Survei Pilgub Jatim: Elektabilitas Khofifah Tertinggi 55,3%, Luluk Hanya 1,8%

Poltracking Indonesia menyampaikan hasil survei terbarunya terkait peta elektabilitas 3 kandidat di Pilgub Jatim. Hasilnya, elektabilitas Khofifah masih sangat superior dibanding dua penantangnya.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 19 Sep 2024, 15:16 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2024, 15:16 WIB
Banner Infografis Pertarungan 3 Srikandi di Pilkada Jatim 2024, Risma Lepas Jabatan Mensos?
Banner Infografis Pertarungan 3 Srikandi di Pilkada Jatim 2024, Risma Lepas Jabatan Mensos? (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Pertarungan tiga srikandi di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024 semakin sengit. Diketahui, tiga kandidat yang bertanding adalah Khofifah Indar Parawansa, Tri Rismaharini, dan Luluk Nur Hamidah.

Berdasarkan hasil survei lembaga Poltracking Indonesia, elektabilitas Khofifah masih superior di puncak, sementara Luluk paling bawah.

“Elektabilitas Khofifah 55,3%, kemudian Tri Rismaharini 22,8%, disusul Luluk Nur Hamidah 1,8%,” ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda saat pemaparan hasil survei secara daring, Kamis (19/9/2024).

Menurut Hanta, selisih elektabilitas antara Khofifah dengan Risma angkanya terpaut dua kali lipat. Sedangkan terhadap penantang ketiga yakni Luluk, meski masih mempunyai potensi namun elektabilitasnya yang terlalu rendah diyakini sangat menyulitkan.

“Angka penantang (Khofifah) masih ada potensi, tapi Bu Luluk agak rendah jadi cukup sulit,” jelas Hanta.

Sementara itu, Hanta menyebut responden yang masih belum tahu atau tidak tahu memilih siapa calon gubernur Jatim saat ini berada di angka 20,1%.

Sebagai informasi, Khofifah di Pilgub Jatim 2024 berpasangan dengan Emil Dardak yang didukung dan diusung sejumlah parpol dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus yang notabene berada di barisan Prabowo-Gibran.

Sedangkan Risma berpasangan dengan Zahrul Azhar alias Gus Hans yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Terakhir, Luluk Nur Hamidah berpasangan dengan Lukmanul Hakim dan diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).    

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Duet Khofifah-Emil Masih Terlalu Superior

Khofifah-Emil Dardak saat daftar Pilkada Jatim 2024. (Istimewa)
Khofifah-Emil Dardak saat daftar Pilkada Jatim 2024. (Istimewa)

Poltracking Indonesia juga menyampaikan temuan terbarunya terkait peta elektabilitas tiga pasangan kandidat yang akan bertarung di Pilgub Jatim 2024. Hasilnya, duet Khofifah-Emil mengungguli dua pesaingnya, Risma-Gus Hans dan Luluk-Lukman.

“Pasangan Khofifah-Emil 57,3%, disusul pasangan Risma-Zahrul 22,7% dan Luluk-Lukmanul 2,2%,” ujar Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda saat pemaparan hasil survei secara daring, Kamis (19/9/2024).

Meski demikian, Hanta mencatat masih ada suara responden sebanyak 17,8% yang masih mengaku tidak tahu dan belum menjawab pilihan di antara tiga pasangan tersebut.  

“Ini cukup tinggi undecided voters-nya 17,8%,” jelas Hanta.


Tentang Survei

Survei Poltracking Indonesia terkait Elektabilitas Cagub-Cawagub Jatim 2024
Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yudha memaparkan hasil survei tentang elektabilitas cagub-cawagub Jatim 2024.

Diketahui, total responden dalam survei untuk Pilgub Jatim 2024 Poltracking adalah sebanyak 1.200 orang. Mereka adalah warga Jawa Timur yang memiliki hak pilih.

Survei sendiri dilakukan secara langsung dan tatap muka pada 4-10 September 2024. Kemudian, metode digunakan adalah multi stage random sampling dengan Margin of Error +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Infografis 3 Calon Gubernur Perempuan Bertarung di Pilkada Jatim 2024
Infografis 3 Calon Gubernur Perempuan Bertarung di Pilkada Jatim 2024 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya