RSUD Tarakan Akan Serahkan Hasil Tes Kesehatan Cagub-Cawagub Jakarta KPU Besok

Hasil tes kesehatan tiga bakal paslon Pilgub Jakarta akan diserahkan secara serentak ke KPU pada Senin 2 September 2024 sore.

oleh Winda Nelfira diperbarui 01 Sep 2024, 14:35 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2024, 14:35 WIB
RSUD Tarakan Targetkan Tes Kesehatan Dharma-Kun Rampung Sore Ini
Direktur Utama RSUD Tarakan Dian Ekowati menyampaikan konferensi pers terkait pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan bacagub-bacawagub Jakarta 2024 dari jalur independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama RSUD Tarakan Dian Ekowati mengatakan, hasil pemeriksaan kesehatan tiga bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta untuk Pilkada 2024 akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta besok, Senin 2 September 2024.

"Ya betul, hasil pemeriksaan akan diserahkan ke KPUD Jakarta besok," kata Dian di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Minggu (1/9/2024).

Menurut Dian, hasil tes kesehatan milik ketiga bakal paslon yakni Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil-Suswono, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana akan diserahkan secara serentak ke KPU Jakarta pada sore hari.

"Insyaallah jam 15.00 WIB (hasil tes kesehatan diserahkan), ya semuanya (diserahkan) serentak," ujar dia.

Tes Kesehatan Berlangsung 3 Hari

Adapun KPU DKI Jakarta menunjuk RSUD Tarakan sebagai lokasi digelarnya pemeriksaan kesehatan bagi bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Tes kesehatan dimulai sejak 30 Agustus hingga 1 September 2024.

Bakal pasangan calon Pramono Anung dan Rano Karno menjadi yang pertama menjalani tes kesehatan di RSUD Tarakan pada 30 Agustus 2024. Lalu, pasangan Ridwan Kamil dan Suswono pada 31 Agustus 2024.

Kemudian, pasangan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana menjadi calon terakhir yang menjalani tes kesehatan di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat pada Minggu (1/9/2024).

Pemeriksaan kesehatan terhadap keduanya telah dimulai sejak pukul 07.00 WIB dan ditargetkan rampung sekira pukul 17.00 WIB. "Diperkirakan keseluruhan pemeriksaan akan selesai pada pukul 17.00 WIB," ucap Dian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dharma-Kun Siap Tes Kesehatan

Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta jalur independen Dharma Pongrekun dan Kun Wardana menjalani tes kesehatan di RSUD Tarakan, Jakarta pada Minggu (1/9/2024).
Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta jalur independen Dharma Pongrekun dan Kun Wardana menjalani tes kesehatan di RSUD Tarakan, Jakarta pada Minggu (1/9/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Dharma mengaku siap menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Tarakan. Dia mengatakan, mengikuti ketentuan puasa yang diminta pihak RSUD Tarakan sehari sebelum pemeriksaan kesehatan berlangsung.

"Kami selalu patuh dengan perintah yang disampaikan, Jadi kami ikuti perintahnya suruh puasa, kami puasa. Dan kebetulan saya sudah terbiasa makan satu kali sehari. Jadi kalau disuruh puasa dua hari pun enggak ada masalah," kata Dharma Pongrekun.

Selain itu, Dharma mengaku juga sudah istirahat yang cukup sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan. Tak hanya itu, Dharma bilang, ia rutin minum air putih dalam jumlah yang banyak.

Meski begitu, Dharma menyerahkan sepenuhnya hasil pemeriksaan kesehatan kepada seluruh dokter yang bertugas. "Bukan masalah yakin, siapa yang tahu (hasil pemeriksaan) di dalam, gitu," kata dia.

 


Tak Ada Persiapan Khusus

Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta jalur independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana menjalani pemeriksaan kesehatan di  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Minggu (1/9/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)
Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta jalur independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana menjalani pemeriksaan kesehatan di  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Minggu (1/9/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Senada, Kun Wardana juga menyebut selalu menerapkan pola hidup sehat. Dia berujar juga rutin berolahraga setiap hari.

"Intinya bahwa kita biasakan hidup sehat. Jadi kita memang sudah terbiasa dengan menerapkan pola hidup sehat, makan dengan nutrisi yang baik, kemudian juga olahraga setiap hari sehingga tidak ada persiapan khusus," ucap Kun.

Setelah memberikan keterangan singkat, Dharma dan Kun langsung menuju lantai 9 Gedung Sky Hospital RSUD Tarakan.

Keduanya berganti pakaian dengan mengenakan baju kimono untuk MCU. Tim kedokteran pun juga terlihat melakukan asesmen kepada Dharma dan Kun sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan. 


Libatkan 16 Dokter

RSUD Tarakan Targetkan Tes Kesehatan Dharma-Kun Rampung Sore Ini
Direktur Utama RSUD Tarakan Dian Ekowati menyampaikan konferensi pers terkait pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan bacagub-bacawagub Jakarta 2024 dari jalur independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Sebelumnya, Direktur Utama RSUD Tarakan, Dian Ekowati mengatakan sebanyak 16 dokter yang terdiri dari dokter spesialis hingga sub spesialis melakukan pemeriksaan kesehatan kepada bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta jalur independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

"Hari ini tahapan pemeriksaan akan dilaksanakan oleh 16 dokter spesialis, sub spesialis, dan konsultan," kata Dian di lantai 9 Gedung Sky Hospital RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Minggu (1/9/2024).

Dian menyatakan, pemeriksaan terhadap Dharma-Kun dimulai sejak pukul 07.00 WIB. Pemeriksaan terhadap keduanya akan dilakukan lebih kurang hampir 10 jam.

"Pemeriksaan akan berlangsung sekitar jam 7 sampai dengan kurang lebih jam 18," kata Dian Ekowati.

Infografis Pilkada Jakarta 2024 Bakal Diramaikan Calon Jalur Independen. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Pilkada Jakarta 2024 Bakal Diramaikan Calon Jalur Independen. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya