Anies-Cak Imin Kampanye di Jakarta dan Banten pada Hari Ini, Rabu 27 Desember 2023

Setelah kampanye dengan Anies, Cak Imin dijadwalkan melakukan silaturahim Relawan AMIN se-Banten yang bertempat di Hall Islamic Village Karawaci Jl. Raya Qodr No 12, Kelapa Dua, Tangerang.

oleh Mevi Linawati diperbarui 27 Des 2023, 07:47 WIB
Diterbitkan 27 Des 2023, 07:46 WIB
Anies-Cak Imin
Pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menghadiri debat Pilpres 2024 di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden RI Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dijadwalkan akan berkampanye di DKI Jakarta dan Provinsi Banten, pada Rabu (27/12/2023) atau hari ke-30 masa kampanye Pilpres 2024.

Berdasarkan jadwal resmi dari Kedeputian Media dan Komunikasi Timnas AMIN yang diterima di Jakarta, Selasa mama 26 Desember 2023, pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 itu dijadwalkan menghadiri acara deklarasi Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (KB HMI).

Deklarasi tersebut bertempat di Swasana Lippo Kuningan, Jl. HR Rasuna Said Kav B12, Jakarta Selatan, sekitar jam 10.30 WIB. Demikian dilansir dari Antara.

Setelah acara tersebut mantan Gubenur DKI Jakarta periode 2017-2022 dan Menteri Pendidikan Indonesia itu tidak ada jadwal kampanye tambahan.

Sehari sebelumnya, Anies kampanye di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, di sana ia berjumpa dengan simpatisan dan juga masyarakat yang berada di Pasar Flamboyan, untuk berdiskusi. Selain itu juga mengunjungi beberapa tempat lainnya.

Cawapres Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin pada hari yang sama, setelah bersama Anies menghadiri deklarasi pada sekitar jam 13.30 WIB dijadwalkan melanjutkan kampanyenya dengan silaturahim Relawan AMIN se-Banten yang bertempat di Hall Islamic Village Karawaci Jl. Raya Qodr No 12, Kelapa Dua, Tangerang.

Setelah menghadiri silaturahmi sekitar jam 16.00 WIB, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dijadwalkan akan meresmikan Markas KAM1 di Stadion Mini Sukamulya Merak, Tangerang, Banten. Acara tersebut merupakan penutup kampanye hari ke-30 paslon nomor urut 1.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kampanye di Pontianak, Anies Dengar Curhatan Pedagang Ayam Sepi Pembeli karena Harga Melejit

Calon Presiden (Capres) nomor urut satu, Anies Baswedan melanjutkan kampanye di Kalimantan Barat dengan menyambangi Pasar Flamboyan. Di sana Anies menyerap aspirasi para pedagang. (Tim Dokumentasi AMIN)
Calon Presiden (Capres) nomor urut satu, Anies Baswedan melanjutkan kampanye di Kalimantan Barat dengan menyambangi Pasar Flamboyan. Di sana Anies menyerap aspirasi para pedagang. (Tim Dokumentasi AMIN)

Capres nomor urut satu, Anies Baswedan, melanjutkan kampanye di Kalimantan Barat dengan menyambangi Pasar Flamboyan. Di sana Anies menyerap aspirasi para pedagang.

Anies mendengar keluhan dari pedagang yang menjual kebutuhan pokok seperti penjual daging ayam, cabe, hingga beras yang menginginkan perubahan. Salah satu pedagang, menyampaikan soal mahalnya harga daging ayam. 

"Saya ngobrol dengan pedagang daging ayam, yang menceritakan tentang jatuhnya penjualan yang sangat signifikan karena harga yang menanjak tinggi dan itu rata disampaikan," kata Anies di Pasar Flamboyan, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (26/12/2023).

Anies menyatakan, keadaan serupa juga ia temukan di hampir semua pasar yang telah dia sambangi selama kampanye. Pedagang mengeluhkan tentang harga yang naik signifikan, namun daya beli masyarakat cenderung rendah.

"Ini juga yang saya temukan di berbagai kota ketika datang ke pasar hampir selalu keluhannya sama mahal dan daya beli rakyat rendah. Jadi pasar lesu," ujar Anies.

Oleh sebab itu, Anies menyebut bersama Cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin) memiliki program untuk meningkatkan daya beli masyarakat apabila menjadi presiden terpilih di 2024. Sehingga, kata dia diharapkan pertumbuhan ekonomi merata.

"Ini yang jadi program kita, kita akan meningkatkan daya beli beli masyarakat, meningkatkan pertumbuhan perekonomian dan pemerataan sehingga yang di masyarakat ekonomi rendah merasakan pertumbuhan juga," terangnya.

Selain itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga bertekad melakukan perbaikan tata niaga di tanah air. Hal tersebut, sebagai upaya Anies-Cak Imin untuk memastikan kebutuhan pokok yang ada di pasar memiliki harga yang sesuai.

"Jangan sampai di pasar harganya mahal kita menemukan dari petani, peternak, nelayan harganya murah begitu sampai ke pasar kayaknya menjadi tinggi, ini yang akan kita koreksi," kata dia.


Anies-Muhaimin Dapat Dukungan Ulama Jateng dan Jatim

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin
Dari atas land rover itu, Anies-Cak Imin menyapa para pendukung sambil tersenyum dan melambaikan tangan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ulama se-Jawa Tengah dan Jawa Timur memberikan dukungan untuk pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden nomor urut satu Anies Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Dukungan tersebut tertuang dalam acara bertajuk "Risalah Sarang, Halaqah Kebangsaan dan Ijtima Ulama Jawa Tengah-Jawa Timur untuk Perubahan Indonesia".

Kegiatan itu berlangsung di Pondok Pesantren Ma'hadul 'Ulum Asy-Syar'iyyah, Sarang, Rembang, Senin (25/12/2023).

Dalam Risalah Sarang para ulama se-Jateng dan Jatim membuat kesepakatan (ijtima ulama) untuk mendukung dan menyampaikan rekomendasi kepada pasangan Anies-Cak Imin (AMIN).

Risalah yang dibacakan KH Said Abdurrochim itu memuat beberapa poin. Di antaranya, pasangan Anies-Cak Imin harus senantiasa mempertimbangkan pendapat dan pandangan ulama dalam menyusun kebijakan strategis dan menyelesaikan masalah yang menyangkut kemaslahatan kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Menerapkan kepemimpinan dwi tunggal antara presiden dan wakil presiden secara konsisten dalam memimpin negara dan menjalankan pemerintahan demi terjaga kekompakan kepemimpinan nasional sebagai wujud kepemimpian gerakan," kata KH Said Abdurrochim membacakan butir kedua dalam risalah tersebut.

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya