Sudaryono Jadi Wamentan, Gerindra Dukung Ahmad Luthfi di Pilkada Jateng 2024?

Dia menyebut Prabowo akan segera mengumumkan sosok yang akan diusung Gerindra pada Pilgub Jawa Tengah 2024.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 18 Jul 2024, 18:06 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 18:06 WIB
Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono saat tiba di Istana Negara Jakarta, Kamis (18/7/2024).
Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono saat tiba di Istana Negara Jakarta, Kamis (18/7/2024). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Jakarta Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani berbicara soal bursa calon gubernur (cagub) Jawa Tengah 2024, usai Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Wakil Menteri Pertanian (Wamentan).

Saat ditanya apakah Gerindra akan mengusung Irjen Ahmad Luthfi di Pilgub Jawa Tengah 2024, Muzani mengatakan hal tersebut akan diputuskan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Iya nanti Pak Prabowo yang memutuskan," kata Muzani di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (17/8/2024).

Dia menyebut Prabowo akan segera mengumumkan sosok yang akan diusung Gerindra pada Pilgub Jawa Tengah 2024. Sementara untuk sosok yang akan diusung di Pilgub Jakarta, Muzani menyampaikan partainya masih membutuhkan waktu untuk memutuskan.

"Perlu waktu ya (untuk Pilgub Jakarta)," ucap dia.

Sedangkan Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah Sudaryono menyatakan mundur dari pencalonan bakal calon Gubernur Jateng usai ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) Wakil Menteri Pertanian. Kini, Sudaryono sudah mendapat instruksi agar tidak maju di Pilkada Jateng.

"Untuk pencalonan gubernur dengan pelantikan ini, saya nyatakan, saya tidak, partai gerindra tidak mengusung saya, dan saya tidak berkampanye untuk gubernur lagi," kata Sudaryono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Sudaryono lalu ditanya apakah partainya memberikan dukungan kepada Ahmad Luthfi sebagai bakal cagub Jateng dan dipasangkan dengan putra bungsu Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep. Sayangnya, ia belum mau membeberkan.

"kita tunggu tanggal mainnya," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sudaryono Sebut KIM Kompak Usung Paslon di Pilgub Jateng

Sudaryono meyakini Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan kompak dalam pengusungan paslon untuk Pilgub Jateng. Dia mengatakan, keputusan pencalonan akan keluar tak lama lagi.

"Saya sebagai ketua Gerindra Jawa Tengah meyakini KIM ya, Koalisi Indonesia Maju di Jawa Tengah akan kompak untuk dalam rangka mengusung calon gubernur. nah keputusannya seperti apa, saya kira kita mesti tunggu, ya nggak lama lagi lah sebulan lagi udah keliatan nama-namanya," pungkasnya.

Nama Sudaryono sendiri masuk bursa bakal calon gubernur Jawa Tengah 2024. Seluruh pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra se-Jawa Tengah (Jateng) yang berasal dari 35 kabupaten/kota secara bulat memberikan dukungan kepada Sudaryono maju sebagai calon Gubernur pada Pilkada serentak mendatang.

Bahkan masing-masing pengurus DPC Partai Gerindra se-Jateng siap berjuang total memenangkan mantan ajudan presiden terpilih Prabowo Subianto tersebut merebut kursi Jateng 1.

Sudaryono diketahui juga merupakan Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI). Dia juga pernah menjadi ajudan pribadi Prabowo Subianto. Saat ini survei Sudaryono sebagai calon Gubernur Jateng juga cukup moncer. Di mana namanya selalu masuk dalam tiga besar di beberapa lembaga survei.Displaying IMG_9893.jpeg.

Infografis Ragam Tanggapan Peresmian Sekber Gerindra-PKB. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ragam Tanggapan Peresmian Sekber Gerindra-PKB. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya