Elektabilitas Baru 10,98 Persen, PKS Yakin ASIH Beri Perlawanan di Pilgub Jabar

PKS menilai, capaian elektabilitas Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie (ASIH) 10,98 persen di Pilgub Jabar menunjukkan progres yang bagus. Sebab saat pertama kali diluncurkan, pasangan ASIH hanya memiliki elektabilitas 1 persen.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 19 Sep 2024, 13:50 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2024, 13:49 WIB
Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie resmi mengumumkan pencalonan mereka di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat, Kamis (29/8/2024). (Merdeka.com/Nur Habibie)
Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie resmi mengumumkan pencalonan mereka di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat, Kamis (29/8/2024). (Merdeka.com/Nur Habibie)

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara PKS, Ahmad Mabruri meyakini pasangan bakal cagub-cawagub Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie (ASIH) akan memberikan perlawanan di Pilgub Jawa Barat (Jabar) 2024. Menurut dia, ASIH tidak mau ambil pusing dengan hasil survei Indikator Politik Indonesia yang menempatkan keduanya dengan elektabilitas 10,98 persen.

"Ya di Jabar memang polanya seperti itu. Kita juga sudah pernah mengalami karena Pak Ahmad Heryawan selalu ditempatkan di survei nomor paling buncit, tetapi ketika hasil pilkadanya selalu menang di urutan pertama," ucap Mabruri di DPP PKS, Jakarta Selatan, Kamis (19/9/2024). 

Mabruri percaya, elektabilitas Syaikhu-Ilham nantinya bisa melejit seiring berjalannya tahapan Pilkada 2024 secara resmi. Sebab diketahui, saat ini Pilkada 2024 belum memasuki masa kampanye. 

"Mudah-mudahan di Pilkada Jabar besok juga seperti itu, walaupun hasil surveinya paling kecil, tapi yang akan terpilih adalah Pak Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie," ucap Mabruri. 

Senada dengan itu, Juru Bicara PKS lainnya yakni Pipin Sofyan mengingatkan bahwa pada saat awal diumumkan, pasangan ASIH hanya mendapat elektabilitas sebesar 1 persen. Namun hanya dalam hitungan hari, kini elektabilitas pasangan tersebut bisa menembus dua digit. 

"Jadi ini sebetulnya progres yang luar biasa untuk pasangan Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie, dan InsyaAllah saya kira di Jawa Barat akan selalu ada kejutan yang insyaAllah dilakukan oleh PKS bersama dengan para kader dan simpatisan,” kata Pipin dalam kesempatan yang sama. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sebut Kader PKS Punya Jiwa Petarung

Pipun pun optimistis tren meningkatnya elektabilitas tidak hanya akan terjadi di Jawa Barat, tetapi juga Jakarta dan daerah lainnya. Dia percaya, kader PKS mempunyai jiwa petarung yang kuat dalam kontestasi pemilihan kepala daerah.

“Pilgub di Jawa Barat dan Jakarta dan juga di daerah-daerah lain, kader PKS bisa memenangkan pertarungan pilkada," kata Pipin menutup.

Infografis PKS Usung Bakal Cagub Sohibul Iman di Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis PKS Usung Bakal Cagub Sohibul Iman di Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya