3.041 Personel Gabungan Amankan Debat Capres Hari Ini 7 Januari 2024

Sebanyak 3.041 personel gabungan dikerahkan untuk mengawal debat ketiga pilpers 2024 di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024).

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 07 Jan 2024, 08:25 WIB
Diterbitkan 07 Jan 2024, 08:24 WIB
Banner Infografis Debat Perdana Capres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Debat Capres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 3.041 personel gabungan dikerahkan untuk mengawal debat ketiga pilpers 2024 di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024).

"Untuk pengamanan kita kerahkan 3.041 personel gabungan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri sekaligus Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan tertulis, Minggu (7/1/2024).

Trunoyudo merinci, 3.041 personel gabungan terdiri dari 2.877 personel Polri, 120 personel TNI dan 94 personel Pemda DKI Jakarta.

"Pengamanan personel gabungan Polri, TNI dan Pemerintah Provinsi DKI, sesuai dinamika hakekat tugas fungsi sasaran pengamanan kegiatan debat capres-cawapres ketiga melalui satgas preemtif, preventif, humas dan bantuan operasi," tutur Trunoyudo.

Trunoyudo menerangkan dari 12 pintu akses di kawasan GBK, beberapa di antaranya juga akan dilakukan penutupan sebagai bagian dari pengamanan. Pintu akses yang ditutup yakni pintu 1, 2, 3, 4, 6, 9, 11, dan 12. Sedangkan untuk pintu 5 dan 8 hanya digunakan untuk akses keluar.

"Sedangkan untuk pintu 7 dan 10 digunakan untuk pintu akses masuk dan keluar," ucap dia.

Lebih lanjut, Trunoyudo menuturkan Ditlantas Polda Metro Jaya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan GBK. Namun, penerapan rekayasa lalu lintas ini bersifat situasional, tergantung pada kondisi dan situasi di lapangan.

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:

1. Arus lalu lintas yang dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke Jalan Gatot Subroto arah Slipi

2. Arus lalu lintas dari arah Jalan Asia Afrika diarahkan lurus ke arah Jalan Hang Tuah Raya

3. Arus lalu lintas yang dari Bundaran Senayan yang akan menuju ke Jalan Pintu Senayan diarahkan lurus ke Jalan Jenderal Sudirman

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


KPU Pastikan Kesiapan Debat Capres di Istora Senayan Minggu 7 Januari 2024

Logistik Pemilu KPU
Jajaran Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) (dari kiri); Mochammad Afifuddin, August Mellaz, Hasyim Asy’ari (ketua), Yulianto Sudrajat, dan Idham Holik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI merilis kesiapan terkait penyelenggaraan debat calon presiden (capres) pada Minggu, 7 Januari 2024. Adapun tempat yang dipilih adalah Istora Senayan, Jakarta.

Komisioner KPU August Mellaz menyampaikan, pelaksaan debat capres akan bekerja sama dengan media penyelenggara yakni MNC Group ditambah dengan Garuda TV.

"Sebagaimana pelaksaan debat kedua kemarin kami sudah melakukan evaluasi dan koordinasi, baik KPU dengan tim paslon dan KPU dengan media penyelenggara," ujar August di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024).

August menyatakan, KPU telah menyiapkan dua moderator dalam debat capres ketiga yaitu Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki yang merupakan jurnalis dari MNC Group. Sementara ada 11 panelis yang telah dipastikan terlibat.

"Kami juga sudah mendapatkan konfirmasi dan kesediaan 11 panelis yang mendapatkan tugas menyusun pertanyaan. Mulai malam ini akan dilakukan karantina di tempat di Jakarta," jelas dia.

Lebih lanjut, kata August, format debat pilpres 2024 termasuk alur dan durasi tidak berubah sebagaimana yang telah dilakuan sebelumnya. Kali ini, capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo akan menjadi yang pertama dalam memulai pada segmen satu.

"Dimulai oleh calon presiden nomor urut tiga," August menandaskan.


KPU Larang Capres Pakai Pertanyaan Singkatan Tanpa Penjelasan saat Debat

Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Gibran Rakabuming di arena debat cawapres perdana di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: Tangkapan layar dari Youtube KPU).
Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Gibran Rakabuming di arena debat cawapres perdana di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: Tangkapan layar dari Youtube KPU).

KPU juga menertibkan penggunaan singkatan dan istilah tidak umum dalam pertanyaan yang diajukan di debat capres pada Minggu, 7 Januari 2024 nanti. Hal itu demi menghindari polemik berkelanjutan di masyarakat.

"Supaya kemudian tidak menimbulkan problematik karena ada singkatan yang mungkin orang tidak familiar dengan singkatan itu, tentu kami menyampaikan kepada masing-masing tim pasangan calon supaya calon yang akan berdebat, apakah capres atau cawapres itu menyampaikan kepanjangan kalau ada singkatan, ya," ujar Ketua KPU Hasyim Asyari di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024).

Termasuk juga penggunaan istilah yang secara awam atau umum belum populer atau tidak terlalu familiar, maka capres terkait harus menjelaskan maksud dari pertanyaan tersebut.

"Supaya debatnya efektif, langsung to the point tentang substansi yang dipertanyakan. Jadi tidak lagi katakan lah menambah pertanyaan yang itu singkatan dari apa, atau apa itu maksudnya. Sehingga mengajukan pertanyaan diharapkan secara clear, jelas, mudah dipahami oleh mitra debat yang ditanya," jelas dia.

Larangan penggunaan singkatan atau istilah tidak umum tanpa penjelasan itu pun merupakan hasil dari evaluasi pada debat cawapres sebelumnya.

"Sudah disampaikan kepada semua tim paslon," Hasyim menandaskan.


KPU Perluas Tema Debat Ketiga Pilpres 2024 Menjadi 6 Subtema

Debat Perdana Capres Pilpres 2024
Tiga Calon Presiden, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan (kiri ke kanan) mengangkat tangan usai debat perdana Pilpres 2024 di halaman Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

KPU memperluas tema debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang akan digelar di Istora Senayan, Jakarta pada Minggu, 2 Januari 2024.

Semula tema debat capres ini adalah pertahanan, keamanan, geo politik, dan hubungan internasional, KPU kemudian melakukan expand atau perluasan tema debat sehingga totalnya nanti menjadi 6 subtema.

Hal ini berdasarkan hasil rapat finalisasi penyelenggaraan debat pilpres 2024 yang digelar KPU pada Rabu (3/1/2024) malam di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

"Kemarin kan posisinya 4 tema. Nah pertahanan dan keamanan tetap jadi tema tersendiri. Kemudian hubungan internasional kami expand dengan globalisasi, kemudian geopolitik sebagai isu tersendiri itu kami expand dengan politik luar negeri. Jadi ada 6 subtema yang nanti dibahas dalam debat ketiga pada tanggal 7 Januari 2024," kata Komisioner KPU RI August Mellaz.

Dia menungkapkan alasan bahwa expand tema debat dilakukan karena untuk menyesuaikan dengan enam segmen debat. Artinya, pada setiap segmen akan mencakup keseluruhan dari tema debat.

"Kita alurnya enam pertanyaan, biar tidak mengubah alur, jadi format alur segmen debat pembagiannya sama," ujar August.

Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya