Poltracking: Elektabilitas Prabowo 39,8 Persen, Ganjar 30,5 Persen, Anies 24,2 Persen

Poltracking Indonesia melakukan survei elektabilitas tiga bakal capres. Hasilnya, bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi.

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Nov 2023, 11:56 WIB
Diterbitkan 10 Nov 2023, 16:31 WIB
Tiga bakal calon presiden di Pemilu 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan kompak mengaku senang usai diundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) makan siang di Istana Kepresidenan, Senin, (30/10/2023).
Tiga bakal calon presiden di Pemilu 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan kompak mengaku senang usai diundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) makan siang di Istana Kepresidenan, Senin, (30/10/2023). (Muhammad Radityo).

Liputan6.com, Jakarta - Poltracking Indonesia melakukan survei elektabilitas tiga bakal calon presiden (capres). Hasilnya, bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi.

Pada simulasi tiga calon presiden, elektabilitas Prabowo mencapai 39,8 persen. Bakal Capres PDIP Ganjar Pranowo 30,5 persen, dan Anies Baswedan 24,2 persen. Sementara, responden yang tidak menjawab atau tidak tahu 4,5 persen.

"Prabowo Subianto 39,8 persen, Ganjar Pranowo 30,5 persen, Anies Baswedan 25,2 persen," jelas Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda saat paparan survei secara daring, Jumat (10/11/2023).

Ketika menggunakan simulasi surat suara, hasilnya menunjukkan responden yang tidak tahu atau tidak menjawab mengecil, yaitu 1,6 persen. Perolehan suara Prabowo mencapai 41,7 persen, Ganjar Pranowo 31 persen, dan Anies Baswedan 25,7 persen.

Apabila melihat dari tren elektabilitas, Prabowo dan Anies Baswedan meningkat. Sementara, Ganjar Pranowo menurun.

Prabowo konsisten naik pada satu tahun terakhir. Dalam dua survei terakhir kenaikannya 2,8 persen. Dari 38,9 persen pada September 2023 menjadi 41,7 persen.

Sedangkan, kenaikan Anies Baswedan sampai 5,8 persen. Dari 19,9 persen pada September 2023 menjadi 25,7 persen pada November 2023.

"Kenaikan Anies Baswedan cukup tajam, terakhir kenaikannya hampir 6 persen," jelas Hanta.

Sementara, Ganjar Pranowo menurun pada dua survei terakhir. Dari 37 persen pada September 2023 menjadi 31 persen pada November 2023. "Pak Ganjar agak fluktuasi tapi dua bulan terakhir ada penurunan, turun sekitar 6 persen," jelas Hanta.

Poltracking menggelar survei tatap muka pada 29 Oktober-3 November 2023. Survei menggunakan metode pengambilan sampel multistage random sampling dengan jumlah 1.220 responden. Survei memiliki margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

 


Poltracking: Prabowo-Gibran 40,2 Persen, Ganjar-Mahfud 30 Persen, Anies-Cak Imin 24,4 Persen

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka
Bakal calon presiden Prabowo Subianto (kanan) dan bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka (kiri) saat menyerahkan syarat pencalonan menjadi presiden dan wakil presiden di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu (25/10/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Hasil survei Poltracking Indonesia menunjukkan pasangan bakal capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul. Prabowo-Gibran memiliki elektabilitas mencapai 40,2 persen. Hal tersebut tercatat dalam hasil survei tatap muka yang dilakukan pada 28 Oktober-3 November 2023.

"Prabowo-Gibran 40,2 persen," jelas Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda saat paparan survei secara daring, Jumat (10/11/2023).

Sementara, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md berada di urutan kedua dengan angka 30,1 persen. Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar memiliki elektabilitas 24,4 persen.

"Ganjar-Mahfud 30,1 persen, Anies-Muhaimin 24,4 persen," jelas Hanta.

Terlihat terjadi jarak yang jauh antara pasangan Prabowo-Gibran dengan Ganjar-Mahfud. "Margin antara Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud agak merenggang, menjauh sedikit," jelas Hanta.

Sementara, Ganjar-Mahfud mulai ditempel oleh Anies-Cak Imin. Bila diterapkan margin of error, pasangan Anies-Cak Imin bisa menempel Ganjar Mahfud.

"Di saat yang sama Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin mendekat jaraknya. "Kalau kita gunakan margin of error 2,9, Ganjar dan Anies ini bisa bertemu," papar Hanta.

 


Pemilih Loyal Jokowi Diprediksi Pilih Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi makan siang bersama dengan bakal capres Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto di Istana, Senin (30/10/2023).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi makan siang bersama dengan bakal capres Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto di Istana, Senin (30/10/2023). (Liputan6.com/ Muhammad Radityo Priyasmoro)

Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dipastikan mendapatkan dukungan dari para pemilih loyalis Jokowi. Prabowo-Gibran diyakini oleh para pemilih loyal Jokowi itu mampu wujudkan Indonesia Emas 2045.

"Jadi dipandang sebagai tokoh yang representatif konsolidasi Prabowo-Jokowi, arus pemilih Jokowi yang loyal dan lintas partai akan semakin deras mengalir ke paslon ini,” kata Direktur Eksekutif Lembaga dan Analisa Kebijakan Publik (Lanskap) Mochammad Thoha, dalam keterangannya, Kamis (9/11/2023).

Prabowo-Gibran diyakini akan melanjutkan program pro rakyat Presiden Jokowi di kepemimpinan berikutnya. Prabowo-Gibran beberapa waktu lalu sudah mengungkapkan beberapa program prioritas yang akan dijalaninya jika terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode selanjutnya.

Prabowo-Gibran bertekad untuk menghapuskan sepenuhnya kemiskinan ekstrem dalam waktu dua tahun setelah menjabat. Tak hanya itu, mereka juga akan berkomitmen sepenuhnya untuk mencapai swasembada pangan, energi hingga air.

Kemudian, Prabowo-Gibran dipastikan akan mengakselerasi keberlanjutan dari hilirisasi serta industrialisasi sumber daya alam termasuk di dalam bidang kelautan. Lalu, pasangan senior-junior itu juga bersikukuh untuk menghentikan pembangkit listrik tenaga batu bara, mempercepat dekarbonisasi untuk target emisi 0 bersih. 

 

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya