Deklarasi Kampanye Damai, 3 Paslon Cagub-Cawagub Jakarta Hadir di Kota Tua

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar 'Deklarasi Kampanye Damai' Pemilihan Pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Wakil Gubernur (Cawagub) Jakarta 2024 di Kota Tua, Jakarta, Selasa (24/9/2024).

oleh Winda Nelfira diperbarui 24 Sep 2024, 17:01 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2024, 17:01 WIB
Pasangan cagub-cawagub Jakarta dari jalur perseorangan, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, menghadiri 'Deklarasi Kampanye Damai' Pilkada Jakarta 2024 di Kota Tua, Jakarta, Selasa (24/9/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)
Pasangan cagub-cawagub Jakarta dari jalur perseorangan, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, menghadiri 'Deklarasi Kampanye Damai' Pilkada Jakarta 2024 di Kota Tua, Jakarta, Selasa (24/9/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar 'Deklarasi Kampanye Damai' Pemilihan Pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Wakil Gubernur (Cawagub) Jakarta 2024 di Kota Tua, Jakarta, Selasa (24/9/2024).

Pantauan Liputan6.com, sekira pukul 15.52 WIB, pendukung ketiga pasangan calon mulai memadati area Kota Tua. Tampak pendukung ketiga paslon cagub-cawagub Jakarta membawa atribut bertuliskan nama paslon yang didukung.

Sementara itu, ketiga paslon cagub-cawagub tiba di Kota Tua sekira pukul 16.00 WIB. Baik Ridwan Kamil (RK)-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan Pramono Anung-Rano Karno mengenakan baju berwarna putih.

Adapun para paslon cagub-cawagub bakal melakukan 'Deklarasi Kampanye Damai'. Ketiga paslon bakal menyerukan Pilkada Damai di Pilgub Jakarta 2024.

Sebelumnya, Komisioner KPU Jakarta, Astri Megatari, memastikan nomor urut yang sudah diambil tiga pasangan calon malam hari ini sudah bisa digunakan untuk mereka berkampanye.

Namun sebelum memulai rangkaian kampanye, terlebih dulu ketiganya harus menghadiri agenda deklarasi kampanye damai pada Selasa (24/9/2024).

"Setelah ini mereka akan bisa menggunakan nomor urut ini sebagai materi kampanye dan besok 24 September KPU DKI akan selenggarakan deklarasi kampanye damai yang bertempat di Kota Tua," kata Astri di Kantor KPU Jakarta, Jalan Salemba Raya Jakarta Pusat, Senin (23/9/2024).

Astri menjelaskan, acara dimulai pukul 3 sore. Kemudian, secara bersama tiap pasangan calon akan menyerukan jalannya Pilkada 2024 yang damai.

"Kita akan menyaksikan seruan pilkada yang penuh damai dari ketiga pasangan calon tersebut supaya dapat melaksanakan kampanye ini dengan penuh sukacita, semangat dan warga Jakarta dapat dengarkan visi misi paslon ini dengan baik," ucap Astri.

Astri menambahkan, setelah deklarasi, rangkaian kampanye resmi akan dimulai pada 25 September 2024 hingga 23 November 2024. Dengan nomor urut yang sudah ditetapkan, masing-masing pasangan calon bisa menggunakannya sebagai materi kampanye.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nomor Urut Cagub Cawagub Jakarta 2024: Ridwan Kamil-Suswono 1, Dharma-Kun 2, Pramono-Rano 3

Sah, Ini No Urut Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta
Pasangan Pramono Anung-Rano Karno mendapatkan nomor urut 3. Ridwan Kamil-Suswono memperoleh nomor urut 1. Dan pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto mendapatkan nomor urut 2. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Komisi Pemiliham Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta telah menggelar pengundian nomor urut untuk tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta. Ketiga pasangan tersebut adalah Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil-Suswono, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

Pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta digelar di Kantor KPU Jakarta, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2024). Acara tersebut dimulai pukul 19.00 WIB.

Sebelum pengundian dilakukan, para peserta nomor mengambil nomor antrean terlebih dahulu. Setelah itu baru mereka melakukan pengundian nomor urut.

Hasilnya, pasangan Pramono-Rano mendapatkan nomor 3. Sedangkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono memperoleh nomor urut 1. Dan pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto mendapatkan nomor urut 2.

Penetapan ketiga paslon tersebut sebagai peserta Pilkada Jakarta sudah dilangsungkan Minggu, 22 September 2024. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Wahyu Dinata menyampaikan, penetapan dilangsungkan usai pihaknya menggelar rapat pleno tertutup.

"KPU DKI Jakarta menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan, menetapkan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang memenuhi syarat. Keputusan ini akan mulai ditetapkan Jakarta, 22 September 2024," kata Wahyu di Kantor KPU DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya, Minggu, 22 September 2024.

Infografis Bila Kotak Kosong Menang di Pilkada 2024, Apa yang Terjadi? (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Bila Kotak Kosong Menang di Pilkada 2024, Apa yang Terjadi? (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya