Ridwan Kamil Optimistis Bakal Dominasi Debat Perdana Pilgub Jakarta Malam Ini

Debat Pilkada Jakarta nanti malam diharapkan berjalan dengan hangat. Ridwan Kamil ingin agar gagasan yang disampaikan dalam debat dapat tersampaikan dengan baik ke warga.

oleh Winda Nelfira diperbarui 06 Okt 2024, 12:42 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2024, 11:53 WIB
Sah, Ini No Urut Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta
Hasil pengundian tersebut adalah untuk pasangan nomor urut 1 adalah Ridwan Kamil-Suswono. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK), optimistis bakal mendominasi debat perdana pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta yang dihelat Minggu malam (6/10/2024). Sebab, kata RK sudah berpengalaman memimpin di Jawa Barat (Jabar).

"Kalau nggak optimis, masa jadi pemimpin. Saya selalu optimis, pengalaman 10 tahun (di Bandung dan Jabar)," kata RK kepada wartawan di Posko Bang Mul, Jakarta Utara, Minggu (6/10/2024).

Menurut RK, bersama Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Suswono segala persiapan menjelang debat Pilkada Jakarta telah dilakukan. Semisal, melangsungkan latihan-latihan yang diperlukan.

Mantan Gubernur Jabar ini berharap, debat cagub-cawagub nanti malam akan berjalan dengan hangat. Dia ingin agar gagasan yang disampaikan dalam debat dapat tersampaikan dengan baik ke warga Jakarta.

"Namanya juga debat, tentunya kita berharap ramai, hangat tapi tetap sopan ya. Sehingga warga Jakarta bisa langsung melihat bagaimana kita membawa Jakarta Baru Jakarta Maju dalam bentuk catatan-catatan yang sudah disiapkan. Mudah-mudahan mereka makin jatuh cinta," kata RK.

Diketahui, gelaran perdana debat cagub-cawagub untuk Pilgub Jakarta 2024 akan dilangsungkan pada Minggu malam ini (6/10/2024) di JiExpo Jakarta. Debat dijadwalkan mulai pada pukul 19.00 WIB.

Debat bakal diikuti tiga pasangan calon (Paslon). Mereka adalah, Paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono, nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno dengan tema sumber daya manusia (SDM) dan transformasi Jakarta sebagai kota global.


Tak Saling Menjelekkan

Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil alias RK berharap momen debat Pilkada Jakarta 2024 tidak diwarnai dengan saling menjelekkan antarpasangan calon. Demokrasi Indonesia dinilainya akan lebih maju tanpa adanya hal tersebut.

"Karena saya ingin membawa pilkada ini dengan riang gembira, tidak menjelek-jelekkan, tidak boleh nanti debat ngomongin orang, kita nggak mau ya Pak. Kita fokus pada solusi warga Jakarta, nggak mau. Semua orang mencintai Jakarta dengan caranya. Tidak perlu kita ngomongin pribadi-pribadi. Kita fokus," tutur RK di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (1/9/2024).

RK mengibaratkan persaingan paslon di pilkada layaknya menu yang tersedia di setiap restoran berbeda. Sementara program dan gagasan merupakan kelezatan dari sajiannya.

"Ibarat tiga restoran kita jualan, menunya ini menu saya loh paling enak, paling gurih, paling lezat, paling murah, kan begitu. Silakan pilih. Memang ada saingan, restoran sebelah dua, tapi kami menu yang paling keren, kan begitu harusnya," jelas dia.

"Bukan, oh pilihlah kami karena restoran sebelah AC-nya mati atau mahal, atau apa, nggak gitu lah. Jadi kita harus naik kelas, demokrasi kita harus naik kelas, harapannya ada di wajah Jakarta," sambungnya.

Menurut RK, duet paslon Rido telah menyiapkan berbagai solusi utama, baik urusan polusi, macet, pemerataan pembangunan dan berkeadilan, hingga sikap pemerintahan yang responsif. Termasuk juga urusan mencegah kebencanaan seperti jual beli lahan parkir air untuk mengatasi banjir dan lainnya.

"Ada tujuh, puluhan gagasan yang sedang kami klasterisasi. Kalau dibahas terlalu panjang, Tapi intinya, kami membawa solusi. Kami membawa solusi agar berkeadilan, menghadirkan solusi. Untuk masalah rutin, ya banjir, polusi, kemacetan, dan menghadirkan yang tidak ada jadi ada, karena kita mau naik kelas jadi kota global," RK menandaskan.

 

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya