Jadikan Cagub Tunggal, DPW PKB Jakarta Tegaskan Anies Baswedan Ikut UKK

DPW PKB Jakarta mengusung Anies Baswedan sebagai cagub tunggal pada Pilgub Jakarta 2024.

oleh Winda Nelfira diperbarui 12 Jun 2024, 15:27 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2024, 15:27 WIB
DPW PKB Jakarta Usung Anies Baswedan Jadi Cagub Tunggal
Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas menyatakan Anies Baswedan lolos menjadi calon tunggal yang akan diusung untuk maju di Pilgub Jakarta 2024. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jakarta akan mengusulkan nama Anies Baswedan ke Dewan Pimpinan Partai (DPP) PKB sebagai calon gubernur (cagub) untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Anies menjadi calon tunggal yang diusulkan DPW PKB Jakarta.

Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas mengatakan, Anies dinyatakan lolos menjadi calon tunggal usai mengikuti tahapan Uji Kepatutan dan Kelayakan (UKK) yang digelar PKB untuk menjaring kepala daerah.

"Alhamdulillah itu sudah UKK Pak Anies sudah selesai, itu proses kalau Pak Anies belum menyelesaikan di DPW PKB DKI tidak mungkin saya mengumumkan pencalonan Pak Anies untuk jadi gubernur 2024. Jadi pak Anies sudah UKK sudah ambil formulir," kata Hasbiallah di DPW PKB Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Hasbiallah menyebut, surat rekomendasi akan diberikan kepada Anies esok hari, Kamis 13 Juni 2024. "Besok kita akan berikan (surat rekomendasi) ke Pak Anies Baswedan," ujar dia.

Dengan demikian, kata dia, DPW PKB Jakarta menutup proses pendaftaran kepala daerah untuk calon gubernur (cagub) DKI Jakarta. Kini, PKB hanya tinggal mencari bakal calon wakil gubernur (cawagub).

"Prosesnya sudah selesai kok, ada beberapa wilayah PKB itu prosesnya hampir sudah 76 kalau dengan DKI Jakarta berarti 77. Jadi kita kerja cepat," ucap Hasbiallah.

Lebih lanjut, menurut Hasbiallah PKB DKI Jakarta juga sudah memulai komunikasi dengan sejumlah partai politik (parpol). PKB, kata dia terbuka berkoalisi dengan parpol manapun.

"Beberapa partai sudah komunikasi dengan saya. Memang saya tidak bisa sampaikan secara keseluruhan dan saya haqqul yakin partai-partai yang lain akan mengikuti kita (dukung Anies Baswedan)," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PKB dan PDIP Siap Usung Anies di Pilgub Jakarta

Calon presiden (capres) nomor urut 01, Anies Baswedan di Kantor PKB.
Calon presiden (capres) nomor urut 01, Anies Baswedan di Kantor PKB. (Merdeka.com/Rahmat Baihaqi)

Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan menyambut baik soal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang ingin bekerja sama untuk di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Salah satunya yakni untuk mengusung Anies Baswedan pada kontestasi yang akan dilakukan secara serentak pada November 2024 mendatang.

"Persoalan sahabat PDIP, kita sangat welcome bekerja sama dengan PDIP, dengan seluruh partai, bukan hanya DKI, tapi di daerah juga," kata Daniel Johan di Jakarta, Sabtu (8/6/2024).

Dalam kesempatan itu, PKB bersama dengan mantan gubernur DKI Jakarta tersebut sudah satu visi-misi untuk Pilkada Jakarta.

Sehingga, tinggal menunggu kejutan saja kapan secara resmi partai yang dipimpin oleh Muhaimin Iskandar alias Cak Imin ini untuk memberikan rekomendasi kepada Anies.

"Tadi Pak Anies sudah jelaskan kalau dengan PKB enggak usah diomonglah, sudah berjuang bersama. Jadi persoalan pengumuman hal yang remeh temeh, sangat teknis. Yang penting adalah kita sudah satu visi. Nah, tinggal nanti tunggu kejutan saja," ujar Daniel.

"(Soal wakil) itu teknisnya desk Pilkada ya, meramu mematangkan sampai duet, wakilnya segala macam itu. Kita tunggu pengumuman desk Pilkada," pungkasnya.

 

Infografis Bursa Kandidat dan Prediksi Koalisi Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bursa Kandidat dan Prediksi Koalisi Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya