Ridwan Kamil Bakal Buka Posko Aduan Ala Ahok Jika Terpilih Jadi Gubernur Jakarta di Pilkada 2024

Bakal Cagub Jakarta Ridwan Kamil (RK) mengatakan bakal membuka posko aduan bagi warga Jakarta jika menjadi gubernur terpilih di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024.

oleh Devira PrastiwiWinda Nelfira diperbarui 15 Sep 2024, 19:30 WIB
Diterbitkan 15 Sep 2024, 19:30 WIB
Bakal Cagub Jakarta Ridwan Kamil bakal membuka posko aduan bagi warga Jakarta jika menjadi gubernur terpilih di Pilkada 2024.
Bakal Cagub Jakarta Ridwan Kamil (RK) mengatakan bakal membuka posko aduan bagi warga Jakarta jika menjadi gubernur terpilih di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Calon Gubernur Jakarta (Bakal Cagub Jakarta) Ridwan Kamil (RK) mengatakan bakal membuka posko aduan bagi warga Jakarta jika menjadi gubernur terpilih di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024.

Ridwan Kamil mengatakan, program serupa juga pernah diterapkan di rumah dinas saat menjabat Gubernur Jawa Barat (Gubernur Jabar).

Menurut RK, posko pengaduan itu bisa saja mirip dengan program milik Mantan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang pernah dibuka di Balai Kota Jakarta.

"Sama, saya juga ada. Bedanya kalau Pak Ahok di Balai Kota, kalau saya di rumah dinas," ujar RK di Ganara Art Space, FX Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (15/9/2024).

Nantinya, kata RK, warga bisa datang dan menyampaikan aduan. Meski begitu, RK belum menentukan lebih lanjut di mana posko aduan akan dibuka.

"Tapi intinya sama, bahwa mereka datang melihat fisik gubernurnya langsung, boleh ngadu, nanti saya atur ya apakah di Balai Kota lagi ala Pak Ahok, atau kalau saya akan di rumah dinas atau di tempat sambil santai, sambil menikmati ruang publik, nanti kreativitasnya kita atur. Tapi dialog itu ada," ucap dia.

RK menjelaskan, jika menjadi gubernur Jakarta terpilih 2024 jadwal dan waktu warga menyampaikan aduan juga bakal diatur. Dia menegaskan, posko aduan dibuka guna memastikan warga bisa memyampaikan pendapat.

"Kalau tidak ada pembatasan, habis waktunya. Kan ngurusin Jakarta, nggak hanya dengerin curhat juga ya. Gubernur harus memutuskan, harus rapat," ungkapnya.

"Yang penting ada gitu si forumnya sebagai bagian dari resiko demokrasi kita. Orang ingin didengarkan, yaudah dibikin forumnya," tandas Ridwan Kamil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ridwan Kamil Ungkap Balasan Pesan Anies-Ahok, Belum Sepakati Jadwal Bertemu

Ridwan Kamil
Ridwan Kamil-Suswono diusung oleh KIM Plus yang dimotori oleh Partai Gerindra. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Bakal Calon Gubernur Jakarta (Bakal Cagub Jakarta) Ridwan Kamil (RK) mengaku memperoleh balasan pesan dari Mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengenai keinginan untuk bersilahturahmi jelang Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024.

Menurut RK, sapaan akrab Ridwan Kamil, Anies belum memberikan jawaban pasti soal jadwal pertemuan. RK bilang, Anies Baswedan tengah disibukkan dengan banyak kegiatan.

"Sudah menjawab sebagai pertemanan tapi tidak spesifik tentang penjadwalan bertemunya. Mungkin masih sibuk," ujar RK di Puskesmas Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (15/9/2024).

Lebih lanjut, dia menyampaikan, pihaknya ingin bersilahturahmi dengan seluruh mantan gubernur DKI Jakarta. Adapun, RK dan Bakal Calon Wakil Gubernur Jakarta (Bakal Cawagub Jakarta) Suswono telah bertemu dengan Mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo atau Foke dan Sutiyoso.

"Saya menyampaikan pesan kepada seluruh mantan gubernur, kami ingin silaturahmi. Itu pesannya sama," kata RK.

 


Ingin Dapatkan Nasihat

Ridwan Kamil-Suswono Resmi Maju di Pilgub DKI Jakarta 2024
Ridwan Kamil-Suswono menjadi pasangan kedua yang mendaftar ke KPU DKI Jakarta, setelah sebelumnya pasangan Pramono Anung-Rano Karno. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain Anies, RK menyebut Ahok juga telah memberikan respons. Namun, ia tak merinci bagaimana respons yang diberikan Ahok.

"Ke Pak ahok begitu, saya dengar juga Pak Ahok merespons walaupun (ketemu) beliau tujuannya bukan minta didukung, tujuan pertamanya silaturahmi," ucap dia.

RK menuturkan, sebagai bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, ia dan Suswono hendak memperoleh ilmu dan nasihat para mantan gubernur terkait Jakarta.

"Kami orang baru, ilmunya sedikit di wilayah ini, secara syariat kan kita jangan sok tahu, supaya tidak sok tahu saya datengin. Pak Foke dengan ilmunya, Pak Sutiyoso dengan nasihatnya, nanti Pak Ahok, termasuk Pak Anies," tandas RK.

 


Ridwan Kamil Berencana Temui Anies-Ahok: Sudah Kirim Pesan untuk Cocokan Waktu

Ridwan Kamil
Ridwan Kamil memastikan Ahmad Riza Patria akan menjadi ketua timses pemenangan Ridwan Kamil-Suswono. (Merdeka.com/ Nur Habibie)

Sebelumnya, bakal calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (RK) mengaku optimis bisa bertemu dengan para mantan gubernur Jakarta. Tercatat, sudah ada dua yang ditemuinya, yakni Fauzi Bowo (Foke) dan Sutiyoso alias Bang Yos.

"Komunikasi-komunikasi dengan mantan gubernur Jakarta juga sudah dilakukan, Pak Foke sudah, Bang Yos sudah," kata RK di Markas PKS Jakarta Pusat, Kemayoran, Sabtu 14 September 2024.

RK mengaku, dalam waktu dekat dirinya juga akan bertemu Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Anies Baswedan. Namun memang sampai hari ini waktunya belum cocok.

"Sudah kirim pesan ke Pak Ahok, Pak Anies untuk mencocokan waktunya, tapi tanggal tepat belum ada," jelas RK.

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya