3 Persiapan Masing-Masing Cagub Jelang Debat Perdana Pilkada Jakarta 2024

Komisi Pemilihan Umum atau KPU Jakarta bakal menggelar debat perdana Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta 2024 pada Minggu 6 Oktober 2024. Bagaimana persiapan masing-masing cagub?

oleh Devira Prastiwi diperbarui 04 Okt 2024, 16:52 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2024, 16:50 WIB
Sah, Ini No Urut Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta
Pengundian nomor urut dilakukan dalam sidang rapat pleno terbuka. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Jakarta bakal menggelar debat perdana Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta 2024 pada Minggu 6 Oktober 2024 dengan tema 'Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global'.

Mereka yang akan debat adalah ketiga pasangan calon (paslon) yaitu Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan Pramono Anung-Rano Karno.

Sejumlah persiapan pun dilakukan oleh para calon gubernur (cagub). Salah satunya Ridwan Kamil (RK) yang mengaku siap menjalani debat terbuka perdana di Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jakarta 2024.

"Ya sesuai temanya sudah dibaca, poin-poin yang nanti disampaikan, sudah dihafalkan kira-kira begitu ya," kata RK ditemui di Jakarta Selatan, seperti dikutip Kamis 3 Oktober 2024.

Ridwan Kamil (RK) pun memastikan tidak anggap enteng pesaingnya di debat perdana Pilkada Jakarta 2024. Dia mengakui, segala sesuatunya tengah dipersiapkan termasuk berlatih.

"Ya nanti disiapkan, hasilnya saya bahas di debat, panjang soalnya. Yang pasti sekarang latihan debat," kata RK kepada awak media di Jakarta, seperti dikutip Jumat (4/10/2024).

Kemudian, Cagub Jakarta nomor urut 2 Dharma Pongrekun mengaku tidak memiliki persiapan khusus menghadapi debat perdana Pilkada Jakarta 2024.

"Tidak ada persiapa khusus jelang debat. Tema debat sama dengan apa yang saya kampanyekan dalam program saya, menyelesaikan dari akarnya yaitu ekonomi," ucap Dharma.

Sementara, Cagub Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung menyatakan sudah siap berlaga dalam debat perdana Pilgub Jakarta 2024. Sebab, kata dia, mempersiapkan materi debat bukanlah hal baru.

"Jadi kalau secara materi kami sudah siap dan ini bukan hal yang baru bagi saya pribadi. Saya sudah berkali-kali menjadi pendamping utama untuk calon presiden," terang Pramono.

Berikut sederet pernyataan tiga cagub jelang debat Pilgub Jakarta 2024 dihimpun Tim News Liputan6.com:

 


1. Ridwan Kamil Akui Sedang Berlatih

Sah, Ini No Urut Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta
Hasil pengundian tersebut adalah untuk pasangan nomor urut 1 adalah Ridwan Kamil-Suswono. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Calon gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK) mengaku siap menjalani debat terbuka perdana di Pilgub Jakarta 2024.

"Ya sesuai temanya sudah dibaca, poin-poin yang nanti disampaikan, sudah dihafalkan kira-kira begitu ya," kata RK ditemui di Jakarta Selatan, seperti dikutip Kamis 3 Oktober 2024.

RK memastikan, dirinya juga masih terus berlatih untuk bisa menampilkan yang terbaik. Khususnya, bagaimana menyampaikan jawaban yang tepat dengan waktu yang terbatas.

"Perlu dilatih lebih kepada dalam waktu yang pendek gimana caranya pesan diterima dengan semaksimal mungkin," ungkap dia.

Meski ajang debat calon kepala daerah bukan kali pertama dia ikuti, namun tetap rasa was-was akan selalu ada. Dia pun berdoa agar tidak terjadi demam panggung saat giliran menyampaikan jawaban.

"Semoga tidak ada demam panggung, tapi Insya Allah siap! Karena pernah mengalami debat begini kan dua kali ya, sama saja, mirip-mirip. Hanya beda topik paling, beda wilayah. jadi mentalnya Insya Allah siap," terang RK.

RK memastikan tidak anggap enteng pesaingnya di Pilgub Jakarta 2024 saat debat perdana 6 Oktober 2024.

"Ya nanti disiapkan, hasilnya saya bahas di debat, panjang soalnya. Yang pasti sekarang latihan debat," kata RK kepada awak media di Jakarta, seperti dikutip Jumat (4/10/2024).

RK menggarisbawahi, debat memiliki waktu yang terbatas untuk menyampaikan gagasan dan visi-misi. Oleh karena itu, persiapan dan pelatihan dibutuhkan agar dirinya bisa menjawab sesuai dengan komposisi waktu ditentukan tanpa mengurangi keefektifan bobot jawaban.

"(Yang dilatih) bagaimana menyampaikan gagasan dalam waktu yang pendek-pendek," ucap RK.

Soal tema debat yang sudah ditentukan, RK memastikan tidak ada kendala. Hanya saja, dia ingin jawaban bisa lebih fokus menyadar terhadap segmentasi tertentu.

 


2. Dharma Pongrekun Akui Tak Punya Persiapan Khusus

Sah, Ini No Urut Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta
Dharma Pongrekun-Kun Wardana mendapat nomor urut 2. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kemudian, calon gubernur Jakarta Dharma Pongrekun mengaku tidak memiliki persiapan khusus menghadapi debat perdana Pilgub Jakarta pada 6 Oktober 2024.

"Tidak ada persiapa khusus jelang debat. Tema debat sama dengan apa yang saya kampanyekan dalam program saya, menyelesaikan dari akarnya yaitu ekonomi," ujar Dharma saat bertemu dengan warga Cipinang, Jakarta Timur pada Kamis 3 Oktober 2024.

Tema besar yang diangkat menjadi tema perdana debat Pilgub Jakarta adalah tentang penguatan SDM dan transformasi Jakarta menjadi kota global. Materi debat perdana ini akan dibahas dalam 150 menit dengan membagi sesi antara sesi calon gubernur dan sesi calon wakil gubernur.

 


3. Pramono Anung Tegaskan Persiapan Debat Bukan Hal Baru

Sah, Ini No Urut Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta
Sedangkan, Pramono Anung-Rano Karno mendapat nomor urut 3. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Calon gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung, menyatakan sudah siap berlaga dalam debat perdana Pilgub Jakarta. Sebab, mempersiapkan materi debat bukanlah hal baru baginya.

"Jadi kalau secara materi kami sudah siap dan ini bukan hal yang baru bagi saya pribadi. Saya sudah berkali-kali menjadi pendamping utama untuk calon presiden," kata Pramono usai menghadiri acara Deklarasi Relawan Pa’ Doel di rumah makan Raden Bahari, Jakarta Selatan, pada Kamis, 3 Oktober 2024.

Calon presiden (capres) yang dimaksud oleh politikus senior PDIP tersebut adalah Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo. Ia mengaku sudah lima kali menjadi pendamping utama, tiga kali untuk Megawati dan dua kali untuk Jokowi.

"Ketika Ibu Megawati dengan Pak Prabowo tahun 2009, pendamping utamanya saya, bahkan yang melatih untuk berpidato, substansi, materi dan sebagainya," kata Pramono.

Dia juga mengatakan sudah berdiskusi dengan pasangannya, Rano Karno, dan tim pemenangan terkait materi yang dipersiapkan menjelang debat. Materi tersebut, kata Pramono, secara tersirat maupun tersurat sudah pernah disampaikannya ketika melakukan sosialiasi ke masyarakat.

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya