Jubir TPN: Ganjar-Mahfud Bertekad Jaga Lingkungan Hidup Demi Generasi Mendatang

Jubir TPN Ganjar-Mahfud, Deddy Yevri Sitorus mengatakan, pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud Md memiliki komitmen dalam sektor lingkungan hidup demi menyelamatkan generasi mendatang jika terpilih pada Pilpres 2024.

oleh Devira PrastiwiFachrur Rozie diperbarui 12 Des 2023, 09:54 WIB
Diterbitkan 07 Nov 2023, 11:36 WIB
Jubir TPN Ganjar-Mahfud, Deddy Yevri Sitorus mengatakan, pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud Md memiliki komitmen dalam sektor lingkungan hidup demi menyelamatkan generasi mendatang jika terpilih pada Pilpres 2024.
Jubir TPN Ganjar-Mahfud, Deddy Yevri Sitorus mengatakan, pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud Md memiliki komitmen dalam sektor lingkungan hidup demi menyelamatkan generasi mendatang jika terpilih pada Pilpres 2024. [@ganjar_pranowo]

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Deddy Yevri Sitorus mengatakan, pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud Md memiliki komitmen dalam sektor lingkungan hidup demi menyelamatkan generasi mendatang jika terpilih pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

"Ganjar Pranowo dan Mahfud Md bertekad mendorong keadilan lingkungan dalam pengelolaan SDA (sumber daya alam) dan adil bagi generasi mendatang," ujar Jubir TPN Ganjar-Mahfud, Deddy dalam keterangannya, Selasa (7/11/2023).

Menurut dia, Ganjar-Mahfud bakal mempercepat penataan lingkungan yang adil dan lestari. Deddy menyadari masalah lingkungan hidup sudah mulai menjadi sorotan berbagai golongan, terutama anak-anak muda.

"Karena ini menyangkut masa depan. Tentu akan sangat baik jika mereka terlibat dan dilibatkan karena mereka punya kepedulian dan cara pandang yang baru," kata dia.

Demi menyelematkan generasi mendatang, Deddy menjelaskan, Ganjar-Mahfud sudah memiliki program soal lingkungan hidup yang tertuang dalam visi misi. Beberapa di antaranya adalah peningkatkan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

"Di sana, Ganjar-Mahfud, memiliki misi mengurangi emisi gas rumah kaca, harmoni hutan untuk keseimbangan, adaptasi dan mitigasi krisis iklim, penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG), dan kampung sadar iklim," terang Deddy.

Sedangkan untuk program ekonomi hijau, lanjut dia, pasangan yang diusung PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura itu akan fokus pada transisi energi, desa mandiri energi, limbah jadi berkah, dan ekonomi sirkuler.

 Ikuti berita Ganjar Mahfud di official website.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Program Ekonomi Baru

Mahfud MD Cawapres pendamping Ganjar Pranowo
Bakal capres Ganjar Pranowo dan bakal cawapresnya akan mendaftarkan diri sebagai paslon capres-cawapres, ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Kamis (19/10/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Adapun pada program ekonomi biru, Ganjar-Mahfud akan fokus pada tata kelola laut yang inklusif dan berkelanjutan, akselerasi 11 potensi maritim, penangkapan ikan terukur berbasis kuota dan zonasi.

Dari visi misi tersebut, Deddy berharap banyak anak muda yang mendukung pasangan Ganjar-Mahfud demi lingkungan hidup yang berkelanjutan.

"Mempercepat penataan lingkungan yang adil dan lestari," jelas Deddy.

 


Ganjar Tegaskan Dukung Optimalisasi Pelaksanaan UU soal Pondok Pesantren

Mahfud Md, Bakal Cawapres Ganjar Pranowo
Calon presiden Ganjar Pranowo bersama calon wakil presiden Mahmud Md, dan Putra Megawati yang juga Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: Dokumentasi PDIP).

Sebelumnya, calon presiden Ganjar Pranowo mendorong pemerintah daerah di seluruh Indonesia untuk segera merancang peraturan daerah (Perda) terkait dengan Pondok Pesantren (Ponpes).

Menurut Ganjar, hal ini merupakan langkah penting dalam rangka optimalisasi pelaksanaan Undang-Undang No 18 Tahun 2019 tentang Pondok Pesantren.

"Undang-Undang sudah ada, maka tinggal pelaksanaannya. Kita contohkan beberapa daerah membuat perda, maka kita dorong agar tiap daerah buat perda agar UU itu bisa dilaksanakan," tegas Ganjar saat bersilaturahmi di Pondok Pesantren Hidayatul Fadhola' Walisongo, Kab. Musi Banyuasin, Prov. Sumatera Selatan, Senin 6 November 2023.

Ganjar meyakini bahwa dengan sahnya UU ini, Ponpes dapat mengalami peningkatan yang signifikan. Oleh karena itu, pemerintah diharapkan segera menyusun pedoman teknis untuk pelaksanaan UU tersebut.

"Sudah diundangkan, maka segera dibuat petunjuk teknisnya. Ini pasti sudah ditunggu," tutur Ganjar.

 


Dorong Kemenag Beri Bimbingan ke Ponpes

Mahfud MD Cawapres pendamping Ganjar Pranowo
Mahfud Md juga dianggap memiliki pengalaman yang lengkap dan sebagai politikus trias politika atau yang pernah menduduki jabatan di eksekutif, legislatif dan yudikatif. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain itu, Ganjar juga mendorong Kementerian Agama untuk memberikan bimbingan dan pembinaan kepada Ponpes di seluruh Indonesia.

"Kemenag pasti ada pembinaan adminsitrasi dan standarisasi legalisasi dan sebagainya agar menjadi tempat pendidikan. Ponpes itu punya ciri khas khusus dan bisa menampung lebih banyak anak-anak kita sehingga bisa belajar sekolah umum dan mondok," paparnya.

Ganjar menambahkan, peran Ponpes harus berfokus pada fungsi pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan visi Undang-Undang tersebut.

Infografis Ragam Tanggapan Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya