Dharma-Kun Jalani Tes Kesehatan 11 Jam, Klaim Tak Ada Hambatan

Direktur Utama (Dirut) RSUD Tarakan Dian Ekowati mengatakan, pemeriksaan kesehatan terhadap Dharma-Kun dimulai dari pukul 07.00 WIB dan berakhir pada pukul 18.00 WIB.

oleh Winda Nelfira diperbarui 01 Sep 2024, 21:30 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2024, 21:30 WIB
Bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta jalur independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana usai menjalani tes kesehatan di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat pada Minggu (1/9/2024).
Bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta jalur independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana usai menjalani tes kesehatan di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat pada Minggu (1/9/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta jalur independen Dharma Pongrekun - Kun Wardana rampung menjalani tes kesehatan di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat pada Minggu (1/9/2024). Keduanya menjalani tes kesehatan selama 11 jam.

Direktur Utama (Dirut) RSUD Tarakan Dian Ekowati mengatakan, pemeriksaan kesehatan terhadap Dharma-Kun dimulai dari pukul 07.00 WIB dan berakhir pada pukul 18.00 WIB.

"Kami seluruh tim pemeriksa kesehatan telah menyelesaikan tugas untuk pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Bapak Dharma Pongrekun dan Bapak Kun Wardana sesuai dengan petunjuk teknis yang telah ditetapkan oleh KPU. Dan Alhamdullilah ini semua sudah selesai dari tadi jam 7 pagi mulai dan sekarang kita selesai kurang lebih jam 18.00 WIB," kata Dian.

Menurut Dian, tes kesehatan semua bakal pasangan calon dilakukan berdasarkan petunjuk teknis (juknis) yang ditetapkan oleh KPU, meliputi pemeriksaan kejiwaan, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang.

Apabila hasil kesehatan memenuhi maka itu akan dikategorikan statusnya menjadi fit. Namun, jika hasilnya tidak memenuhi syarat, maka status tes kesehatan atau medical check up (MCU) bakal pasangan calon akan dikategorikan unfit.

"Jadi, nanti keputusannya fit dan unfit. Nah ini hasil keseluruhannya sedang kami susun, Insyaallah besok akan kami laporkan KPUD," ujarnya.

Sementara itu, Dharma Pongrekun mengucapkan terima kasih kepada jajaran tim dokter RSUD Tarakan dalam proses tes kesehatan. Dia mengklaim tak ada hambatan dalam tes kesehatan yang dijalani sebagai syarat maju Pilgub DKI Jakarta.

"Semua boleh kami jalani berkat kuasa daripada ridho dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Dan selama tes tidak ada hambatan yang berarti, kami bisa lalui semua satu per satu dan kami berdua mengucapkan terima kasih banyak atas support dan dukungannya," kata Dharma.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


RSUD Tarakan: 16 Dokter Spesialis Periksa Kesehatan Dharma-Kun

Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta jalur independen Dharma Pongrekun dan Kun Wardana menjalani tes kesehatan di RSUD Tarakan, Jakarta pada Minggu (1/9/2024).
Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta jalur independen Dharma Pongrekun dan Kun Wardana menjalani tes kesehatan di RSUD Tarakan, Jakarta pada Minggu (1/9/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Dian Ekowati, mengatakan sebanyak 16 dokter yang terdiri dari dokter spesialis hingga sub spesialis melakukan pemeriksaan kesehatan kepada bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta jalur independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

"Hari ini tahapan pemeriksaan akan dilaksanakan oleh 16 dokter spesialis, sub spesialis, dan konsultan," kata Dian di lantai 9 Gedung Sky Hospital RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Minggu (1/9/2024).

Dian menyatakan, pemeriksaan terhadap Dharma-Kun dimulai sejak pukul 07.00 WIB. Pemeriksaan terhadap keduanya akan dilakukan lebih kurang hampir 10 jam.

"Pemeriksaan akan berlangsung sekitar jam 7 sampai dengan kurang lebih jam 18," kata Dian Ekowati.

Adapun hari ini menjadi hari terakhir pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta. Pemeriksaan kesehatan dimulai pada hari Jumat 30 Agustus 2024 dengan pasangan Pramono Anung dan Rano Karno dan pasangan Ridwan Kamil dan Suswono pada Sabtu 31 Agustus 2024.


Dharma-Kun Siap Ikuti Semua Prosedur Pemeriksaan Kesehatan

Diketahui, pasangan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana tiba di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat sekira pukul 06.42 WIB. Dharma dan Kun kompak berpakaian santai serba hitam.

Baik Dharma dan Kun tampak menyapa awak media. Kehadiran keduanya di RSUD Tarakan disambut jajaran dokter RSUD Tarakan, komisioner KPU DKI Jakarta, hingga Bawaslu DKI Jakarta.

Dharma dan Kun akan menjalani pemeriksaan kesehatan atau medical check up (MCU) sebagai salah satu syarat mengikuti Pilkada Jakarta 2024.

Dharma mengaku siap menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Tarakan. Dia mengatakan, mengikuti ketentuan puasa yang diminta pihak RSUD Tarakan sehari sebelum pemeriksaan kesehatan berlangsung.

"Kami selalu patuh dengan perintah yang disampaikan, Jadi kami ikuti perintahnya suruh puasa, kami puasa. Dan kebetulan saya sudah terbiasa makan satu kali sehari. Jadi kalau disuruh puasa dua hari pun enggak ada masalah," kata Dharma Pongrekun.

Selain itu, Dharma mengaku juga sudah istirahat yang cukup sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan. Tak hanya itu, Dharma bilang, ia rutin minum air putih dalam jumlah yang banyak.

Meski begitu, Dharma menyerahkan sepenuhnya hasil pemeriksaan kesehatan kepada seluruh dokter yang bertugas. "Bukan masalah yakin, siapa yang tahu (hasil pemeriksaan) di dalam, gitu," kata dia.

Infografis Peluang Anies Baswedan dan Prediksi 3 Paslon Maju Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Peluang Anies Baswedan dan Prediksi 3 Paslon Maju Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya