Prabowo Janjikan 20 Ribu Beasiswa Siswa SMA ke Luar Negeri, Bangun 300 Fakultas Kedokteran

Prabowo menyinggung mengenai pengembangan Rumah Sakit di Indonesia termasuk diantaranya adalah RS Modern di setiap Kabupaten atau Kota.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 04 Feb 2024, 20:20 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2024, 20:19 WIB
Calon Presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto saat membacakan visi misi di debat Pilpres 2024 terakhir yang digelar Minggu (4/2/2024) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.
Calon Presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto saat membacakan visi misi di debat Pilpres 2024 terakhir yang digelar Minggu (4/2/2024) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat. (Tangkapan Layar YouTube KPU RI)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) RI nomor urut 02, Prabowo Subianto berjanji untuk memberikan beasiswa kepada sebanyak 20.000-an siswa SMA ke luar negeri.

10 ribu diantaranya akan belajar mengenai kedokteran dan 10 ribuan lainnya untuk belajar science teknologi, engineering dan matematika, biologi serta fisika. 

Inti dari strategi itu diklaim untuk meningkatkan kemakmuran bangsa Indonesia, terutama, kata Prabowo, memperbaiki kualitas hidup manusia Indonesia.

"Selama sekolah sampai dari usia dini sampai dewasa. Ini akan mengatasi angka kematian ibu waktu lahir, ini akan mengatasi kurang gizi, anak stunting, ini akan menghilangkan kemiskinan ekstrem. Ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita, minimal sekitar satu setengah sampai 2%," ungkap Prabowo dalam Debat calon presiden kelima, di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024).

Dalam hal ini, Prabowo mengungkapkan saat ini Indonesia kekurangan Dokter. Dalam catatan Prabowo, Indonesia kekurangan dokter sekitar 140.000.  

Oleh karena itu, Prabowo bernaji akan banyak membangun rumah sakit modern di tiap kabupaten dan kota. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bangun 300 Fakultas Kedokteran Baru

Calon Presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo saat debat Pilpres 2024 terakhir yang digelar Minggu (4/2/2024) di JCC.
Calon Presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo saat debat Pilpres 2024 terakhir yang digelar Minggu (4/2/2024) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat. (Tangkapan Layar YouTube KPU RI)

Tak hanya RS Modern, Prabowo dalam visi-misnya juga membangun Puskesmas Modern di setiap desa di seluruh Indonesia. Dengan begitu, kata Prabowo, pihaknya akan segera mempercepat kekurangan dokter di Indonesia.

"Kita kekurangan sekitar 140 ribu dokter dan itu akan segera kita atasi dengan cara kita akan menambah fakultas kedokteran di Indonesia," ungkap Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra ini menambahkan, bahwa ia juga akan menambah 300 fakultas kedokteran di Indonesia dari yang saat ini hanya 92 fakultas.

"Kita juga akan akan mengirim 10 ribu anak-anak pintar lulusan SMA kita akan beri beasiswa ke luar negeri untuk belajar kedokteran, dan 10 ribu lagi untuk belajar science teknologi, engineering dan matematika, biologi serta fisika, ungkap Prabowo.

Infografis Survei Indikator Politik - Liputan6 SCTV Elektabilitas Anies, Prabowo, Ganjar
Infografis Survei Indikator Politik - Liputan6 SCTV Elektabilitas Anies, Prabowo, Ganjar (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya