Pilgub Sulteng, Emak-Emak Sigi Dukung Anwar Hafid Cagub Pembawa Perubahan

Menurutnya, Anwar Hafid bukan hanya sekadar sosok yang memiliki visi inovatif, namun juga seorang pemimpin yang benar-benar peduli pada kesejahteraan rakyat.

oleh Tim News diperbarui 07 Okt 2024, 06:19 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2024, 00:09 WIB
Anwar Hafid
Calon Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) nomor urut 2, Anwar Hafid. (Ist).

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) nomor urut 2, Anwar Hafid, kembali mendapat dukungan kuat dari masyarakat atas prestasi dan inovasi yang telah ia bawa selama menjabat di berbagai posisi. Tokoh Perempuan Binangga, Sisi Labaso, menilai Anwar Hafid sebagai sosok yang benar-benar membawa perubahan positif bagi daerah yang dipimpinnya, terutama ketika menjabat sebagai Bupati Morowali dan Anggota DPR RI.

“Beliau membawa perubahan besar bagi Morowali, khususnya Sulteng ketika menjabat Anggota DPR RI,” kata Sisi, Sabtu (5/10/2024).

Menurutnya, Anwar Hafid bukan hanya sekadar sosok yang memiliki visi inovatif, namun juga seorang pemimpin yang benar-benar peduli pada kesejahteraan rakyat. Berkat kepemimpinannya, Morowali berubah menjadi daerah paling sejahtera di Sulteng.

Badan Pusat Statistik (BPS) Sulteng mencatat, indeks pembangunan manusia (IPM) Morowali meningkat dari 69,33 persen pada 2007, menjadi 71,14 persen pada 2018. Selanjutnya, angka harapan hidup di Morowali, sebagaimana dihimpun oleh BPS Sulteng, juga meningkat dari 65,22 tahun di 2007, menjadi 68,22 pada 2018.

Data Pemkab Morowali juga membuktikan, daya beli masyarakat Morowali mencapai puncak tertinggi pada tahun 2015 sebesar Rp10.245.000. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Morowali mencatat penurunan angka kemiskinan yang signifikan. Pada tahun 2008, tingkat kemiskinan tercatat sebesar 28,27 persen, dan pada tahun 2014 turun menjadi 14,47 persen, menunjukkan penurunan sebesar 13,47 persen.

Sementara saat menjabat Anggota DPR RI, Anwar Hafid berhasil menuntaskan perannya sebagai penyambubg lidah rakyat. Akibat sering turun langsung mendengar aspirasi masyarakat, Anwar Hafid meraih segudang penghargaan. pada tahun 2023, Anwar Hafid dianugerahi penghargaan sebagai Legislator Peduli Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Daerah Pemilihan dari KWP Award.

Ketika menjabat sebagai Anggota DPR RI, Sisi mengakui, Anwar Hafid adalah pemimpin yang benar-benar merakyat. Ia selalu mengedepankan kepentingan rakyat di atas segalanya.

“Pak Anwar ini memang asli merakyat, bukan seperti orang lain yang ingin terlihat merakyat,” tegas Sisi.

Selanjutnya, Anggota Komisi V DPR RI ini, pada tahun 2022, menerima penghargaan dari Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Award atas perannya yang aktif dalam membangun konstituennya. Pada tahun 2020, Anwar Hafid juga mendapat Anugerah Teropong Parlemen Award sebagai Tokoh Peduli Daerah.


Anwar Hafid Dinilai Cagub Unggulan Sulteng

Pengamat politik Citra Institute, Efriza mengatakan, Anwar Hafid memang pemimpin unggulan yang mendapat kepercayaan rakyat. Dapat dikatakan, Anwar Hafid tengah mendapat kepercayaan kuat sebagaimana kuatnya kepercayaan rakyat terhadap Prabowo Subianto.

“Ia representasi calon yang memang unggulan dan akan memperoleh legitimasi masyarakat dengan kemenangan di Pilkada,” ucap Efriza, Selasa (24/9/2024).

Pernyataan ini didasarkan pada rekam jejak Anwar yang solid dan komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Sulteng. Pengalaman panjang selama 32 mengabdikan diri pada rakyat membuat Anwar Hafid memahami kebutuhan rakyat.

Anwar Hafid telah mendedikasikan lebih dari tiga dekade hidupnya untuk melayani masyarakat, dimulai dari perannya sebagai Kepala Desa di Rantebala pada tahun 1992. Selama tujuh tahun menjabat, ia berhasil menunjukkan kinerja yang memuaskan, membuka jalan baginya untuk naik jabatan sebagai Camat Towuti pada tahun 2000, dan kemudian Camat Nuha pada 2003.

Karir Anwar Hafid terus bersinar ketika ia dipercaya menjadi Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten Luwu Timur pada tahun 2005. Kepemimpinannya yang kuat dan visinya yang progresif membuatnya dipercaya memimpin Kabupaten Morowali selama dua periode, dari Desember 2007 hingga 2018.

Dedikasinya kepada rakyat berlanjut ketika pada tahun 2019, Anwar Hafid terpilih sebagai Anggota DPR RI untuk periode 2019-2024, mewakili Sulawesi Tengah. Pengalaman ini juga, lanjut Efriza, membuat perilaku Anwar Hafid terbentuk menjadi pribadi yang sangat merakyat.

Infografis Beda Putusan MK dan DPR Terkait Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Beda Putusan MK dan DPR Terkait Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya