KPK Undang Capres Cawapres soal Penguatan Anti Korupsi Hari Ini, Rabu 17 Januari 2024

KPK mengundang para capres dan cawapres peserta Pemilu 2024 terkait dengan Penguatan Anti Korupsi bagi Penyelenggara Negara ber-Integritas (PAKU Integritas).

oleh Tim News diperbarui 17 Jan 2024, 10:38 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2024, 10:37 WIB
pengundian nomor urut capres-cawapres Pemilu 2024
Pasangan capres-cawapres Pemilu 2024, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md (kiri ke kanan) berpose usai pengundian nomor urut di halaman gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (14/11/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengundang para calon presiden dan calon wakil presiden (capres dan cawapres) peserta Pemilu 2024 mengikuti kegiatan Penguatan Anti Korupsi bagi Penyelenggara Negara ber-Integritas (PAKU Integritas).

Ketua Sementara KPK Nawawi Pomalongo menjelaskan, format PAKU Integritas tidak seperti forum debat dan program seperti yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Melainkan masing-masing pasangan capres-cawapres akan dihadapkan pada pertanyaan seputar permasalahan korupsi dan hambatannya.

"Formatnya tidak dalam bentuk debat tadi, soal sebutan yang teman sebutkan tadi bahwa saya pernah berujar debat kusir itu cuma kelepasan saja," ungkap Nawawi, Rabu (17/1/2024).

"Jadi tidak ada, format seperti debat itu, kami pastikan itu tidak ada. Kemudian, bukan juga adu program, nggak, forum itu kita maksud kan lembaga ingin menyampaikan kepada calon, problem apa saja, hambatan apa saja yang kita temukan dalam upaya pemberantasan korupsi," sambungnya.

Selanjutnya, untuk beberapa pertanyaan akan disodorkan dari pimpinan KPK perihal komitmen capres bila terpilih sebagai Presiden 2024.

"Apakah kelak kemudian kalau satu di antara mereka terpilih, komitmen untuk menyelesaikan persoalan yang kami sebutkan tadi. Mungkin ada 6 sampai 10 persoalan yang akan diangkat, tetapi barangkali forum ini saya nyebut satu saja gitu barangkali," kata Nawawi.

Dia menambahkan, kegiatan dialog PAKU Integritas yang mengundang capres-cawapres peserta Pilpres 2024 telah mendapatkan persetujuan dari KPU.

"Kita sudah mendapatkan semacam restu lah dari penyelenggara pemilu yaitu KPU untuk menyelenggarakan kegiatan itu karena ketiga pasangan ini, memang ada domain kekuasaan KPU. Kalau KPU bilang tidak boleh, ya tidak boleh, kita tidak bisa jalani. Kita sudah mendapatkan lampu hijau bahwa itu bisa dilaksanakan," tegas Nawawi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ganjar Pranowo Siap Hadiri Undangan KPK Soal Penguatan Anti-Korupsi

pengundian nomor urut capres-cawapres Pemilu 2024
Ganjar Pranowo dan Mahfud Md diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo memastikan siap menghadiri undangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu 17 Januari 2024. Undangan berkaitan dengan Penguatan Anti Korupsi bagi Penyelenggara Negara ber-Integritas (Paku Integritas) para capres-cawapres 2024.

Meski mengaku belum menerima undangan tersebut, Ganjar menyatakan siap hadir.

"Saya belum dapat undangan. Ini sudah sering ditanyakan, dan saya insyaallah datang," ujar Ganjar di Jawa Tengah, Senin (15/1/2024).

KPK akan mengundang perwakilan dari tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pemilu 2024 untuk melihat konsentrasi mereka dalam pemberantasan tindak pidana korupsi. Rencananya acara itu akan diadakan pada 17 Januari 2024.

"Benar, kami mengundang perwakilan dari ketiga pasangan untuk rapat di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, pukul 14.00 WIB," ujar Juru Bicara KPK bidang pencegahan Ipi Maryati saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, 10 Januari 2024.

Ipi menerangkan rapat tersebut akan membahas beberapa hal mengenai persiapan Paku Integritas yang akan diikuti oleh ketiga pasangan calon peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Rapat terkait persiapan kegiatan penguatan antikorupsi atau yang dikenal dengan Paku Integritas, khusus bagi capres dan cawapres, yang kami agendakan pada pekan depan, 17 Januari 2024," jelas Ipi.

 

 

 


KPU: Debat Keempat Pilpres 2024 Digelar di JCC Senayan

Ekspresi Para Calon Wakil Presiden pada Debat Pemilu 2024
Para calon wakil presiden pada Pemilu 2024 memaparkan visi misi dalam debat kedua Cawapres 2024 di Jakarta Convetion Center, Jumat (22/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan lokasi debat sesi keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Debat Pilpres untuk kandidat calon wakil presiden (Cawapres) nantinya akan kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan pada Minggu 21 Januari 2024.

Keputusan ini diambil setelah KPU melakukan rapat koordinasi dengan masing-masing tim pasangan capres-cawapres 2024.

"Yang jelas debat keempat yang dilaksanakan pada 21 Januari akan dilaksanakan di JCC. Jadi kalau lihat pengalamannya di JCC, selain karena avalailability tersedia," kata Komisioner KPU RI August Mellaz kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (15/1/2024).

"Kemudian secara teknis juga bisa sangat membantu tim penyelenggara debat, dan juga tim paslon sangat familiar dengan tempat itu," sambungnya.

Sementara terkait dengan moderator, tema, hingga panelis dalam debat cawapres nanti, masih akan dilakukan rapat koordinasi lanjutan pada Rabu, 17 Januari 2024.

"Nah nanti kami rencakan hari Rabu akan bertemu dan itu dalam rangka finalisasi proses semua," ujarnya.

"Jadi nanti Hari Rabu kami akan umumkan sebagaimana kebiasaan yang kami lakukan dalam rangka pelaksanaan debat. Mulai dari moderator, panelis, tema, segala macam," tambahnya.

 

 

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya