Datangi Ponpes yang Sama dengan Cak Imin, Ganjar: Enggak Janjian

Calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo berziarah ke makam KH Bisri Syansuri di Jombang, Jawa Timur. Di hari yang sama, Paslon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar juga mendatangi haul KH Bisri Syansuri atau Mbah Bisri.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 13 Jan 2024, 15:39 WIB
Diterbitkan 13 Jan 2024, 07:45 WIB
Calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Ma’hadut Tholabah, Tegal, Jawa Tengah
Calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo saat mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Ma’hadut Tholabah, Tegal, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Liputan6.com, Jakarta - Calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo berziarah ke makam KH Bisri Syansuri di Jombang, Jawa Timur. Di hari yang sama, Paslon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar juga mendatangi haul KH Bisri Syansuri atau Mbah Bisri. KH Bisri Syansuri merupakan seorang salah satu tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU), yang juga kakek buyut dari Cak Imin.

Ditanya soal kesamaan hari kedatangan dirinya dan paslon AMIN, Ganjar mengaku tidak janjian dengan  kubu AMIN untuk datang di hari yang sama.

"Nggak (janjian), justru saya sebenarnya mau datang agendanya malam. Mau ziarahnya malam," kata Ganjar di Jombang, Jumat (12/1/2024) malam.

Namun, lantaran malam hari ia sudah memiliki agenda lain maka Ganjar batal ke acara haul. Padahal, Dia mengaku senang jika dapat bertemu dengan Cak Imin.

"Saya sebenarnya umpama Cak Imin datang lebih dulu senang saya bisa ketemu. Teman saya," ujarnya.

Sementara itu, saat ditanya soal isu adanya komunikasi kubu 01 dan 03, Ganjar menyebutkan dirinya dengan Cak Imin, serta Anies Baswedan dan Mahfud Md merupakan sama-sama alumni UGM, sehingga dalam berbagai kesempatan sudah terbiasa berkomunikasi.

"Jadi kalau teman-teman yang kuliah di UGM di Yogyakarta itu pasti sudah tau style kita seperti apa. 'Oh ini lagi serius, bercanda, ini kode-kode', gitu biasa," tuturnya.

"Jadi nggak apa-apa. Ya kalau penjajakan-penjajakan boleh," sambunya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ganjar Ziarah ke Makam KH. M. Bishri Syansuri

Ganjar Pranowo Ziarah di Makam KH Bisri Syansuri di Ponpes Denanyar Jombang
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo berziarah ke makam KH Bisri Syansuri di Ponpes Mamba'ul Ma'arif, Denanyar, Jombang, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024). Di hari yang sama, pasangan capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin juga dijadwalkan berkunjung ke Ponpes Denanyar, Jombang. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Sebelumnya, Cak Imin dijadwalkan ke haul Mbah Bisri pukul 19.00 WIB. Cak Imin mengaku tak tahu kalau Ganjar berziarah ke makam kakek buyutnya.

"Belum tahu saya (Ganjar ziarah ke makam KH Bisri), tapi ke Jombang dia (Ganjar)?," ujar Cak Imin kepada wartawan di Gedung Juang 45, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024).

Sementara, Ganjar berziarah ke makam KH Bisri Syansuri di Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif, Jombang, Jawa Timur, pada Jumat (12/1/2024) sore

Ganjar didampingi oleh Yenny Wahid dan tiba sekitar pukul 16.20 WIB. Mengenakan baju koko putih dan peci hitam, kedatangan Ganjar disambut antusias para santri yang hendak bersalaman dan berfoto.

Sementara itu, Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Gus Imin) akan bertemu hari ini di Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar di Jombang, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024).


Keduanya Dijadwalkan Hadir di Acara Haul KH. M. Bishri Syansuri

Mereka dijadwalkan hadir dalam acara Haul KH. M. Bishri Syansuri ke-45, Nyai Hj. Nur Khodijah Hasbullah ke-71, serta peringatan Harlah Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar ke-109.

Kehadiran kedua tokoh ini akan semakin ramai dengan informasi kehadiran calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo.

Namun Ganjar dan AMIN tidak sempat bertemu, lantaran Ganjar hadir bukan untuk ada di acara Haul, melainkan berziarah ke makam ke Mbah Bisri di Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Kendati demikian, lokasi haul dan makam masih berada dalam satu kompleks yang sama.

Infografis Pesan Khusus Megawati Soekarnoputri untuk Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pesan Khusus Megawati Soekarnoputri untuk Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya