PSI Serahkan Rekomendasi ke 15 Calon Kepala Daerah

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyerahkan surat rekomendasi kepada 15 bakal calon kepala daerah yang akan maju pada Pilkada 2024.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 29 Jul 2024, 20:30 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 20:30 WIB
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyerahkan surat rekomendasi kepada 15 bakal calon kepala daerah yang akan maju pada Pilkada 2024.
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyerahkan surat rekomendasi kepada 15 bakal calon kepala daerah yang akan maju pada Pilkada 2024. Surat rekomendasi itu diberikan Kaesang di Gaskan Minisoccer, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (29/7/2024). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyerahkan surat rekomendasi kepada 15 bakal calon kepala daerah yang akan maju pada Pilkada 2024. Surat rekomendasi itu diberikan Kaesang di Gaskan Minisoccer, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (29/7/2024).

Kaesang yang didampingi Wakil Ketua Umum PSI, Andy Budiman, mengenakan baju futsal berwarna putih dengan tulisan 'Circle K' dengan nomor punggung 15. Kaesang lalu menyerahkan kaus bewarna merah kepada bakal calon kepala daerah.

"Hari ini PSI memberikan sejumlah rekomendasi. Bervariasi, kombinasi antara yang senior dengan yang muda. Ini bentuk komitmen PSI memberikan ruang seluas-luasnya kepada anak muda untuk menduduki posisi-posisi strategis dalam pemerintahan atau eksekutif," ujar Andy Budiman.

Berikut 15 bakal calon kepala daerah yang diberikan rekomendasi oleh PSI:

1. Kota Kupang

Walikota: Christian Widodo

Wakil Walikota: Serena Cosgrova Franscies

2. Kab Rokan Hulu

Bupati: Kelmi Amri

Wakil Bupati: Asparaini

3. Gubernur Papua Pegunungan

Gubernur: Befa Yigibalom

Wakil Gubernur : Natan Pahabol

4. Gubernur Kalimantan Barat

Gubernur: H. Sutarmidji, SH, M.Hum

5. Gubernur Maluku Utara

Gubernur : Benny Laos

6. Kab. Dogiyai

Bupati : Otopianus. P. Tebai

7. Kab Bojonegoro

Bupati: Setyo Wahono

8. Kab. Belitung

Bupati: Isyak Meirobie

9. Kota Bandung

Walikota: Marshall

10. NTT

Wakil Gubernur: Jane Natalia Suryanto

11. Kab Ende

Wakil Bupati: Awaludin

12. Kota Palangkaraya

Walikota: Fairid Naparin, SE

13. Kab. Mamberamo Tengah

Bupati: Mesir Yikwa

Wakil Bupati: Aruam Pagawak, S.Pd., M.Si.

14. Kab. Lanny Jaya

Bupati: Aletinus Yigibalom

Wakil Bupati: Fredi Ginia Tabuni

15. Kab SIKKA

Bupati : Juventus Yoris Prima Kago

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pilkada Jakarta atau Jawa Tengah, PSI: Posisi Kaesang Dilamar Bukan Melamar

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep. (Foto: Istimewa).

Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni mengatakan, Ketum PSI Kaesang Pangarep dalam posisi dilamar untuk Pilkada Jakarta atau Jawa Tengah 2024. Partai politik (Parpol) pelamar disebut akan berdiskusi terlebih dahulu.

"Posisi Mas Kaesang di Jakarta maupun Jateng itu, menurut saya ya, posisi dilamar, bukan melamar. Jadi itu tadi, para pelamar ini, yang akan melamar ini duduk bareng dulu, gitu," kata Raja Juli di DPP PSI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (25/7/2024).

Menurut Raja Juli, partai politik pelamar berdiskusi untuk mempertimbangkan berbagai kemungkinan. Salah satunya, terkait kans menang Kaesang di Pilkada Jakarta atau Pilkada Jawa Tengah.

"Nanti gimana baiknya, Jakarta dengan pertimbangan ini-ini-ini, kemungkinan menangnya gini-gini atau sebaliknya. Di Jawa tengah harus nomor satu dengan alasan ini-ini, atau nomor dua apa alasannya, nah keputusannya yang nanti (menjadi) keputusan kita bersama," jelas Raja Juli.

Raja Juli bilang, PSI amat bergantung dengan keputusan kolektif dari parpol yang ada di Koalisi Indonesia Maju (KIM). PSI, sepenuhnya menunggu keputusan yang akan dibuat KIM untuk Kaesang Pangarep.

"Kalau memang diperintahkan maju untuk kemaslahatan bersama di Jakarta, ayo. Kalau diamanahkan di Jawa tengah nomor satu, ayo, ya nomor dua monggo. Jadi sekali lagi, tidak lama lagi kata Mas Kaesang tadi kita tunggu keputusan bersama, keputusan dari teman-teman KIM ini," kata dia.

Infografis Bursa Kandidat Cawagub Pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024
Infografis Bursa Kandidat Cawagub Pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024 (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya