Ridwan Kamil Sebut Elektabilitasnya di Pilgub Jakarta Belum Aman Meski Mendominasi Survei

Ridwan Kamil mengatakan, jika dia ada di kawasan timur, maka Suswono ada di barat. Begitu pun saat di utara maka pasangannya ada di selatan.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 29 Sep 2024, 20:10 WIB
Diterbitkan 29 Sep 2024, 20:10 WIB
Calon gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil
Calon gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK). (Muhammad Radityo)

Liputan6.com, Jakarta - Calon gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) mencatat elektabilitasnya di Pilguh Jakarta 2024 masih mumpuni. Namun demikian, dia mengaku belum ada di level aman. Sehingga masih harus terus bergerak.

"Survei sudah hatur lumayan tapi masih belum maksimal, belum aman. Menunjukkan kita jangan lengah, kerja keras," kata Ridwan Kamil di Jakarta Utara, Minggu (29/9/2024).

Dia mengatakan, kerja keras dimaksud adalah dengan berkonsolidasi dengan seluruh kelompok pendukung, baik itu dengan ormas atau pun partai pengusung.

"Sebelumnya Soksi Golkar, sekarang PSI yang sudah mengarahkan pemenangan dengan target satu putaran. Tadi saya ceritakan wilayah-wilayah mana sebagai kekuatan yang bisa dimaksimalkan karena betul-betul kita bersemangat ingin satu putaran," ungkap RK.

Selain itu, cara dilakukan RK dengan membagi wilayah kunjungan kampanye dengan wakilnya Suswono. Jika dia ada di kawasan timur, maka Suswono ada di barat. Begitu pun saat di utara maka pasangannya ada di selatan.

"Semua bergerak, tidak semua harus sama rata. Sehingga menghasilkan kekuatan dengan data yang dibutuhkan," ucap Ridwan Kamil.

RK pun optimis, dengan cara tersebut maka dirinya bisa memenangkan kontestasi Pilgub Jakarta 2024 dalam satu putaran.

"Insyaallah semangat menguatkan kita menang di satu putaran," harap RK.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Optimistis Menang 1 Putaran

Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil di Rumah Ramah, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)
Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil di Rumah Ramah, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Saat ditanya soal pengaruh suara anak abah atau ceruk simpatisan Anies Baswedan, RK mengaku tidak terlalu spesifik. Menurut dia, sumber suara bisa dari mana saja yang akan dijangkaunya.

"Saya nggak spesifik, ada voter berbasis usia, ada voter berbasis wilayah, ada voter mungkin berbasis kekuatan individu. Saya kira semua dijangkau. Kan hasil data surveinya juga, sebagian pemilihan Mas Anies banyak ke kita juga, sebagian pemilihan Ahok juga ada ke kita," ungkap RK.

Meski begitu, RK menegaskan harus optimis untuk mampu memenangkan kontestasi Pilgub Jakarta 2024 hanya dalam satu putaran.

"Hidup itu harus optimis. Kalau tidak optimis, jangan hidup! kalau memang optimisnya begitu (menang satu putaran), berarti kan kita harus lebih optimis dua kali lipat dari optimis yang lain-lainnya," tandas Ridwan Kamil.


Survei Poltracking: Ridwan Kamil-Suswono Unggul

Ridwan Kamil dan Suswono
Paslon nomor urut 01 Ridwan Kamil - Suswono meminta para pendukungnya di Pilkada Jakarta 2024 agar menjauhi menyebarkan berita bohong alias hoaks. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei terkait sosok calon gubernur dan wakil gubermur di Pilkada Jakarta 2024. Hasilnya, pasangan nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK)-Suswono unggul dari dua pesaingnya, Pramono Anung-Rano Karno dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

"Ridwan Kamil-Suswono mendapat suara responden sebesar 47,5%, disusul Pramono-Rano 31,5% dan Dharma-Kun 5,1%," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda saat jumpa pers daring, Jumat (27/9/2024).

Menurut Hanta, pada survei kali ini masih terdapat suara undecided voters sebesar 15,9%. Sebagian dari mereka mengaku belum tahu mau memilih siapa dan sisanya memilih tidak menjawab.

"Responden yang belum menentukan pilihan ada 15,9%," jelas Hanta.

Survei Poltracking di Pilgub Jakarta 2024 menjaring total 1.200 responden. Mereka terdiri dari keompok usia minimal 17 tahun atau yang sudah menikah dan mempunyai hak pilih di Pilgub Jakarta 2024.

Terkait metodologi survei, Hanta mengatakan Poltracking menggunakan multistage random sampling dengan margin of error sebesar +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Sebagai informasi, survei dilakukan pada tanggal 9-15 September 2024 dengan cara wawancara tatap muka oleh surveyor terlatih.

 

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya