Potret AHY Ikut Turunkan APK Demokrat di Momen Masa Tenang Pemilu 2024

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) turun langsung memimpin para relawan dan kader untuk menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK) Partai Demokrat memasuki masa tenang Pemilu 2024.

oleh Tim News diperbarui 11 Feb 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 11 Feb 2024, 13:00 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) turun langsung memimpin para relawan dan kader untuk menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK) Partai Demokrat memasuki masa tenang Pemilu 2024. (Foto: Dokumentasi Demokrat).

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) turun langsung memimpin para relawan dan kader untuk menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK) Partai Demokrat memasuki masa tenang Pemilu 2024.

Aksi itu dilakukan AHY dengan menurunkan sejumlah APK yang terpasang di ruas Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Sabtu 10 Januari 2024 malam.

“Saya punya prinsip bahwa sesuatu itu sangat ditentukan oleh kepemimpinan, jadi salah satu bentuk kepemimpinan yang paling sederhana adalah memberikan contoh, artinya melakukan sendiri,” kata AHY dalam keterangannya, Minggu (11/2/2024).

Dia menjelaskan aksinya turun langsung menurunkan APK Partai Demokrat, diharapkan bisa menjadi contoh kepada seluruh kader dan relawan untuk tertib mengikuti segala masa tahapan pemilu sesuai aturan.

“Termasuk menginspirasi yang lainnya. Kalau hanya sekedar instruksi rasanya belum bisa secara utuh menunjukkan kepada seluruh kader pentingnya upaya ini,” tegas AHY. 

“Karena sekali lagi ini menjadi bagian dari kedewasan kita berpolitik, dalam pemilu ada aturan yang perlu kita patuhi bersama dan masyarakat juga akan senang kalau partai-partai politiknya, para politisnya juga bukan hanya pandai berbicara tapi juga bisa menjadi contoh yang baik,” sambungnya.

AHY juga menekankan kepada semua kadernya agar melakukan hal yang serupa di seluruh Indonesia, karena sesuai dengan aturan, mulai tanggal 11 Februari 2024 semua daerah sudah harus bersih dari APK. 

“Kita mulai dari malam hari ini, sekarang masih tanggal 10 Februari, pukul 23.50 WIB. Ini adalah hari dan tanggal terakhir kampanye dan besok sudah masuk hari tenang menjelang tanggal 14 Februari,” ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penertiban Semua Pihak

Oleh sebab itu, AHY mengimbau agar penertiban kembali APK dilakukan oleh semua pihak, termasuk partai politik maupun caleg.

Sebagai upaya menjaga kondusifitas dalam Pemilu, jelang hari pencoblosan 14 Februari nanti.

“Kita ingin ikut bertanggung jawab di situ, bukan hanya di Jakarta, tapi juga di seluruh daerah di Tanah Air. Jadi mudah-mudahan ini menjadi momentum yang baik. Saya juga menginstruksikan ini kepada seluruh struktur partai, seluruh kader, dan seluruh caleg Partai Demokrat se-Indonesia,” kata AHY.

“Mudah-mudahan kalau ini menjadi kesadaran kita, maka kita bisa membantu pihak penyelenggara pemilu dan menuju ke tanggal 14, kita berharap suasana juga semakin baik, semakin kondusif, dan pemilu bisa dilaksanakan secara adil, damai, dan demokratis,” tambahnya.


Ditemani Jajarannya

Dalam aksinya yang turun langsung mencopot APK partai Demokrat, diawali dengan AHY yang memimpin apel, kemudian segera melepas APK Partai Demokrat yang berjajar di sepanjang jalan. 

Mulai dari bendera, baliho, spanduk hingga stiker-stiker tak luput dilepas oleh pasukan muda AHY yang bertugas. Beberapa masyarakat yang lewat sempat menyapa dan tampak beberapa kali menyemangati mereka.

Turut mendampingi AHY diantaranya Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Wasekjen DPP Partai Demokrat Agust Jovan Latuconsina dan Anggota DPRD DKI Jakarta Ali Muhammad Johan Suharli. 

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya