Dokumen Ganjar-Mahfud Lengkap, Akan Jalani Tes Kesehatan pada Minggu 22 Oktober 2023

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengatakan, dokumen pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud Md yang mendaftarkan diri ke KPU RI dinyatakan lengkap.

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Okt 2023, 14:39 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2023, 14:39 WIB
Bakal calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud Md sebelum mendaftar di KPU. (Delvira Hutabarat).
Bakal calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud Md sebelum mendaftar di KPU. (Delvira Hutabarat).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengatakan, dokumen pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud Md yang mendaftarkan diri ke KPU RI dinyatakan lengkap. Pasangan capres-cawapres tersebut tiba di KPU sekira pukul 12.38 WIB.

"Sebagaimana bisa diketahui yang punya wewenang untuk mendaftarkan adalah parpol atau gabungan parpol dengan menyerahkan dokumen," kata Hasyim di KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023).

"Jadi ukurannya satu, sudah kami periksa untuk paslon yang mendaftar hari ini, kami nyatakan lengkap," sambungnya.

Setelah resmi mendaftar sebagai pasangan capres-cawapres, mereka akan menjalani tes kesehatan pada Minggu 22 Oktober 2023.

"Surat pengatar untuk pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, untuk pasangan calon Pak Ganjar dan Pak Mahfud, pada ahad 22 Oktober 2023 bertepatan dengan hari santri. Jadi jadwalnya sudah dijadwalkan," pungkasnya.

Sebelumnya, Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI Idham Holik mengatakan, dokumen pasangan Capres-Cawapres Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) telah lengkap.

Diketahui, mereka merupakan pasangan pertama yang mendaftarkan diri sebagai Capres-Cawapres ke KPU RI.

"Ketua KPU menyampaikan dalam pidato penerimaan pendaftaran bakal pasangan capres-cawapres bahwa dokumen persyaratan pendaftaran bakal paslon capres-cawapres Anies - Muhaimin yang didaftarkan oleh gabungan parpol Nasdem, PKB, dan PKS telah lengkap," ujar Idham kepada wartawan, Kamis (19/10/2023).

Setelah dinyatakan lengkap, keduanya pun akan menjalankan tes kesehatan yang akan dilakukan pada Sabtu 21 Oktober 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ganjar: Negara Ini Harus Anti Korupsi dan Layani Masyarakat

Ganjar Pranowo dan Mahfud Md mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) di Jakarta untuk mendaftarkan diri sebagai capres dan cawapres. (Liputan6.com/M Radityo Priyasmoro)
Ganjar Pranowo dan Mahfud Md mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) di Jakarta untuk mendaftarkan diri sebagai capres dan cawapres. (Liputan6.com/M Radityo Priyasmoro)

Bakal calon presiden Ganjar Pranowo mengatakan dirinya bersama Mahfud Md, berjanji akan membawa Indonesia menjadi lebih baik dan bersih, terlebih menyangkut isu antikorupsi. Hal itu disampaikan Ganjar dalam orasi sebelum berangkat menuju KPU RI.

"Negara ini harus berjalan dengan baik, negara ini harus berjalan dengan bersih, negara ini harus membawa dirinya untuk anti korupsi dan melayani masyarakat," kata Ganjar di Tugu Proklamasi, Kamis, (19/10/2023).

Selain itu, bersama Mahfud Md, Ganjar menyebut akan menciptakan iklim ekonomi yang baik dan adil, yang sama-sama menguntungkan para pengusaha dan para buruhnya.

"Ketika rakyat kita semuanya betul-betul mengharapkan buruh bekerja dengan keras, pengusaha harus membanting tulang agar survive dari keadaan ekonomi yang tidak mudah ini, itu adalah cerita tentang kita," kata Ganjar.

"Dan Insyallah, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya dan Pak Mahfud akan menjalankan tugas itu," tuturnya.

Dalam kesempatan itu pun, dia mengingatkan, bahwa dirinya maju sebagai Presiden, bukan semata-mata hanya untuk meraih kekuasaan. Untuk membuat Indonesia lebih baik, harus memikirkan bagaimana nasib bangsa dan rakyat ke depan.

"Kami berdua ingin menekankan, sekali lagi. Ini bukan tentang Ganjar, ini bukan tentang Mahfud Md, ini bukan cerita tentang kekuasaan, tapi cerita tentang nasib bangsa, nasib rakyat, cerita tentang anak-anak kita yang butuh perlindungan dan akses pendidikan yang baik, cerita tentang ibu-ibu dan kelompok perempuan yang harus mendapatkan tindakan khusus, cerita penyandang disabilitas yang harus mendapatkan kesataraan," kata Ganjar.


Akhirnya, Mahfud Daftar ke KPU Pakai Kemeja Putih saat Gagal Jadi Cawapres Jokowi

Ganjar Pranowo Bersama Mahfud MD Daftar KPU
Ganjar dan Mahfud tiba dengan didampingi langsung oleh masing-masing ketua umum partai pendukung, seperti PDIP, Hanura, Perindo dan PPP. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bakal calon presiden Ganjar Pranowo dan bakal calon wakil presiden Mahfud Md siang ini, Kamis, 19 Oktober 2023, mendaftar sebagai peserta pilpres 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sebelum menuju gedung KPU, Ganjar-Mahfud dan rombongan terlebih dulu berkumpul bersama para relawan serta pendukung di Tugu Proklamasi. Keduanya memberikan pernyataan di hadapan para pendukungnya. Ganjar mengenakan pakaian hitam, sementara Mahfud pakai kemeja putih bercelana hitam.

Usai Ganjar, kemudian giliran Mahfud Md menyampaikan statement. Mahfud mengisahkan soal sejarah Tugu Proklamasi dan makna dari proklamasi.

Namun, di akhir pernyataannya, Mahfud mengeluarkan joke yang bikin hadirin tertawa lepas. Mahfud menjelaskan perihal kemeja putih yang dikenakannya.

"Saudara sekalian. Akhirnya ingin saya sampaikan, keberangkatan saya pribadi, hari ini saya memakai baju putih yang lima tahun lalu saya siapkan untuk mendaftar ke KPU. Ini dulu tidak jadi dipakai meskipun sudah jadi," ujar Mahfud yang sontak membuat seluruh hadirin tertawa.

"Ini dulu tidak jadi dipakai meskipun sudah jadi. Tetapi ternyata ada pesan Tuhan di baju ini. Ditunda dulu untuk dipakai ke KPU dan hari ini dipakai untuk mendaftar," kata Mahfud yang kembali disambut tawa.

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md resmi menjadi cawapres pendamping Ganjar Pranowo.

Pengumuman resmi disampaikan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama seluruh ketua umum koalisi pendukung Ganjar di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 18 Oktober 2023.


Saling Sapa Pendukung Ganjar dan Anies di Depan Kantor KPU

Simpatisan dan relawan pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden penuhi kawasan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (19/10/2023) (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)
Simpatisan dan relawan pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden penuhi kawasan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (19/10/2023) (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Simpatisan dan relawan pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden penuhi kawasan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (19/10/2023). Mereka hadir untuk mengawal pasangan yang didukung mendaftarkan diri di KPU. Pantauan di lapangan, lautan manusia terlihat di sepanjang Jalan Imam Bonjol.

Sebagian dari mereka merupakan relawan dan simpatisan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dari berbagai wilayah di Indonesia. Mereka mengibar-ngibarkan bendera partai pengusung pasangan Koalisi Perubahan, yakni PKB, PKS dan Nasdem.

Suasana semakin meriah karena ada dua truk yang telah didesain menjadi panggung. Relawan dan simpatisan bernyanyi dan bergoyang menunggu kehadiran Anies-Cak Imin yang sedang berada di dalam gedung KPU.

Terpantau pada pukul 10:36 WIB, simpatisan Ganjar Pranowo-Mahfud Md mulai berdatangan. Relawan Anies-Cak Imin langsung menyambut kehadiran mereka semua. Dari atas panggung hiburan, relawan Anies-Cak Imin pun menyapa.

"Halo selamat datang relawan Ganjar-Mahfud, salam dari kami," kata seorang wanita dari atas panggung.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro meminta simpatisan Anies-Cak Imin meninggalkan lokasi. Mengingat sebentar lagi ada calon lain yang akan tiba ke lokasi.

"Mohon untuk para relawan Anies agar bergantian. Sebentar lagi ada pasangan lain yang juga ingin daftar ke KPU," ucap dia.

 

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya