza Mahendra Singgung Dinasti Politik dan Restu 'Pak Lurah'

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Usai Jokowi Pidato, Projo Gelar Deklarasi di Rumah Prabowo

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Rakernas Projo di Indonesia Arena, Sabtu (14/1/2023).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Rakernas Projo di Indonesia Arena, Sabtu (14/1/2023). (Foto: Delvira Hutabarat/Liputan6.com).

Sebelumnya, dalam pidato di Rakernas Projo, Jokowi kembali belum menyampaikan sikap politiknya untuk pilpres 2024. Jokowi justru meminta para relawannya untuk bersabar.

"Jadi siapa yang kita pilih, nanti, nanti sabar dulu. Sabar dulu toh. Sabar, sabar. Nanti akan tiba waktunya. Jadi masih sabar menunggu gak? Sabar, sabar, sabar. Jangan mendesak-desak untuk hari ini saya ngomong siapa," kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi enggan menyampaikan siapa yang dia dukung di pilpres 2024, sebab calon yang ia dukung pun belum berada di lokasi acara rakernas. "Karena juga orangnya enggak ada di sini," kata Jokowi.

Hingga pukul 15.15 WIB belum ada bacapres yang hadir di Rakernas Projo. Namun dipastikan dari tiga capres hanya Prabowo yang diundang dan menyatakan hadir. Namun hingga berita ini diturunkan, Prabowo belum juga tiba di lokasi.

Deklarasi Geser ke Rumah Prabowo

Ternyata, deklarasi digelar di kediaman Prabowo Subianto di Kertanegara Nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dari informasi yang beredar, Prabowo akan menerima rombongan Relawan Projo di kediamannya pukul 16.30 WIB.

"Prabowo Subianto akan menerima Rombongan Relawan Projo yang akan digelar Sabtu, 14 Oktober 2023 pukul 16.30 di Kertanegara Nomor 4 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan," tulisnya.

Budi Arie menjelaskan alasan deklarasi dilakukan di tempat terpisah dari Rakernas Projo.

"Oh enggak dipisah, cuma ini kan menghindari Pak Presiden. Pengumuman kita deklarasi Projo ini masih ada Pak Presiden, kalau sekarang kan udah enggak ada Pak Presiden," pungkasnya.

Baca juga Manuver Jokowi Bangun Dinasti Politik

Infografis Tudingan Politik Dinasti dan Klarifikasi Gibran Rakabuming. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Tudingan Politik Dinasti dan Klarifikasi Gibran Rakabuming. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya